Identifikasi Risiko Cidera pada Operator Gudang Barang Jadi Menggunakan Metode BRIEF Survey pada PT.X Malang

Ika Anggraeni Khusnul Khotimah, Elsa Nufelia Phio Fanani, Digitha Oktaviani Putri

Abstract


PT. X merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang produksi obat – obatan. PT. X memiliki dua divisi diantaranya divisi farma dan divisi herbal. Dengan adanya proses produksi di perusahaan tidak bisa terlepas dari Gudang barang jadi. Gudang barang jadi digunakan untuk menyimpan barang jadi produksi. Rak yang ada di dalam gudang barang jadi pada PT. X ini kurang ergonomis bagi operator yang bekerja di tempat tersebut sehingga dapat menyebabkan cidera. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi anggota tubuh pekerja pada bagian mana yang memiliki risiko cidera tertinggi dengan menggunakan metode BRIEF Survey serta menentukan rekomendasi pengendalian risiko untuk meminimalkan risiko cidera yang dialami pekerja pada gudang barang jadi PT. X. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dapat diidentifikasi anggota tubuh pekerja pada bagian bahu kanan dan kiri merupakan anggota tubuh yang memiliki risiko cidera tertinggi. Hal tersebut ditunjukkan dari hasil rekapitulasi antara kuisioner dan form BRIEF Survey dengan hasil score total sebesar 5 yang memiliki risk rating high. Usulan solusi pengendalian risiko yang dapat direkomendasikan untuk permasalahan tersebut adalah dengan melakukan rekayasa teknik. Rekayasa Teknik yang dapat dilakukan adalah dengan perancangan ulang rak barang jadi yang ergonomis serta merancang tangga portable yang dapat dipasang pada rak serta pergerakan tangga tersebut dapat mudah digeser disesuaikan dengan posisi pengambilan barang.


Keywords


Gudang;BRIEF Survey;Risiko;Cidera;Rekayasa Teknik

Full Text:

PDF

References


Sari, N.I. Penerapan Ergonomi Terhadap Keselamatan Pegawai Dalam Suatu Perusahaan. Academia Edu. 2019; 1-14.

M. H. Salih. A Literature Review of Ergonomics Programs. Proceedings of 3rd Int. Eng. Conf. Dev. Civ. Comput. Eng. Appl.2017, Feb 26-27, hal. 191–202.

Adiyanto, O., Prasetyo, F. A., & Kautsar R., F. Manual Material Handling Pada Proses Pengangkatan Karung Menggunakan Pendekatan Biomekanika dan Fisiologi. Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Jurnal Penelitian Saintek, 2019; 24(1).

Wardhana, M.R., Fathimahhayati, L.D., Pawitra, T.A. Integrasi Ideas Framework Dan BRIEF Survey Dalam Mengevaluasi Musculoskeletal Disorders. Jurnal Ilmiah Teknik Industri. 2020; 8(3), 185-193.

Dewi, L, C. Analisis Tingkat Resiko Bahaya Muskuloskeletal Aktivitas Industri Kecil Makanan di Yogyakarta. Jurnal Metris. 2016; 17 : 107 – 112.

Ceccacci, S., Matteuci, M., dan Mengoni, M., M. 2017. A Multipath Methodology Promote Ergonomics, Safety, And Efficiency In Agile Factories. International Journal of Agile Systems and Management. 2020; 12(4).

Adiguna, B,. Adam, H,. Kusmindari, C, D. Perbaikan Stasiun Kerja Kritis Menggunakan Metode Ergonomic Assessment Survey (Easy). Seminar Nasional Global Competitive Advantage. Universitas Bina Darma. ISBN : 978-602-74335-0-2. 2016 : 1-9.

Tamara ,D, M,. Achiraeniwati, E,. Rezeki, Y, S. Perancangan Fasilitas Kerja Ergonomis Pada Stasiun Kerja Pengeleman Untuk Mengurangi Resiko Musculoskeletal Disorders (MSDs). Volume 4, No. 2, Tahun 2018. Universitas Islam Bandung. 2018.

Wijaya, A., Panjaitan, W.S. & Palit, H.C. 2015. Evaluasi Kesehatan dan Keselamatan Kerja dengan Metode HIRARC pada PT. Charoen Pokphand Indonesia. Jurnal Tirta. 2015; 3(1) : 29-34.

National Institute for Occupational Safety and Health. Hierarchy of Controls. 2015. [Online]. Available at : https://www.cdc.gov/niosh/topics/hierarchy/ [Accessed 08 Agustus 2022].




DOI: https://doi.org/10.26905/jiv.v4i2.8517

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal of Industrial View has been indexing:

SINTA - Science and Technology Index


Journal of Industrial View has been tools:

Index Copernicus International (ICI)



Journal of Industrial View

A scientific periodical of the Department of Industrial Engineering, Faculty of Engineering, University of Merdeka Malang
 

Mailing Address:

Address: Jl. Taman Agung No. 1, Malang, Indonesia, 65146
Email: jiv@unmer.ac.id

 


View My Stats