Strategi Pengembangan Model Bisnis Klaster Industri Tomat Krispi Daumato Berdasarkan Analisis SWOT dan BMC

Aang Fajar Passa Putra

Abstract


Klaster Industri Tomat Krispi Daumato merupakan unit usaha kecil hasil pemberdayaan CE Djarum Beasiswa Plus yang dibentuk oleh tim Beswan Djarum dari berbagai Perguruan Tinggi di Kota Malang. Sejak dibentuk hingga dilaksanakannya penelitian, industri ini belum mampu menjalankan model bisnis dengan efektif, sehingga diperlukan strategi-strategi pengembangan untuk membantu mengembangkan model bisnisnya. Tujuan penelitian ini yaitu (1) Menganalisis klaster Industri Tomat Krispi Daumato dengan Diamond Porter Model; (2) Menganalisis pemetaan model bisnis 9 elemen Business Model Canvas (BMC) dengan analisis SWOT (Strenght, Weakness, Opportunity dan Threats); (3) Merumuskan strategi pengembangan model bisnis klaster industri Tomat Krispi Daumato menggunakan matrik SWOT. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan kombinasi pendekatan Diamond Porter Model, analisis BMC dan matriks SWOT dalam merumuskan strategi pengembangan bisnis Klaster Industri Tomat Krispi Daumato. Hasil penelitian menunjukkan perlu adanya pengembangan pada model bisnis Klaster Industri Tomat Krispi Daumato. Adapun strategi pengembangan model bisnisnya adalah (1) Membentuk sebuah koperasi; (2) Mempertahankan kualitas bahan baku tomat; (3) Mengembangkan potensi usaha dengan menjalin jaringan dengan mitra-mitra strategis; (4) Mempertahankan hubungan dengan konsumen dengan membuka peluang menjadi pemasok (supplier); (5) Meningkatkan penjualan produk untuk mengantisipasi adanya bahan dengan harga yang fluktuatif.


Keywords


Strategi Pengembangan, Klaster Industri, SWOT, BMC, Tomat Krispi Daumato

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26905/4211

Refbacks

  • There are currently no refbacks.