Penerapan PID (Proportional Integral Derivative) Untuk Mengontrol Mode Manual Drone Hexacopter

Mochamad Zaky, Desyderius Minggu, Gatut Sulistiyanto

Abstract


Meminimalisir kerugian materiil dan non-materiil dalam sebuah tugas  operasi adalah hal mutlak dalam sebuah strategi agar tidak memberikan dampak yang mampu merusak sebuah strategi. Untuk menerapkannya adalah menggunakan teknologi yang memiliki  sistem kontrol yang baik. Sistem kontrol yang sering digunakan untuk kontrol secara manual adalah pengendali PID , dimana sistem kontrol jenis ini memiliki refrensi berdasarkan dari konstanta nilai – nilai Propotional, Integral dan Derivative. Penerapan PID ini berdasarkan dari nilai refrensi, dimana nilai tersebut dihasilkan melalui trial and error. Agar mendapatkan nilai kombinasi yang sesuai  sebelum hasil output ini dikirim ke ESC sebagai acuan pergerakan kecepatan motor brushless. Konstanta pengendali PID untuk mencapai kestabilan saat hexacopter menembak  adalah Kp=130; Ki=0; Kd=0,076. Hasil dari pengujian yaitu nilai rise time sebesar 0,0526 detik, settling time sebesar 0,783, overshoot sebesar 0,205% dan steady state error 1%.

Kata Kunci: Drone, Hexacopter, PID


Full Text:

PDF

References


Amin, Z., Meldi, (2018). Pengidentifikasian dan Pencarian Manusia Berbasis Citra Menggunakan Unmaned Aerial Vehicle. Universitas Andalas. Metal: Jurnal Sistem Mekanik dan Termal Vol. 02 No. 02 (2018) hal. 50-61.

Dharmawan, A. (2009). Pengendalian Motor Brushless DC Dengan MEtode PWM Sinusoidal Menggunakan ATMEGA16. Universitas Indonesia, Depok.

T. A. S, A. Rabi’, D. Minggu, And I. Mujahidin, “Frequency Hopping Video Real Time Untuk Pengamanan Data Pengintaian Operasi Inteligence Tni,” Jasiek (Jurnal Apl. Sains, Informasi, Elektron. Dan Komputer), 2019.

Habibi, G. Akbar. (2013). Perancangan Dan Analisis Otomasi Sistem Kendali Quadcopter Melalui Koordinat Dengan Global Positioning System Tracker. Institut Teknologi Telkom.

A. E. Pambudi, L. Maajid, J. Rohman, And I. Mujahidin, “Aplikasi Penggunaan Joystick Sebagai Pengendalian Remote Control Weapon Station (RCWS) Senjata Mesin Ringan (Smr),” Jasiek (Jurnal Apl. Sains, Informasi, Elektron. Dan Komputer), Vol. 1, No. 2, Pp. 98–105, 2019.

Majid, M, (2016). Implementasi Arduino Mega 2560 untuk Kontrol Miniatur Elevator Barang Otomatis. Universitas Negeri Semarang.

Putra, Bagus T.P. (2019). Sistem Kendali Senjata Robot Tempur Dengan Metode Proportional Integral Derivative (PID). Universitas Merderka Malang.

Putra, R.P. (2016). Aplikasi GPS APM2.5 NEO-6M Pada Robot Terbang Pendeteksi Asap. Politeknik Negeri Sriwijaya.

Ramzy, M.D. (2016). Pengontrol Motor Brushless 2300 KV Menggunakan ESC 12A Pada Drone Quadcopter Berbasis Flight Controller Pixhawk. Politeknik Negeri Sriwijaya.

E. Endrayana, D. H. S. Wahyuni, N. Nachrowie, And I. Mujahidin, “Variasi Ground Plane Antena Collinear Pada Pemancar Telivisi Analog Dengan Frekuensi Uhf 442 Mhz,” Jasiek (Jurnal Apl. Sains, Informasi, Elektron. Dan Komputer), Vol. 1, No. 2, Pp. 149–156, 2019.

Ridhwan, M. T. (2012). Rancang Bangun Penggerak Daya Motor Brushless DC 350W/48V. Politeknik Negeri Bandung, Bandung.

Rohimah. (2016). Pengamanan Pendeteksi Sayatan Menggunakan Teknologi Global Positioning System (GPS) Dengan Sensor LDR Via Short Masaage Service (SMS). Politeknik Negeri Sriwijaya.




DOI: https://doi.org/10.26905/jasiek.v2i1.3944

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JASIEK(Jurnal Aplikasi Sains, Informasi, Elektronika dan Komputer)
Department of Electrical Engineering, Universitas Merdeka Malang



Image result for address iconTaman Agung Street No. 1, Sukun, Malang Kota, Jawa Timur, 65146, Indonesia
Image result for address blue iconjasiek@unmer.ac.id
Image result for address blue icon0822-3333-4114
@jasiekunmer

Supported By: