PENGENDALI ROBOT BERODA BERBASIS SENSOR TELEMETRI VOICE PATTERN RECOGNITION

Siswanto Siswanto, Dwi Arman Prasetya, Nur Rachman, Basitha F Hidayatulail

Abstract


Pada perkembangan teknologi saat ini banyak dikembangkan jenis robot dengan kemampuan yang menarik adalah robot dengan pengendali suara manusia yang memanfaatkan teknologi pengenalan suara sebagai perintah untuk menggerakkan robot, sehingga robot bisa dikendalikan oleh suara manusia namun dalam hal ini dibutuhkan untuk keamanan perintah yang hanya mengenali suara user dengan menggunakan EasyVr, dan telepon seluler GSM dibutuhkan untuk mentransmisikan data suara dengan jarak jauh, karena proses pengiriman data menggunakan telepon seluler akan lebih efektif dan efisien. Easy Voice Commander sebagai perekam suara user sebanyak dua kali ucapan dengan kata yang sama dan modul EasyVR sebagai modul pengenalan suara yang selanjutnya perintah perintah akan diolah oleh mikrokontroler Arduino sehingga robot bisa bekerja dengan baik sesuai perintah suara dari user.

 

DOI : https://doi.org/10.26905/jasiek.v1i1.3147


Full Text:

PDF

References


A. Widiyanto and N. Nuryanto, “Rancang Bangun Mobil Remote Control Android dengan Arduino,” Creat. Inf. Technol. J., 2018.

E. H. Helmi guntoro, Yoyo Somantri, “Rancang Bangun Magnetic Door Lock Menggunakan Keypad Dan Solenoid Berbasis Mikrokontroler Arduino Uno,” Electrans, 2013.

A. F. Hastawan, A. Hidayatno, and R. R. Isnanto, “Deteksi Sudut Menggunakan Kode Rantai Untuk Pengenalan Bangun Datar Dua Dimensi,” Transmisi, 2013.

R. Yuwono, I. Mujahidin, A. Mustofa, and Aisah, “Rectifier using UFO microstrip antenna as electromagnetic energy harvester,” Adv. Sci. Lett., 2015.

R. Bimarta, A. E. Putra, and A. Dharmawan, “Balancing Robot Menggunakan Metode Kendali Proporsional Integral Derivatif,” IJEIS (Indonesian J. Electron. Instrum. Syst., 2015.

M. F. Rahmat and M. Md Ghazaly, “Performance Comparison Between PID and Fuzzy Logic Controller In Position Control System Of DC Servomotor,” J. Teknol., 2013.

I. Mujahidin, “Directional 1900 MHz Square Patch Ring Slot Microstrip Antenna For WCDMA,” JEEMECS (Journal Electr. Eng. Mechatron. Comput. Sci., 2019.

J. T. Elektro, F. T. Industri, and U. K. Petra, “Kontrol PID Untuk Pengaturan Kecepatan Motor DC Dengan Metode Tuning Direct Synthesis,” vol. 4, no. 1, pp. 10–17, 2004.

R. L. Singgeta and Sompie, “Rancang Bangun Robot Boat Navigasi Tanpa Awak,” E-Journal Tek. Elektro Dan Komput., 2013.

A. Mukti, O. D. Nurhayati, and E. D. Widianto, “Rancang Bangun Sistem Kontrol Robot Line Follower Menggunakan Logika Fuzzy,” J. Teknol. dan Sist. Komput., 2017.

R. A. Brooks, “A Robust Layered Control System For A Mobile Robot,” IEEE J. Robot. Autom., 1986.

S. Faro, “Pelvic inflammatory disease,” in Clinical Gynecology, Second Edition, 2015.




DOI: https://doi.org/10.26905/jasiek.v1i1.3147

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JASIEK(Jurnal Aplikasi Sains, Informasi, Elektronika dan Komputer)
Department of Electrical Engineering, Universitas Merdeka Malang



Image result for address iconTaman Agung Street No. 1, Sukun, Malang Kota, Jawa Timur, 65146, Indonesia
Image result for address blue iconjasiek@unmer.ac.id
Image result for address blue icon0822-3333-4114
@jasiekunmer

Supported By: