ANALISIS KETERKAITAN RETURN ON EQUITY DAN EARNING PER SHARE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PT. ASTRA AGRO LESTARI TBK.
DOI:
https://doi.org/10.26905/jbm.v6i1.3036Keywords:
Earning Per Share, nilai perusahaan (PBV), Return on EquityAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Return on Equity dan Earning Per Share terhadap nilai perusahaan pada PT. Astra Agro Lestari Tbk. Dalam penelitian ini menggunakan data sekunder yaitu laporan keuangan triwulan PT. Astra Agro Lestari Tbk. tahun 2010 sampai 2017 yang diperoleh melalui website Bursa Efek Indonesia yaitu www.idx.co.id. Metode analisis yang digunakan yaitu regresi linear berganda dan analisis data menggunakan perangkat lunak SPSS IBM Statistik 24. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa Return on Equity dan Earning Per Share berpengaruh negatif dan signifikan terhadap nilai perusahaan dengan R2 sebesar 0,643, yang berarti bahwa kontribusi variabel-variabel independen terhadap nilai perusahaan yang diindikasikan dengan Price to Book Value (PBV) pada PT. Astra Agro Lestari Tbk. adalah sebesar 64,3% dan sisanya sebesar 35,7% dapat dijelaskan oleh variabel-variabel lain diluar penelitian ini. Dan berdasarkan nilai R dengan nilai 0,802 menunjukkan bahwa korelasi ganda variabel independen yaitu Return on Equity dan Earning Per Share dengan variabel dependen yaitu nilai perusahaan adalah sangat kuat.
Â
DOI :Â https://doi.org/10.26905/jbm.v6i1.3036
References
Astuti, D. 2004. Manajemen Keuangan Perusahaan. Penerbit Ghalia Indonesia. Jakarta.
Azis, M. 2015. Manajemen Investasi Fundamental, Teknikal, Perilaku Investor dan Return Saham. Deepublish. Yogyakarta. https://books.google.co.id/books?isbn=6022806852 (Accessed Desember 9, 2018)
Christiana, I., & Putri, L. P. (2017). Faktor-faktor yang Mempengaruh Price to Book Value. Jurnal Studi Akuntansi dan Keuangan, 1(1): 11-20. DOI: 10.5281/zenodo.1064186
Eti Rochaety, R. T. 2009. Metodologi Penelitian Bisnis: Dengan Aplikasi Spss (Revisi ed.). Mitra Wacana Media. Jakarta.
Fahmi, I. 2014. Manajemen Keuangan Perusahaan dan Pasar Modal. Mitra Wacana Media. Jakarta.
Gumanti, T. A. 2011. Manajemen Investasi. Mitra Wacana Media. Jakarta.
Hery. 2017. Kajian Riset Akuntansi. PT Gramedia. Jakarta. https://books.google.co.id/books?isbn=6023759025 (Accessed Februari 3, 2019)
Kasmir. 2013. Analisis Laporan Keuangan Rajawali Pers. Jakarta.
Kurniawan, R., & Yuniarto, B. 2016. Analisis Regresi. Kencana. Jakarta. https://books.google.co.id/books?isbn=6024220340 (Accessed Desember 3, 2018)
Marangu, K., & Jagongo, A. (2014). Price Book Value Ratio and Financial Statement Variables (An Empirical Study of Companies Quoted At Nairobi Securities Exchange, Kenya). Lobal Journal Of Commerce and Management Perpective, 3(6), 50-56.
Marlina, T. (2013). Pengaruh Earning Per Share, Return on Equity, Debt To Equity Ratio dan Size Terhadap Price To Book Value. Jurnal Ilmiah Akuntansi Kesatuan, 1(1), 59-71.
Puspitasari, D. 2015. Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan. 1-12. http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/17595 (Accessed Desember 13, 2018)
Rosyada, R. 2017. Pengaruh Leverage, Return On Equity (Roe), Dan Earning Per Share (Eps) Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Sektor Kelapa Sawit yang Terdaftar di ISSI (Indeks Saham Syariah Indonesia). http://eprints.radenfatah.ac.id/1058/ (Accessed Desember 14, 2018)
Sudana, I. M. 2015. Manajemen Keuangan Perusahaan (2nd ed.). Penerbit Erlangga. Jakarta.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Bisnis (Vol. 17). Alfabeta CV. Bandung.
Suparno, & Ramadini, R. (2017). Pengaruh Intellectual Capital dan Earning Per Sahre terhadao Nilai Perusahaan. Jurnal Manajemen dan Keuangan, 6(1), 710-716.
Suripto. 2015. Manajemen Keuangan: Strategi Penciptaan Nilai Perusahaan Melalui Pendekatan Economic Value. GRAHA ILMU. Yogyakarta.
Utari, D., Purwanti, A., and Prawironegoro, D. 2014. Manajemen Keuangan. Mitra Wacana Media. Jakarta.
www.astra-agro.co.id.
www.idx.co.id
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
(1) Copyright of the published articles will be transferred to the journal as the publisher of the manuscripts. Therefore, the author confirms that the copyright has been managed by the journal.
(2) Publisher of Jurnal Bisnis dan Manajemen is University of Merdeka Malang.
(3) The copyright follows Creative Commons Attribution–ShareAlike License (CC BY SA): This license allows to Share — copy and redistribute the material in any medium or format, Adapt — remix, transform, and build upon the material, for any purpose, even commercially.