Perancangan Aplikasi Augmented Reality Pengenalan Permainan Tradisional Berbasis Mobile
DOI:
https://doi.org/10.26905/jasiek.v5i2.11325Keywords:
Permainan Tradisional, Augmented Reality, Marker Based Tracking, Unity 3D, Vuforia SDK.Abstract
Permainan tradisional merupakan salah satu warisan nenek moyang yang harus dijaga karena mengandung nilai-nilai kearifan lokal. permainan tradisional ini menimbulkan kesenangan ketika dilakukan. Dengan semakin pesatnya teknologi saat ini salah satu warisan Indonesia tertinggal dengan kemajuan jaman, dengan adanya teknologi Augmented Reality (AR) ini dapat membantu perkembangan dalam mengoptimalkan minat anak-anak sekarang agar tetap melestarikan permainan tradisional terhadap anak-anak jaman sekarang. hal itu, dibutuhkan transformasi dan transisi permainan tradisional kebentuk digital berbasis mobile. Dalam perancangan aplikasi pengenalan permainan tradisional ini menggunakan metode SDLC (System Development Life Cycle) model waterfall. Aplikasi ini menggunakan media marker based tracking digunakan untuk berinteraksi dengan pengguna ketika kamera android diarahkan ke marker akan memunculkan objek 3D sekaligus informasi dari setiap objeknya. Aplikasi ini dibuat menggunakan unity3D, Vuforia sdk dan objek 3D dibuat menggunakan Blender. Hasil penelitian ini yaitu aplikasi pengenalan permainan tradisional yang nantinya dapat membantu memudahkan dan mengenal lebih dalam informasi mengenai permainan tradisional sekaligus dalam upaya melestarikan peninggalan nenek moyang.
References
A. Agustin, A. Evel, S. Susanti, and R. Rahmaddeni, “Implementasi Metode Finite State Machine pada Permainan Tradisional Setatak Berbasis Android,†JATISI (Jurnal Tek. Inform. dan Sist. Informasi), vol. 8, no. 2, pp. 738–751, 2021, doi: 10.35957/jatisi.v8i2.580.
Jamaluddin, V. S. br Tarigan, and J. Napitupulu, “‘Aplikasi Pengenalan Permainan Tradisional,’†J. Penelit. Tek. Inform. Univ. Prima Indones. Medan, vol. 3, no. 2, pp. 481–484, 2020.
M. Khaerudin, D. B. Srisulistiowati, and J. Warta, “Game Edukasi Dengan Menggunakan Unity 3D Untuk Menunjang Proses Pembelajaran,†J. Sist. Inf. Univ. Suryadarma, vol. 8, no. 2, pp. 263–272, 2018, doi: 10.35968/jsi.v8i2.741.
D. Listyaningrum, “Pengaruh Permainan radisional Gobak Sodor Terhadap Sikap Sosial Siswa Kelas III SDN 01 Manguharjo Kota Madiun,†GulawentahJurnal Stud. Sos., vol. 3, no. 2, p. 108, 2018, doi: 10.25273/gulawentah.v3i2.3463.
Z. R. Mair, M. Cs, and U. Haryani, “Jurnal TIPS : Jurnal Teknologi Informasi dan Komputer Politeknik Sekayu APLIKASI PENGENALAN RUMAH ADAT INDONESIA DENGAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY,†vol. 10, no. 1, pp. 1–6, 2020.
N. Rianto, A. Sucipto, and R. Dedi Gunawan, “Pengenalan Alat Musik Tradisional Lampung Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android (Studi Kasus: SDN 1 Rangai Tri Tunggal Lampung Selatan),†J. Inform. dan Rekayasa Perangkat Lunak, vol. 2, no. 1, 2021.
F. S. Sanjaya, “Pelestarian Budaya Tak Benda Berupa Permainan Tradisional Benteng Dalam Bentuk Aplikasi Permainan Digital,†eProceedings Appl. Sci., vol. 7, no. 3, pp. 477–484, 2021.
A. Septiyani, I. Resmadi, S. Hidayat, F. I. Kreatif, U. Telkom, and P. Tradisional, “Perancangan Media Edukasi Untuk Pelestarian Nilai-Nilai Permainan Tradisional Khas Sunda Design of Education Media for Value Preservation of Sundanese,†vol. 7, no. 2, pp. 2015–2022, 2020.
M. Syifa, U. Zihan, M. Nishom, and R. Mustofa, “Implementasi Augmented Reality ( Ar ) Sebagai Media Pengenalan Gamelan Jawa Tengah Menggunakan Metode Marker Based Tracking Berbasis Android,†2020.
R. Yanti and M. F. Benyamin, “Perancangan Ilustrasi Buku Digital Permainan Tradisional Jawa Barat,†Visualideas, vol. 2, pp. 114–121, 2022.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.