Pengembangan Aplikasi Chatbot pada Toko Online berbasis Semantik untuk Pemasaran Digital
DOI:
https://doi.org/10.26905/jasiek.v7i2.11543Keywords:
Toko Online, Semantik, Ontologi, Pengunjung, InformasiAbstract
Penggunaan aplikasi chatbot sebagai virtual customer service dapat membantu calon pengunjung toko online sebelum melakukan transaksi karena keterbatasan waktu dalam melayani pelanggan, manusia biasa tidak dapat menjawab pertanyaan atau melayani permintaan pelanggan setiap saat. Dengan menggunakan layanan pelanggan virtual, konsumen yang datang ke toko online dapat berbicara dengan penjual tentang barang yang mereka ingin beli. Teknologi ini sangat membantu menjawab pertanyaan dan masalah pelanggan dengan cepat dan tepat. Aplikasi chatbot menggunakan pengetahuan AIML (Artificial Intelligence Markup Language) yang dilengkapi dengan kecerdasan buatan dengan ontologi yang berbasis semantik. Aplikasi chatbot toko online yang digunakan pada penelitian ini adalah kain batik yang menjual produk batik Malang karena permintaan batik dari Malang sangat tinggi dan belum adanya toko online yang memberikan layanan dengan memanfaatkan layanan pelanggan virtual (chatbot). Pengembangan chatbot yang dilengkapi dengan semantik menggunakan ontologi untuk mengolah pertanyaan yang memiliki arti lebih spesifik, memperoleh akurasi sekitar 97% dari 15 jenis pertanyaan dan jawaban yang relevan, kemudian 10 pertanyaan yang dijawab sesuai dengan pertanyaan yang sering ditanyakan oleh calon pembeli. Penggunaan semantik menggunakan ontologi pada aplikasi layanan pelanggan virtual (chatbot) membantu dalam menjawab pertanyaan yang memiliki kata atau makna yang sama sehingga menghasilkan jawaban yang sesuai dengan pertanyaan.
References
[1] Y. Afandi, M. Maskur, and A. Waris, “Semantic-Based Chatbot Application Development to Improve Online Store User Service,” 2021, doi: 10.2991/978-94-6463-026-8_5.
[2] F. Dinata, V. C. Mawardi, and J. Hendryli, “Pembuatan Website Online Store Dilengkapi dengan Chatbot,” Jurnal Ilmu Komputer dan Sistem Informasi, vol. 9, no. 1, p. 69, Jan. 2021, doi: 10.24912/jiksi.v9i1.11561.
[3] M. A. Izza, A. Jazuli, and M. Nurkamid, “IMPLEMENTASI TEKNOLOGI SEMANTIK WEB UNTUK PENCARIAN KOLEKSI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MURIA KUDUS,” Jurnal Dialektika Informatika (Detika), vol. 2, no. 2, pp. 56–62, May 2022, doi: 10.24176/detika.v2i2.7884.
[4] A. Soetiyono, Y. Kurnia, and R. Kurnia, “Pengaruh Penggunaan Chatbot dan Asisten Virtual terhadap Peningkatkan Kepuasan Pelanggan serta Dampaknya terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian,” eCo-Buss, vol. 6, no. 3, pp. 1367–1381, Apr. 2024, doi: 10.32877/eb.v6i3.1169.
[5] M. R. Fadilah and A. Nuriyah, “Analisis Pengaruh Kemudahan, Efisiensi, dan Reliability Penggunaan terhadap Minat Penggunaan Media Chatbot Sebagai Sarana dalam Pemasaran Digital (Studi Kasus Pedagang E-Commerce),” Ekonomis: Journal of Economics and Business, vol. 8, no. 2, p. 1372, Sep. 2024, doi: 10.33087/ekonomis.v8i2.1802.
[6] Puji Pramesti, “Pemanfaatan Kecerdasan Buatan bagi Wirausahawan Digital,” ATRABIS Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal), vol. 10, no. 1, pp. 225–231, Jun. 2023, doi: 10.38204/atrabis.v10i1.2034.
[7] V. R. Prasetyo, N. Benarkah, and V. J. Chrisintha, “Implementasi Natural Language Processing Dalam Pembuatan Chatbot Pada Program Information Technology Universitas Surabaya,” Teknika, vol. 10, no. 2, pp. 114–121, Jul. 2021, doi: 10.34148/teknika.v10i2.370.
[8] Y. Aprilinda, T. Martavia, E. Erlangga, F. N. Afandi, and U. Rizal, “Chatbot Menggunakan Natural Language Processing untuk Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Android,” EXPERT: Jurnal Manajemen Sistem Informasi dan Teknologi, vol. 12, no. 1, p. 23, Jun. 2022, doi: 10.36448/expert.v12i1.2629.
[9] E. Bahartyan, N. Bahtiar, and I. Waspada, “INTEGRASI CHATBOT BERBASIS AIML PADA WEBSITE E-COMMERCE SEBAGAI VIRTUAL ASSISTANT DALAM PENCARIAN DAN PEMESANAN PRODUK (STUDI KASUS TOKO BUKU ONLINE EDU4INDO.COM),” 2014. [Online]. Available: http://pandorabots.com
[10] T. A. Zuraiyah, D. K. Utami, and D. Herlambang, “IMPLEMENTASI CHATBOT PADA PENDAFTARAN MAHASISWA BARU MENGGUNAKAN RECURRENT NEURAL NETWORK,” Jurnal Ilmiah Teknologi dan Rekayasa, vol. 24, no. 2, pp. 91–101, Apr. 2019, doi: 10.35760/tr.2019.v24i2.2388.
[11] A. P. S. Balbir Singh Bani, “College Enquiry Chatbot Using A.L.I.C.E,” International Journal of New Technology and Research (IJNTR), vol. 3, no. 1, pp. 64–65, 2017.
[12] B. A. Shawar and E. Atwell, “ALICE chatbot: Trials and outputs,” Computacion y Sistemas, vol. 19, no. 4, pp. 625–632, 2015, doi: 10.13053/CyS-19-4-2326.
[13] P. A. Alia, R. W. Febriana, J. S. Prayogo, and R. Kriswibowo, “Implementation Chatbot on Whatsapp Using Artificial Intelligence With Natural Language Processing Method,” ELECTRON Jurnal Ilmiah Teknik Elektro, vol. 5, no. 1, pp. 8–14, May 2024, doi: 10.33019/electron.v5i1.134.
[14] M. D. Mahendra, E. Rasywir, and L. Prasasti, “Implementasi Chatbot Sebagai Layanan Customer Service Pada Kafe Duniawi Coffee,” 2023.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JASIEK (Jurnal Aplikasi Sains, Informasi, Elektronika dan Komputer)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.