KEBIJAKAN HUTANG, KEPUTUSAN INVESTASI, DAN PROFITABILITAS DALAM MENGUNGKIT NILAI PERUSAHAAN

Yulifita Ayuningtyas, Wahyu Wiyani, Eko Agus Susilo

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan penjelaskan pengaruh kebijakan hutang, keputusan investasi dan profitabilitas terhadap kaitannya di dalam mengungkit nilai perusahaan. Metode yang digunakan di dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan penelitian eksplanatori. Sampel yang digunakan di dalam penelitian ini adalah perusahaan food and beverages yang listing di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2015-2018 dengan menggunakan regresi linier berganda sebagai alat analisis data. Hasil penelitian menunjukkan baik secara parsial maupun simultan, kebijakan hutang, keputusan investasi dan profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan.


Keywords


Kebijakan Hutang, Keputusan Investasi, Nilai Perusahaan, Profitabilitas

Full Text:

PDF

References


Ali. (2016). Pengaruh Kebijakan Deviden, Kebijakan Hutang, Profitabilitas, Keputusan Investasi terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Akuntansi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbanas Surabaya.

Brigham & Houston. (2006). Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Edisi kesepuluh.Jakarta : Salemba Empat.

Brimantyo, H., Rochman, A. K., & Karima, T. (2019). PENINGKATAN KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN MELALUI STRUKTUR MODAL UNTUK MENINGKATKAN NILAI PERUSAHAAN. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 6(1). doi:10.26905/jbm.v6i1.3030

Dini, Astri W., and Iin Indarti. "Pengaruh Net Profit Margin (NPM), Return on Assets (ROA) Dan Return on Equity (ROE) Terhadap Harga Saham Yang Terdaftar Dalam Indeks Emiten LQ45 Tahun 2008 – 2010." Jurnal Kajian Akuntansi dan Bisnis, vol. 1, no. 1, 2012.

Endarmawan, Yogi. 2014. “Pengaruh Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, dan Kebijakan Dividen terhadap Nilai Perusahaan”. Artikel Ilmiah Mahasiswa 2014.

Hanafi, Mamduh. (2004). Manajemen keuangan, BPFE, Yogyakarta.

Harmono, 2009, Manajemen Keuangan Berbasis Balanced Scorecard (Pendekatan Teori, Kasus, dan Riset Bisnis), Bumi Aksara, Jakarta.

Herawati. (2013). Pengaruh kebijakan Deviden, kebijakan hutang dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Universitas Negeri Padang. Ejournal.unp.ac.id vol. 2 No. 2.

Hermuningsih, S. (2013). Pengaruh profitabilitas, growth opportunity, struktur modal terhadap nilai perusahaan pada perusahaan publik di Indonesia. Buletin ekonomi moneter dan perbankan, 16(2), 127-148.

Kasmir. (2015). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Rajawali Pers

Martikarini. (2015). Pengaruh profitabilitas, kebijakan hutang, dan deviden terhadap nilai perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI. Jurnal akuntansi fakultas ekonomi Universitas Gunadarma.

Pertiwi, Tommy, Tumiwa. (2015). Pengaruh Kebijakan Hutang, Keputusan Investasi, dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan. Universitas Sam Ratulangi Manado.

Sari. (2017). Pengaruh Kebijakan Hutang, Keputusan Investasi, dan profitabilitasterhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Akuntansi Fakultas Ekonomi dan BisnisUniversitas Muhammadiyah Surakarta.

Sartono, Agus. (2011). Manajemen Keuangan (Teori dan Aplikasi). Yogyakarta : BPFE.

Wijaya, R.L.P. dan B.A.Wibawa. 2010. Pengaruh Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan. Simposium Nasional Akuntansi 13 Purwokerto.




DOI: https://doi.org/10.26905/jbm.v7i1.4231

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Jurnal Bisnis dan Manajemen
Faculty of Social and Political Science University of Merdeka Malang



Mailling Address:
  • Address: Terusan Dieng Street 62-64 Malang, Indonesia
  • Website: http://jurnal.unmer.ac.id/index.php/jbm
  • Email: jbm.unmermlg@unmer.ac.id
  • Phone: 081332010545
Free counters!

View Stat JBM