Customer Satisfaction Index (CSI) of Gojek User Post Fuel Prices Changes
DOI:
https://doi.org/10.26905/jmdk.v10i2.8822Keywords:
Customer Satisfaction Index (CSI), Price, Service RateAbstract
This study aims to examine the correlation between fuel prices and service tariffs towards customer satisfaction. This study is conducted at post fuel price changes. The sample of this study uses Simple Random Sampling as 86 respondents. The result shows that the biggest factor which gives much impact to customer satisfaction is service tariff variable. The study findings highlight the significant and positive of fuel prices and service tariffs towards consumer service or so-called customer satisfaction.
References
Anggraini, Fifin, and Anindhyta Budiarti. 2020. “Pengaruh Harga, Promosi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dimediasi Kepuasan Pelanggan Pada Konsumen Gojek.†Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE) 8(3):86–94.
Ardianti, Nesya Putri, and Minto Waluyo. 2021. “Analisis Kepuasan Pelanggan Terhadap Kualitas Pelayanan Menggunakan Metode Csi Dan Anggraini, F., & Budiarti, A. (2020). Pengaruh harga, promosi, dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan dimediasi kepuasan pelanggan pada konsumen Gojek. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 8(3), 86–94.
Ardianti, N. P., & Waluyo, M. (2021). Analisis kepuasan pelanggan terhadap kualitas pelayanan menggunakan metode CSI dan PGCV di toko XYZ. Tekmapro : Journal of Industrial Engineering and Management, 16(2), 96–107. https://doi.org/10.33005/tekmapro.v16i2.219
Diva, L. P. (2022, September). Tarif Ojol Naik Mulai Hari Ini, Cek Besarannya! Https://Www.Kompas.Com/. https://www.kompas.com/tren/read/2022/09/11/093000565/tarif-ojol-naik-mulai-hari-ini-cek-besarannya-?page=all
Fakhriyah, P. (2020). Pengaruh layanan transportasi online (Gojek) terhadap perluasan lapangan kerja bagi masyarakat di Kota Cimahi. Comm-Edu (Community Education Journal), 3(1), 34–41. https://doi.org/10.22460/comm-edu.v3i1.3719
Gunadi, E., & Tanoto, S. R. (2018). Hubungan harga dan kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan M Sport Futsal Center. Agora, 6(1), 1–5.
Harunurrasyid, H. (2013). Pengaruh perubahan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) terhadap tingkat inflasi di Indonesia. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 11(2), 78–90.
Ignacio, G. O. (2022, October). Sudah Diturunkan, Ini Daftar Harga Pertalite Hingga Pertamax Per 12 Oktober. Https://Finance.Detik.Com/. https://finance.detik.com/energi/d-6342594/sudah-diturunkan-ini-daftar-harga-pertalite-hingga-pertamax-per-12-oktober
Kemenhub. (2022). Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KP 667 Tahun 2022 Tentang Pedoman Perhitungan Biaya Jasa Penggunaan Sepeda Motor Yang Digunakan Untuk Kepentingan Masyarakat Yang Dilakukan Dengan Aplikasi.
Mirza, A. K. (2019). Pengaruh harga terhadap kepuasan konsumen dengan kualitas pelayanan sebagai variabel moderating (Survey pada Konsumen PT. Astra Internasional Daihatsu Sales Operation Cabang Pondok Pinang). Journal of Indonesian Public Administration and Governance Studies, 3(2), 671–683.
Nalendra, A. R. A., Rosalinah, Y., Priadi, A., Subroto, I., Rahayuningsih, R., Lestari, R., Kusamandari, S., Yuliasari, R., Astuti, D., Latumahina, J., Purnomo, M. W., & Zede, V. A. (2021). Statistika Seri Dasar dengan SPSS. CV. MEDIA SAINS INDONESIA.
Nalendra, A. R. A., Winarno, S. H., & Priadi, A. (2021). Analisa IPA dan CSI terhadap kepuasaan konsumen E-Commerce di era pandemi Covid-19. SEGMEN Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 17(3), 375–390.
Pangastuti, H. A., & Permana, L. (2019). Pengukuran kepuasan konsumen pada kantin Institut Teknologi Sumatera menggunakan Importance-Performance Analysis. Jurnal Teknologi Pangan Dan Kesehatan (The Journal of Food Technology and Health).
Keputusan Mentri Perhubungan No 564 Tahun 2022, Pub. L. No. 546 (2022).
Pigome, D., Pesiwarissa, E. L., & Ansanai, L. K. W. (2019). Pengaruh harga pertalite terhadap daya beli konsumen pada SPBU Karang Tumaritis PT. Tri Tunggal Sakti Cemerlang Di Kabupaten Nabire. FOKUS: Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 1(2), 1–14.
Rahmawati, A. D., & Soekotjo, H. (2018). Pengaruh kualitas layanan, tarif dan fasilitas terhadap kepuasan pelanggan Rumah Sakit Haji Surabaya. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 7(8), 1–16.
Risdiyanto, Kurniawan, T., & Alfed, J. (2021). Dampak kenaikan tarif ojek online terhadap pendapatan pengemudi dan kepuasan penumpang, tinjauan sebelum pandemi Covid-19. Jurnal Teknik Sipil, 10(2), 64–71. https://doi.org/10.24815/jts.v10i2.20727
Rufliansah, F. F., & Seno, A. H. D. (2020). Pengaruh harga dan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen (Studi pada Konsumen Rainbow Creative Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 9(4), 389–401.
Setiawati, R., Utami, S., & Rochani, S. (2019). Pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Alfamart Jl. Jaksa Agung Suprapto No.11 Mojoroto-Kediri. JIMEK : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi, 1(2), 285. https://doi.org/10.30737/jimek.v1i2.316
Siyamto, Y. (2017). Kualitas pelayanan bank dengan menggunakan metode IPA dan CSI terhadap kepuasan nasabah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 03(01), 63–76.
Subiantoro, B. S. S. (2020). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen dengan kepuasan konsumen sebagai variabel pemoderasi (Studi kasus pada konsumen gojek di Kota Banjarmasin). At-Tadbir : Jurnal Ilmiah Manajemen, 4(1), 27–39. https://doi.org/10.31602/atd.v4i1.2435
Sukarjono, E. (2016). Analisis pengaruh mutu pelayanan dan tarif terhadap. Kepuasan pelanggan yang berdampak pada. Pembentukan pelanggan tetap. EDUKA: Jurnal Pendidikan, Hukum Dan Bisnis, 1(2), 39–54.
Tambah, A. (2022). Pengaruh promosi, harga,kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen pada pengguna Traveloka. JURNAL EKOBIS 45, 1(1), 1–7.
Tiza, M. F., & Susanti, F. (2019). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan, Studi kasus pada perusahaan JNE Cabang Padang. INA-Rxiv.
Widodo, S. M., & Sutopo, J. (2018). Metode Customer Satisfaction Index (CSI) untuk mengetahui pola kepuasan pelanggan pada E-commerce model business to customer. Jurnal Informatika Upgris (JTU), 4(1), 38–45.
Wulandari, R. S., & Prihatini, A. E. (2018). Pengaruh tarif dan kualitas pelayanan terhadap keputusan penggunaan layanan Go-Ride (Studi kasus pada pengguna Go-Ride di Kota Tangerang Selatan). Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik, Universitas Diponegoro, 7(3), 290–298.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
(1)Â Copyright of the published articles will be transferred to the journal as the publisher of the manuscripts. Therefore, the author confirms that the copyright has been managed by the journal.
(2) Publisher of Jurnal Penelitian is University of Merdeka Malang.
(3) The copyright follows Creative Commons Attribution–ShareAlike License (CC BY SA): This license allows to Share — copy and redistribute the material in any medium or format, Adapt — remix, transform, and build upon the material, for any purpose, even commercially.