Analisis Model Implementasi Kebijakan Publik pada Pemerintah Desa di Kecamatan Dau Kabupaten Malang

Cokro Wibowo Sumarsono, Slamet Muchsin, Sunariyanto Sunariyanto

Abstract


Semangat dari Undang Undang Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa adalah mengembalikan otoritas desa, namun pada implementasi lapangannya birokratisasi pihak supradesa kepada pemerintah desa berlangsung dengan sangat ketat. Penelitian ini mengambil lokus pada desa-desa yang berada di Kecamatan Dau Kabupaten Malang guna menganalisis pelaksanaan kebijakan di kawasan perdesaan yang diapit oleh Kota Malang dan Kota Batu. Kajian analisis terhadap implementasi kebijakan publik pada pemerintahan desa diperlukan guna merumuskan rekomendasi model implementasi kebijakan publik di desa-desa yang memiliki keragaman latar belakang demografi, sosiologi dan tingkat pendidikan warga. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi kebijakan publik pada pemerintahan desa, serta bagaimanakah analisis model implementasi kebijakan bidang pelayanan publik, pembangunan infrastruktur dan pemberdayaan masyarakat pada pemerintahan desa di Kecamatan Dau berdasarkan faktor komunikasi, sumberdaya, disposisi dan struktur birokrasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif  dengan kombinasi antara kajian pustaka dan penelitian lapang. Analisis data menggunakan tahapan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Pelayanan publik terkonsentrasikan dalam administrasi kependudukan, pengelolaan air bersih, pengelolaan sampah dan pengurusan pemakaman warga. Pembangunan infrastruktur terbagi dalam partisipasi publik, inovasi kebijakan, program prioritas dan sumber pendanaan. Sedangkan pemberdayaan masyarakat terkonsentrasikan dalam pemberdayaan lembaga kemasyarakatan desa dan kearifan lokal desa.


Full Text:

PDF

References


Arifin, M. Z. Banyaknya Pungutan Liar Yang Terjadi Pada Pelayanan Publik Di Indonesia.

Atmojo, M. E., Zakiyah, U., & Fridayani, H. D. (2017). Inovasi Peningkatan Sumber Daya Manusia Bagi Perangkat Desa di Desa Bendungan Kecamatan Wates Kabupaten Kulon Progo. Jurnal Agregasi: Aksi Reformasi Government dalam Demokrasi, 5(2).

Dunn, William N. 2003. Pengantar Analisis Kebijakan Publik. Yogyakarta : Gajah Mada University Press.

Edward III, George C (edited), 1984, Public Policy Implementing, Jai Press Inc, London-England.

Endah, K. (2020). Pemberdayaan masyarakat: Menggali potensi lokal desa. Moderat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 6(1), 135-143.

Febrian, R. A. (2016). Collaborative Governance dalam Pembangunan Kawasan Perdesaan (tinjauan konsep dan regulasi). Wedana: Jurnal Kajian Pemerintahan, Politik Dan Birokrasi, 2(2), 200-208.

Henriyani, E. (2019). Problematika Dalam Implementasi Kebijakan Publik. Moderat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 1(4), 657-666.

Hernawan, D., & Seran, G. G. (2019). Pendekatan Partisipatif Dalam Pembangunan Infrastruktur di Kecamatan Ciawi. dministratie Jurnal Administrasi Publik, 2(2).

Irawan, Nata. 2017. Tata Kelola

Pemerintahan Desa Era UU Desa. Jakarta : Direktorat Jenderal Bina

Kusumastuti, A. (2015). Modal sosial dan mekanisme adaptasi masyarakat pedesaan dalam pengelolaan dan pembangunan infrastruktur. MASYARAKAT: Jurnal Sosiologi, 81-97.

Kusumastuti, A. (2015). Modal sosial dan mekanisme adaptasi masyarakat pedesaan dalam pengelolaan dan pembangunan infrastruktur. MASYARAKAT: Jurnal Sosiologi, 81-97.

Mais, T., Rumapea, P., & Rares, J. (2015). Tata Kelola Administrasi Desa Dalam Penyelenggaraan Pemerintahan di Era Otonomi Desa (Studi di Desa Buo Kecamatan Loloda Kabupaten Halmahera Barat). Jurnal Administrasi Publik, 2(30).

Purwanto, Erwan Agus dan Dyah Ratih Sulystyastuti. Impelemntasi Kebijakan Publik : Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Yogyakarta : Gava Media

Suswanto, B., Windiasih, R., Sulaiman, A. I., & Weningsih, S. (2019). Peran Pendamping Desa Dalam Model Pemberdayaan Masyarakat Berkelanjutan. Jurnal Sosial Soedirman, 2(2), 40-60.

Shohibuddin, Mohamad, Eko Cahyono, dan Adi Dzikrulloh Bahri. 2017. Undang-Undang Desa dan Isu Sumber Daya Alam :Peluang Akses atau Ancaman Eksklusi ?. Jurnal Wacana. Yogyakarta : Insist Press. Nomor 36. 35-77

Widodo, F. (2018). Evaluasi partisipasi masyarakat pada pembangunan infrastruktur dalam konteks pemberdayaan masyarakat. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat, 5(2), 119.




DOI: https://doi.org/10.26905/pjiap.v7i2.8344

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Publisia: Jurnal Ilmu Administrasi Publik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.