SISTEM APLIKASI PENDAFTARAN SKRIPSI BERBASIS MOBILE DI UNIVERSITAS YUDHARTA PASURUAN MENGGUNAKAN MOTODOLOGI UNIFIED PROCESS

Mukhamad Murtadho, Cahya Bagus Sanjaya

Abstract


Universitas Yudharta Pasuruan merupakan Universitas swasta yang berlokasi di Kecamatan Puwosari Kabupaten Pasuruan. Sebagian pelaksanaan pengarsipan Skripsi di Universitas Yudharta Pasuruan masih manual, meskipun telah memiliki aplikasi Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) namun belum mencakup pendaftaran skripsi. Permasalahan sekarang adalah sebanyak 95% mahasiswa Universitas Yudharta Pasuruan yang sedang mengikuti mata kuliah Skripsi yang membutuhkan aplikasi Pendaftaran Skripsi untuk membantu dalam kelancaran pelaksanaan mata kuliah Skripsi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk pembuatan aplikasi pendaftaran Skripsi berbasis Mobile untuk membantu mahasiswa serta dosen yang dapat diterapkan dalam proses matakuliah Skripsi di Universitas Yudharta Pasuruan. Metode penelitian yang diterapkan pada penelitian ini adalah metodologi Unified Process dari tahap Inception sampai tahap Transisi, dengan menggunakan pemodelan Unified Modeling Language untuk merancang desain aplikasi, serta menggunakan metodelogi Black Box Testing untuk pengujian aplikasi. Aplikasi pendaftaran Skripsi ini  diterapkan menggunakan bahasa pemrograman Java, dan Extensible Markup Language. Aplikasi pendaftaran Skripsi ini dapat membantu permasalahan yang ada dengan mencetak pada analisis dan perancangan yang dilakukan, sehingga aplikasi pendaftaran Skripsi ini dapat digunakan pada proses pengerjaan Skripsi di Universitas Yudharta Pasuruan untuk membantu mahasiswa serta dosen dalam kelangsungan pelaksanaan matakuliah Skripsi.

 

DOI :


Full Text:

PDF

References


Latifah, N. (2016). Analisa Dan Perancangan Sistem Penjadwalan Skripsi Berbasis Web Responsif. Universitas Muria Kudus.

Muhammad Zaky Faried, A. M. (2017). Pengembangan Aplikasi Android Bimbingan Skripsi dengan Fitur Notifikasi . Universitas Negeri Semarang.

P, M. J. (2014). Aplikasi Bimbingan Skripsi Online Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.

Rike Mahara, B. A. (2018). PERANCANGAN INTERFACE APLIKASI E-SKRIPSI BERBASIS ANDROID . Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

Yana Nuryana, A. M. (2017). Pengembangan Aplikasi Pengendalian Skripsi Berbasis Android Untuk Mahasiswa Dan Dosen . Sekolah Tinggi Teknologi Garut.

D. Kurniadi and A. Mulyani, "Implementasi Pengembangan Student Information Terminal (SIT) untuk Pelayanan Akademik Mahasiswa," Jurnal Algoritma, 2016.

Y. Nurfadilah and R. Setiawan, "Pengembangan Aplikasi Controlling Tugas Akhir Berbasis Web Sisi Mahasiswa, Dosen dan Staff USI," Jurnal Algoritma, 2016.

L. H. A. Aslina and R. Setiawan, "Pengembangan Aplikasi Controlling Tugas Akhir Berbasis Web Sisi Koordinator dan Pemangku KeputusanPengembangan Aplikasi Controlling Tugas Akhir Berbasis Web Sisi Koordinator dan Pemangku Keputusan," Jurnal Algoritma, 2016.

R. S. Pressman, Rekayasa Perangkat Lunak, Yogyakarta: ANDI, 2010.




DOI: https://doi.org/10.26905/jasiek.v1i2.3445

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JASIEK(Jurnal Aplikasi Sains, Informasi, Elektronika dan Komputer)
Department of Electrical Engineering, Universitas Merdeka Malang



Image result for address iconTaman Agung Street No. 1, Sukun, Malang Kota, Jawa Timur, 65146, Indonesia
Image result for address blue iconjasiek@unmer.ac.id
Image result for address blue icon0822-3333-4114
@jasiekunmer

Supported By: