Evaluasi Kinerja Sistem Informasi Menggunakan Framework Cobit 5 (Studi Kasus: Barenlitbangda Kabupaten Semarang)

Agustinus Fritz Wijaya, Windy Dwi Aditya

Abstract


Dalam rangka mencapai tujuan BARENLITBANGDA Kabupaten Semarang, diterapkanlah Sistem Informasi yang berguna untuk memenuhi tujuan yang ingin dicapai. Dilakukannya evaluasi kinerja Sistem Informasi pada organisasi tersebut bertujuan untuk mencegah resiko–resiko yang terjadi dalam pengolahan data yang ada. Domain yang akan digunakan sebagai alat ukur evaluasi adalah domain Monitor, Evaluate, and Assess (MEA) COBIT 5. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah secara keseluruhan Sistem Informasi pada BARENLITBANGDA Kabupaten Semarang berada pada level kematangan 3 (Defined). Artinya secara umum prosedur SI/TI sudah dijalankan dan sudah menggunakan TI untuk menunjang operasionalnya akan tetapi dalam pelaksanaannya masih bergantung pada individu yang paham akan IT.

Kata Kunci : Evaluasi Kinerj, Maturity Leve, Monito, Evaluate and assess, COBIT 5

 






Full Text:

PDF

References


D. R. Kesumawardhani, “Evaluasi It Governance Berdasarkan Cobit 4.1 (Studi Kasus Di Pt. Timah (Persero) Tbk),” Fak. Ekon. Progr. Ekstensi Akutansi Depok, 2012.

M. Wibowo, S. Suprayogi, And I. Mujahidin, “Rancang Bangun Sistem Pengamanan Rak Senjata M16 Menggunakan Rfid Dan Fingerprint,” Jasiek (Jurnal Apl. Sains, Informasi, Elektron. Dan Komputer), Vol. 1, No. 2, Pp. 134–142, 2019.

C. A. Kusuma, “Audit Sistem Informasi Akademik Menggunakan Standar Cobit 4.1 Domain Monitor And Evaluate (Studi Kasus Pada Stikom Surabaya),” 2011.

D. F. C. Kusuma, D. A. Prasetya, F. Kholid, And I. Mujahidin, “Evaluasi Database Senjata Untuk Sistem Keamanan Menggunakan Fuzzy Logic,” Jasiek (Jurnal Apl. Sains, Informasi, Elektron. Dan Komputer), Vol. 1, No. 2, Pp. 111–116, 2019.

R. Sarno, “Audit Sistem & Teknologi Informasi,” Bandung: Itspress, 2009.

G. Harmer, Governance Of Enterprise It Based On Cobit 5: A Management Guide. It Governance Ltd, 2014.

M. T. Prakarsa, D. Wahyuni, N. Rachman, And I. Mujahidin, “Optimasi Sistem Komunikasi Dari Ht Dengan Hp Dalam Pelaksanaan Tugas Operasi Tni Ad Menggunakan Metode Dtmf,” Jasiek (Jurnal Apl. Sains, Informasi, Elektron. Dan Komputer), 2019.

C. Isaca, “5: Process Assessment Model (Pam)-Using Cobit 5,” Illinois: Isaca, 2013.

E. Endrayana, D. H. S. Wahyuni, N. Nachrowie, And I. Mujahidin, “Variasi Ground Plane Antena Collinear Pada Pemancar Telivisi Analog Dengan Frekuensi Uhf 442 Mhz,” Jasiek (Jurnal Apl. Sains, Informasi, Elektron. Dan Komputer), Vol. 1, No. 2, Pp. 149–156, 2019.

A. E. Pambudi, L. Maajid, J. Rohman, And I. Mujahidin, “Aplikasi Penggunaan Joystick Sebagai Pengendalian Remote Control Weapon Station (Rcws) Senjata Mesin Ringan (Smr),” Jasiek (Jurnal Apl. Sains, Informasi, Elektron. Dan Komputer), Vol. 1, No. 2, Pp. 98–105, 2019.




DOI: https://doi.org/10.26905/jasiek.v2i1.3769

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JASIEK(Jurnal Aplikasi Sains, Informasi, Elektronika dan Komputer)
Department of Electrical Engineering, Universitas Merdeka Malang



Image result for address iconTaman Agung Street No. 1, Sukun, Malang Kota, Jawa Timur, 65146, Indonesia
Image result for address blue iconjasiek@unmer.ac.id
Image result for address blue icon0822-3333-4114
@jasiekunmer

Supported By: