Analisis Variabel yang Mempengaruhi Minat Investasi Berbasis Aplikasi

Lina Affifatusholihah, Solehatin Ika Putri

Abstract


This study considers how the direct and indirect impact from variable of advertising attitude, brand awareness, brands attitude to interest in using online investment applications. Quantitative method for data analysis using SEM Warp PLS 7.0 application with a sample of 103 people. The results of the study stated that advertising attitude had no effect on brands attitude, brand awareness had a significant positive effect on brands attitude. Brands attitude have an effect on interest in using online investment applications. Advertising attitudes have an effect on interest in using online investment applications. Brand awareness have an effect on interest in using online investment applications. Brands attitude cannot mediate the effect of advertising attitude on interest in using online investment applications. Brands attitude mediate the effect of brand awareness on interest in using online investment applications. Conclusion in this study stated that variable of advertising attitude, brand awareness, brands attitude had direct effect to interest in using online investment applications.  In addition, brands attitude had indirect effect through brand awareness to interest in using online investment applications.


Keywords


Advertising Attitude; Brands Attitude; Brand Awareness; Interest

Full Text:

PDF

References


Adisti, P. (2017). Pengaruh Kualitas Pesan Iklan, Kualitas Produk, Kesadaran Merek Terhadap Minat Beli Serta Citra Merek dan Sikap Terhadap Merek Sebagai Variabel Intervening. Diponegoro Journal Of Management, 6(4), 13.

Amalia, Siti N. A. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Individu Terhadap Financial Technology (Fintech) Syariah (Paytren) Sebagai Salah Satu Alat Transaksi Pembayaran (PendekatanTechnology acceptance model (TAM) dan Theory of Planned Behavior (TPB). Iqtishaduna Volume IX, Nomor 1, Juni 2018.

Amiludin, T., & Kartini, D. (2019). Advertisement Attitude Dan Brand Attitude Sebagai Determinan Minat Beli (Studi Kasus pada Distro iwearzule Bandung). Skripsi UNIKOM Bandung.

Andrew, Gunawan. (2014). Aplikasi Technology Acceptance Model Pada Minat Nasabah Untuk Menggunakan Internet Banking. Jurnal Nominal / Volume III Nomor 2 / Tahun 2014

Apsyari, F. & Raharjo D., T. (2018). Pengaruh Kesadaran Merek, Citra Merek, Loyalitas Merek terhadap Keputusan Pembelian dengan Sikap Merek Sebagai Variabel Intervening Pada Online Travel Agent Tiket.Com. Diponegoro Journal of Management Volume 7, Nomor 2, Tahun 2018

Azis, M. S. A., & Harsono, S. (2020). Pengaruh Citra Merek, Kepercayaan Merek dan Sikap Merek terhadap Minat Menjadi Nasabah Tabungan dan Giro Bank Panin (Studi pada Bank Panin KCP Tambak Langon Surabaya). Jurnal Bisnis dan Perbankan UMSIDA, 6(2), 14.

Aziz, M. L., & Sulistiono, S. (2020). Pengaruh Sikap Konsumen, Periklanan, dan Brand Image Terhadap Minat Beli Konsumen The Jungleland Adventure Theme Park. Jurnal Ilmiah Pariwisata Kesatuan, 1(1), 43–52. https://doi.org/10.37641/jipkes.v1i1.326

Cahya, A. D., & Setyarini, E. (2020). Menguji Keputusan Berinvestasi Dari Perspektif Pembelajaran Pasar Modal, Kemajuan Teknologi, Uang Saku Mahasiswa Dan Bauran Pemasaran (Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia Fakultas Ekonomi UST). Upajiwa Dewantara, 4(1), 13.

Darwati, A. M., & Yulianto, E. (2019). Pengaruh Penggunaan Western Model Sebagai Brand Ambassador Terhadap Sikap Pada Iklan Serta Dampaknya Terhadap Minat Beli. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 69(1), 10.

Dewi, D. A. D. P., & Jatra, I. M. (2018). Peran Brand Awareness Dalam Memediasi Pengaruh Daya Tarik Iklan Terhadap Niat Beli. E-Jurnal Manajemen Unud, 7(8), 29. https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2018.v7.i08.p20

Hakim, R. T., & Susilowati, C. (2013). Pengaruh Persepsi Iklan, Kesadaran Merek, Citra Merek terhadap Sikap pada Merek dan Keputusan Pembelian (Studi pada Produk Pestisida Merek Sidamethrin 50 EC). Jurnal Aplikasi Manajemen, 11(4), 10.

Hanfan, A. (2017). Mengeksplorasi kesadaran merek terhadap minat beli ulang melalui sikap terhadap merek. Performance, 24(2), 8. https://doi.org/10.20884/1.performance. 2017.24.2.699

Heriyati, H., Pasinringi, S. A., & Sidin, I. (2018). Brand Attitude Pasien Rawat Inap Terhadap Minat Pemanfaatan Kembali Pelayanan Di Rumah Sakit. Journal of Health, Education and Literacy, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.31605/j-healt.v1i1.146

Kontan. (2021). Meski Ada Pandemi Jumlah Investor Pasar Modal Masih Meningkat. https://investasi.kontan.co.id/news/meski-ada-pandemi-jumlah-investor-pasar-modal-masih-meningkat. Diakses pada 01/07/2021 pukul 20.08 WIB

Manuel, H. (2019). Pengaruh Kemudahan, Keamanan, Kepercayaan Dan Kualitas Informasi Pada Aplikasi Investasi Online Terhadap Minat Investasi Saham. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya, 7(2), 30.

Mardalena, N. T., Lubis, A. R., & Utami, S. (2018). Pengaruh Kesadaran Merek, Kepercayaan Merek Dan Keunggulan Produk Terhadap Minat Beli Produk Luxuri Fashion Brand Dengan Gender Sebagai Moderating Pada Pemasaran Media Sosial Di Kota Banda Aceh. Jurnal Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unsyiah, 2(1), 16.

Muslimawati, C., & Wardani, D. K. (2017). Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial Dan Kesadaran Merek Terhadap Minat Beli Air Minum Dalam Kemasan Dengan Merek Aqua Pada Mahasiswa Pendidikan EkonomI FKIP UNS. Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi UNS, Surakarta, 3(2), 19.

Nurhikmah, Romadhoni, B., & Nurinaya. (2018). Pengaruh Brand Awareness Dan Brand Attitude Terhadap Minat Pembelian Konsumen Pada Produk Indihome Di Wilayah Telekomunikasi (Witel) Makassar. Balance : Jurnal Ekonomi, 14(2), 9.

ojk. (2021). https://reksadana.ojk.go.id/Public/TagSearchPublic.aspx?search=. Diakses pada 03/07/2021 pukul 21.45 WIB

Priyanti, Y., Susanti, F., & Aziz, N. (2017). Minat Beli Konsumen Toko Sepatu Bata Dipasar Raya Padang Dilihat Dari Sikap Dan Iklan. Jurnal Pundi, 1(2). https://doi.org/10.31575/jp.v1i2.17

Putra, A. (2014). Pengaruh Iklan Dan Kepercayaan Merek Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Pada Texas Chicken Pekanbaru). JOM FISIP, 4(1), 11.

Rahmah, N. (2015). Pengaruh Kredibilitas Endorser Iklan Sensodyne Pada Sikap Konsumen (Terhadap Iklan dan Produk) dan Minat Beli Konsumen (Studi pada Mahasiswa Universitas Brawijaya Malang). Jurnal Ekonomi Bisnis, 20(1), 11.

Rahmaniah, I. (2019). Pengaruh Harga Dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Produk Fashion Imitasi Dengan Sikap Sebagai Variabel Intervening. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Ramdhani, M., & Abdurrahman, M. S. (2021). Pengaruh Sikap Terhadap Iklan Online Realme Di Youtube Dengan Kesadaran Merek Pada Masyarakat Bandung. e-Proceeding of Management, 8(2), 14.

Santoso, D. A., Erdiansyah, R., & Pribadi, M. A. (2019). Pengaruh Brand Awareness dan Brand Image terhadap Minat Beli Produk Kecantikan Innisfree. Prologia, 2(2), 286. https://doi.org/10.24912/pr.v2i2.3589

Sholihah, Maratush. (2018). Pengaruh Brand Awareness, Norma Subyektif, Keyakinan Label Halal Terhadap Brand Attitude Untuk Meningkatkan Minat Beli Ulang Ice Cream Magnum. upajiwa dewantara, 2(2), 112–124. https://doi.org/10.26460/mmud.v2i2.2021

Sholihin, M & Ratmono, D. (2020). Analisis SEM - PLS dengan WarpPls 7.0. CV Andi Offset : Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.26905/jbm.v8i2.6188

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Jurnal Bisnis dan Manajemen
Faculty of Social and Political Science University of Merdeka Malang



Mailling Address:
  • Address: Terusan Dieng Street 62-64 Malang, Indonesia
  • Website: http://jurnal.unmer.ac.id/index.php/jbm
  • Email: jbm.unmermlg@unmer.ac.id
  • Phone: +62 813-9393-3938
Free counters!

View Stat JBM