Global Positioning System Berbasis Android Guna Pertempuran Kota Menggunakan Metode Fuzzy Mamdani

Wahyu Dirgantara, Rahman Arifuddin

Abstract


Pertempuran yang terjadi di daerah perkotaan diperlukan adanya strategi dalam penyerangan dengan maksud dan tujuan meminimalkan adanya korban jiwa dari semua pihak. Kota merupakan sebuah daerah padat penduduk, daerah tempat aktivitas dari hampir semua kegiatan baik industri kesehatan, koomunikasi maupun pemerintahan, dengan melumpuhkan daerah tersebut maka semua aktivitas akan lumpuh. Dengan mengimplementasikan metode fuzzy mamdani dan global positioning system (GPS) pada android dapat dilakukan pengawasan secara realtime serta membantu dalam menentukan strategi selama pertempuran terjadi. Variabel input terdiri dari jarak dan waktu, variabel output merupakan hasil berupa strategi yang dipakai. Hasil pengujian didapatkan posisi dengan latitude dan longitude anggota yang ada dilokasi pertempuran dan waktu secara realtime, dari kedua data tersebut di defuzzifikasikan menggunakan centroid untuk meramalkan strategi yang digunakanan.

Kata Kunci : Pertempuran, Kota, GPS, Fuzzy Mamdani


Full Text:

PDF

References


H. Z. Abidin, “Penentuan posisi dengan GPS dan aplikasinya,” Jakarta PT Pradnya Paramita, 2007.

M. O. Fitri, “Aplikasi Monitoring Perkembangan Status Gizi Anak dan Balita Secara digital dengan Metode Antropometri Berbasis Android,” J. INSTEK (Informatika Sains dan Teknol., vol. 2, no. 1, pp. 81–90, 2018.

F. Daus, M. Syafwan, and B. Rudianto, “PENERAPAN MODEL LANCHESTER PADA PERTEMPURAN IWO JIMA,” J. Mat. UNAND, vol. 7, no. 2, 2018.

W. Dirgantara and H. Suyono, “Sistem Peringatan Dini untuk Deteksi Kebakaran pada Kebocoran Gas Menggunakan Fuzzy Logic Control,” pp. 27–32.

S. Arifin, M. A. Muslim, and S. Sugiman, “Implementasi Logika Fuzzy Mamdani untuk Mendeteksi Kerentanan Daerah Banjir di Semarang Utara,” Sci. J. Informatics, vol. 2, no. 2, p. 179, 2016, doi: 10.15294/sji.v2i2.5086.




DOI: https://doi.org/10.26905/jasiek.v2i1.3653

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JASIEK(Jurnal Aplikasi Sains, Informasi, Elektronika dan Komputer)
Department of Electrical Engineering, Universitas Merdeka Malang



Image result for address iconTaman Agung Street No. 1, Sukun, Malang Kota, Jawa Timur, 65146, Indonesia
Image result for address blue iconjasiek@unmer.ac.id
Image result for address blue icon081236435856


Supported By: