Strategi Pengembangan Model Bisnis Klaster Industri Tomat Krispi Daumato Berdasarkan Analisis SWOT dan BMC
DOI:
https://doi.org/10.26905/4211Keywords:
Development Strategy, Cluster Industry, SWOT, BMCAbstract
Klaster Industri Tomat Krispi Daumato merupakan unit usaha kecil hasil pemberdayaan CE Djarum Beasiswa Plus yang dibentuk oleh tim Beswan Djarum dari berbagai Perguruan Tinggi di Kota Malang. Sejak dibentuk hingga dilaksanakannya penelitian, industri ini belum mampu menjalankan model bisnis dengan efektif, sehingga diperlukan strategi-strategi pengembangan untuk membantu mengembangkan model bisnisnya. Tujuan penelitian ini yaitu (1) Menganalisis klaster Industri Tomat Krispi Daumato dengan Diamond Porter Model; (2) Menganalisis pemetaan model bisnis 9 elemen Business Model Canvas (BMC) dengan analisis SWOT (Strenght, Weakness, Opportunity dan Threats); (3) Merumuskan strategi pengembangan model bisnis klaster industri Tomat Krispi Daumato menggunakan matrik SWOT. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan kombinasi pendekatan Diamond Porter Model, analisis BMC dan matriks SWOT dalam merumuskan strategi pengembangan bisnis Klaster Industri Tomat Krispi Daumato. Hasil penelitian menunjukkan perlu adanya pengembangan pada model bisnis Klaster Industri Tomat Krispi Daumato. Adapun strategi pengembangan model bisnisnya adalah (1) Membentuk sebuah koperasi; (2) Mempertahankan kualitas bahan baku tomat; (3) Mengembangkan potensi usaha dengan menjalin jaringan dengan mitra-mitra strategis; (4) Mempertahankan hubungan dengan konsumen dengan membuka peluang menjadi pemasok (supplier); (5) Meningkatkan penjualan produk untuk mengantisipasi adanya bahan dengan harga yang fluktuatif.
References
Agrowisata Kebun Belimbing Ngringinrejo Bojonegoro. Jurnal Ilmu Manajemen Volume 4 Nomor 2. Pp 108 – 132
[2] Bambang Supriadi (2018) Pengembangan Ekowisata Poncokusumo melalui Grand Strategy Matrix Analysis. Jurnal Pariwisata Pesona Volume 3 Nomor 2 pp 119 – 133
[3] Lumsari, Uyu. (2007). Strategi Pengembangan Klaster Industri Genteng Dengan Menggunakan Analisis SWOT (Studi Kasus : Perusahaan Genteng Di Karanggeneng Boyolali),
[4] Osterwalder, Alexander dan Pigneur,Yves. Edisi Terjemahan (2017). Business Model Generation. Jakarta. Penerbit Gramedia.
[5] Papilo, Petir dan Bantacut, Tajuddin. (2016). Klaster Industri Sebagai Strategi Peningkatan Daya Saing Agroindustri Bioenergi Berbasis Kelapa Sawit, Jurnal Teknik Industri, Vol XI, No 2, Pp: 90-91
[6] Pusat Data dan Statistik Pendidikan. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, (2014). Modul Pembelajaran SPSS
[7] Rizkita, Nyanyu dkk. (2018). Strategi Pengembangan Model Bisnis Klaster Industri Produk Olahan Susu Cipageran, Jurnal MPI, Volume 13 Nomor 1 Pp 75 – 86
[8] Susanto, Budi. (2007). Analisis Sistem Evaluasi Klaster Industri (Studi Kasus pada Industri Alat Angkut Mesin dan Peralatannya di Propinsi Jabar), Berita Teknologi Bahan dan Barang Teknik No.21/2007.
[9] Sylvia Saragi Sitio, Vera. (2017). Strategi Bisnis Model Dengan Pendekatan Business Model Canvas (Studi Kasus di Industri Kecil dan Menengah (IKM) Bir Pletok Bu Lina Kelurahan Ciracas, Jakarta Timur), Journal of Economics and Business Aseanomics Volume 2 Nomor 1 Pp 36 – 51
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
(1)Â Copyright of the published articles will be transferred to the journal as the publisher of the manuscripts. Therefore, the author confirms that the copyright has been managed by the journal.
(2) Publisher of Journal of Industrial View is Department of Industrial Engineering University of Merdeka Malang.
(3) The copyright follows Creative Commons Attribution–ShareAlike License (CC BY SA): This license allows to Share — copy and redistribute the material in any medium or format, Adapt — remix, transform, and build upon the material, for any purpose, even commercially.