Pengembangan Aplikasi Chatbot pada Toko Online berbasis Semantik untuk Pemasaran Digital

Authors

  • Maskur Maskur Politeknik Negeri Malang
  • Yosi Afandi Politeknik Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.26905/jasiek.v7i2.11543

Keywords:

Toko Online, Semantik, Ontologi, Pengunjung, Informasi

Abstract

Penggunaan aplikasi chatbot sebagai virtual customer service dapat membantu calon pengunjung toko online sebelum melakukan transaksi karena keterbatasan waktu dalam melayani pelanggan, manusia biasa tidak dapat menjawab pertanyaan atau melayani permintaan pelanggan setiap saat. Dengan menggunakan layanan pelanggan virtual, konsumen yang datang ke toko online dapat berbicara dengan penjual tentang barang yang mereka ingin beli. Teknologi ini sangat membantu menjawab pertanyaan dan masalah pelanggan dengan cepat dan tepat. Aplikasi chatbot menggunakan pengetahuan AIML (Artificial Intelligence Markup Language) yang dilengkapi dengan kecerdasan buatan dengan ontologi yang berbasis semantik. Aplikasi chatbot toko online yang digunakan pada penelitian ini adalah kain batik yang menjual produk batik Malang karena permintaan batik dari Malang sangat tinggi dan belum adanya toko online yang memberikan layanan dengan memanfaatkan layanan pelanggan virtual (chatbot). Pengembangan chatbot yang dilengkapi dengan semantik menggunakan ontologi untuk mengolah pertanyaan yang memiliki arti lebih spesifik, memperoleh akurasi sekitar 97% dari 15 jenis pertanyaan dan jawaban yang relevan, kemudian 10 pertanyaan yang dijawab sesuai dengan pertanyaan yang sering ditanyakan oleh calon pembeli. Penggunaan semantik menggunakan ontologi pada aplikasi layanan pelanggan virtual (chatbot) membantu dalam menjawab pertanyaan yang memiliki kata atau makna yang sama sehingga menghasilkan jawaban yang sesuai dengan pertanyaan.

References

[1] Y. Afandi, M. Maskur, and A. Waris, “Semantic-Based Chatbot Application Development to Improve Online Store User Service,” 2021, doi: 10.2991/978-94-6463-026-8_5.

[2] F. Dinata, V. C. Mawardi, and J. Hendryli, “Pembuatan Website Online Store Dilengkapi dengan Chatbot,” Jurnal Ilmu Komputer dan Sistem Informasi, vol. 9, no. 1, p. 69, Jan. 2021, doi: 10.24912/jiksi.v9i1.11561.

[3] M. A. Izza, A. Jazuli, and M. Nurkamid, “IMPLEMENTASI TEKNOLOGI SEMANTIK WEB UNTUK PENCARIAN KOLEKSI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MURIA KUDUS,” Jurnal Dialektika Informatika (Detika), vol. 2, no. 2, pp. 56–62, May 2022, doi: 10.24176/detika.v2i2.7884.

[4] A. Soetiyono, Y. Kurnia, and R. Kurnia, “Pengaruh Penggunaan Chatbot dan Asisten Virtual terhadap Peningkatkan Kepuasan Pelanggan serta Dampaknya terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian,” eCo-Buss, vol. 6, no. 3, pp. 1367–1381, Apr. 2024, doi: 10.32877/eb.v6i3.1169.

[5] M. R. Fadilah and A. Nuriyah, “Analisis Pengaruh Kemudahan, Efisiensi, dan Reliability Penggunaan terhadap Minat Penggunaan Media Chatbot Sebagai Sarana dalam Pemasaran Digital (Studi Kasus Pedagang E-Commerce),” Ekonomis: Journal of Economics and Business, vol. 8, no. 2, p. 1372, Sep. 2024, doi: 10.33087/ekonomis.v8i2.1802.

[6] Puji Pramesti, “Pemanfaatan Kecerdasan Buatan bagi Wirausahawan Digital,” ATRABIS Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal), vol. 10, no. 1, pp. 225–231, Jun. 2023, doi: 10.38204/atrabis.v10i1.2034.

[7] V. R. Prasetyo, N. Benarkah, and V. J. Chrisintha, “Implementasi Natural Language Processing Dalam Pembuatan Chatbot Pada Program Information Technology Universitas Surabaya,” Teknika, vol. 10, no. 2, pp. 114–121, Jul. 2021, doi: 10.34148/teknika.v10i2.370.

[8] Y. Aprilinda, T. Martavia, E. Erlangga, F. N. Afandi, and U. Rizal, “Chatbot Menggunakan Natural Language Processing untuk Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Android,” EXPERT: Jurnal Manajemen Sistem Informasi dan Teknologi, vol. 12, no. 1, p. 23, Jun. 2022, doi: 10.36448/expert.v12i1.2629.

[9] E. Bahartyan, N. Bahtiar, and I. Waspada, “INTEGRASI CHATBOT BERBASIS AIML PADA WEBSITE E-COMMERCE SEBAGAI VIRTUAL ASSISTANT DALAM PENCARIAN DAN PEMESANAN PRODUK (STUDI KASUS TOKO BUKU ONLINE EDU4INDO.COM),” 2014. [Online]. Available: http://pandorabots.com

[10] T. A. Zuraiyah, D. K. Utami, and D. Herlambang, “IMPLEMENTASI CHATBOT PADA PENDAFTARAN MAHASISWA BARU MENGGUNAKAN RECURRENT NEURAL NETWORK,” Jurnal Ilmiah Teknologi dan Rekayasa, vol. 24, no. 2, pp. 91–101, Apr. 2019, doi: 10.35760/tr.2019.v24i2.2388.

[11] A. P. S. Balbir Singh Bani, “College Enquiry Chatbot Using A.L.I.C.E,” International Journal of New Technology and Research (IJNTR), vol. 3, no. 1, pp. 64–65, 2017.

[12] B. A. Shawar and E. Atwell, “ALICE chatbot: Trials and outputs,” Computacion y Sistemas, vol. 19, no. 4, pp. 625–632, 2015, doi: 10.13053/CyS-19-4-2326.

[13] P. A. Alia, R. W. Febriana, J. S. Prayogo, and R. Kriswibowo, “Implementation Chatbot on Whatsapp Using Artificial Intelligence With Natural Language Processing Method,” ELECTRON Jurnal Ilmiah Teknik Elektro, vol. 5, no. 1, pp. 8–14, May 2024, doi: 10.33019/electron.v5i1.134.

[14] M. D. Mahendra, E. Rasywir, and L. Prasasti, “Implementasi Chatbot Sebagai Layanan Customer Service Pada Kafe Duniawi Coffee,” 2023.

Downloads

Published

2024-12-30