Sistem Pendukung Keputusan Berbasis Web Rekomendasi Pekerjaan Bagi Lulusan JTI Polinema Dengan Metode SAW

Dimas Wahyu Wibowo, Mustika Mentari, Abdallah Darussalam Chandra, Amin Anis Kuddah, Rahardhiyan wahyu Putra

Abstract


Sistem Pendukung Keputusan adalah sebuah sistem yang mampu memberikan kemampuan pemecahan masalah maupun kemampuan pengkomunikasian untuk masalah dengan kondisi semi terstruktur dan tak terstruktur. Sistem rekomendasi tersebut memiliki hubungan dengan proses pengambilan keputusan. Pada penelitian ini, sistem pendukung keputusan akan digunakan untuk memilih lowongan pekerjaan yang sesuai dengan kriteria yang diinputkan user. Maka dibuatlah sistem pendukung keputusan ini yang menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW). Kriteria yang digunakan pada penelitian ini adalah pendidikan terakhir, IPK, usia, akreditasi, dan kemampuan berbahasa Inggris. Sedangkan untuk data alternatif, digunakan data lowongan kerja yang didapat dari situs-situs web penyedia informasi lowongan kerja. Untuk menggunakan sistem ini, user hanya perlu menginputkan kriteria-kriteria yang sesuai dengan user. Output dari sistem ini berupa daftar lowongan pekerjaan yang telah diurutkan berdasar bobot dari sistem Simple Additive Weighting (SAW). User juga dapat melihat informasi mengenai lowongan pekerjaan dengan lebih detail.

Kata Kunci : Sistem, Rekomendasi, Lowongan, Pekerjaan, Simple additive


Full Text:

PDF

References


Hartono, Bambang. Sistem Informasi Manajemen Berbasis Komputer. Jakarta: Rineka Cipta. 2013

Dwi Astuti, Aryo Pinandito, Ratih Kartika Dewi. Sistem Rekomendasi Lowongan Pekerjaan Untuk Fresh Graduate Menggunakan Metode Weighted Product Berbasis Android. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer. 2017; Vol. 1 (Isu): halaman 1519.

Turban. Decision Support System and intelligent system (Sistem Pendukung Keputusan dan Sistem Cerdas). Yogyakarta, Andi. 2001

McGinty, L. Smyth, B. Adaptive selection: analysis of critiquing and preference based feedback in conversational recommender systems. International Journal of Electronic Commerce. 2006, 11(2), pp 35–57.

Sharda, N. Tourism Informatics: visual travel recommender systems, social communities, and user interface design. New York: Information Science Reference. 2010.

Fishburn, P. C, A Problem-based Selection of Multi-Attribute Decision Making Methods, Blackwell Publishing, New Jersey. 1967.

Kusumadewi, S. et al. Fuzzy Multi-Attribute Decision Making (FUZZY MADM). Graha Ilmu. Yogyakarta. 2006

Ardhi Bagus Primahudi, Fajar Agustinus Suciono, Anang Aris Widodo. Sistem Pendukung Keputusan Untuk Pemilihan Karyawan Dengan Sistem Additive Weighting di PT Herba Penawar Alwahida Indonesia. Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan. 2016; Vol. 2 (Isu): halaman 60.

Destriyana Darmastuti.Implementasi Metode Simple Additive Weighting (SAW) Dalam Sistem Informasi Lowongan Kerja Berbasis Web Untuk Rekomendasi Pencari Kerja Terbaik. Jurnal Sisten dan Teknologi Informsi; 2013 Vol. 1 (2): halaman 3.




DOI: https://doi.org/10.26905/jasiek.v2i1.3724

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JASIEK(Jurnal Aplikasi Sains, Informasi, Elektronika dan Komputer)
Department of Electrical Engineering, Universitas Merdeka Malang



Image result for address iconTaman Agung Street No. 1, Sukun, Malang Kota, Jawa Timur, 65146, Indonesia
Image result for address blue iconjasiek@unmer.ac.id
Image result for address blue icon0822-3333-4114
@jasiekunmer

Supported By: