Pengembangan UI/UX pada Aplikasi Kelola HR Berbasis Mobile dengan Menggunakan Metode Design Thinking

Bima Aji Laksono, Muchayan Achmad, Lukman Junaedi

Abstract


Sumber daya manusia atau Human Resource (HR) merupakan salah satu concern yang penting dalam dunia pekerjaan. Dikatakan penting dikarenakan Human Resource (HR) ini diharuskan stabil. Salah satu komponennya adalah lembur, menurut Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No 35 Tahun 2001, disebutkan bahwa lembur bisa dilakukan paling banyak 4 jam dalam 1 hari dan 18 jam dalam satu minggu. Maka dari itu, perlu sebuah aplikasi dengan tampilan informasi yang informatif untuk mengelola salah satu komponen tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki tampilan aplikasi kelola HR existing agar lebih informatif dan memenuhi kebetuhan HR yang belum tersedia. Dibantu dengan metode Design Thinking, dimana pendekatannya mengutamakan aspek keluhan sekaligus kebutuhan pengguna. Dan tentunya telah menghadirkan solusi untuk tampilan desain aplikasi sesuai kebutuhan yang sebelumnya telah melalui tahapan evaluasi. Hasil Guerilla Testing menyimpulkan bahwa tampilan aplikasi yang dibuat telah memenuhi kebutuhan dan mengatasi masalah-masalah yang muncul sebelumnya.


Keywords


Human Resources; Lembur; Informatif; Design Thinking; Guerilla Testing

References


F. Fariyanto and F. Ulum, “PERANCANGAN APLIKASI PEMILIHAN KEPALA DESA DENGAN METODE UX DESIGN THINKING (STUDI KASUS: KAMPUNG KURIPAN),” Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI), vol. 2, no. 2, pp. 52–60, 2021, [Online]. Available: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/JTSI

A. Steffi and W. Suryo, “1738-Article Text-6213-1-10-20191126,” 2019.

E. C. Shirvanadi, “SKRIPSI PERANCANGAN ULANG UI/UX SITUS E-LEARNING AMIKOM CENTER DENGAN METODE DESIGN THINKING (STUDI KASUS: AMIKOM CENTER),” 2021.

S. Octavia and S. Andryana, “UI/UX Design pada Platform Jobs Connect Menggunakan Metode Design Thinking,” 2023.

E. Susanti, E. Fatkhiyah, and E. Efendi, “PENGEMBANGAN UI/UX PADA APLIKASI M-VOTING MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING,” 2019.

M. Ryan and L. I. Prahartiwi, “DENGAN METODE DESIGN THINKING ANALYSIS AND DESIGN OF UI/UX WEBSITE FOR THE MINISTRY OF ENVIRONMENT AND FORESTRY’S EXTENSION AND HUMAN RESOURCES DEVELOPMENT AGENCY USING THE DESIGN THINKING METHOD,” 2023. [Online]. Available: https://tiket.dlu.co.id/

Z. Aulia, P. Prasetyo, O. Virgantara Putra, and T. Harmini, “Implementasi Metode Design Thinking pada Perancangan UI/UX Situs Olah-Oleh TPS3R Kota Batu,” 2023. [Online]. Available: https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/ikraith-informatika/issue/archive

H. P. Rapri, R. I. Rokhmawati, and B. T. Hanggara, “Perancangan dan Pengembangan User Experience Sistem Penilaian Karyawan 360 Derajat PT. Kaltim Daya Mandiri,” 2022. [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id

P. Dharmawan, N. Adha, and O. Saputri, “KLIK: Kajian Ilmiah Informatika dan Komputer Perancangan User Interface dan User Experience Pada Website Employee Benefit PasarPolis Menggunakan Metode Design Thinking,” Media Online), vol. 4, no. 2, pp. 757–769, 2023, doi: 10.30865/klik.v4i2.1220.

Rusdijanto, “DESAIN APLIKASI ADMINISTRASI CURICULUM VITAE DOSEN DI LINGKUNGAN UNIVERSITAS MERDEKA MALANG,” 2015.




DOI: https://doi.org/10.26905/jasiek.v6i1.12168

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JASIEK(Jurnal Aplikasi Sains, Informasi, Elektronika dan Komputer)
Department of Electrical Engineering, Universitas Merdeka Malang



Image result for address iconTaman Agung Street No. 1, Sukun, Malang Kota, Jawa Timur, 65146, Indonesia
Image result for address blue iconjasiek@unmer.ac.id
Image result for address blue icon0822-3333-4114
@jasiekunmer

Supported By: