ABSTRACT
Background: First-year students need to adapt to a novel learning environment and teaching methods that differ from high school, shifting from teacher-centered to student-centered approaches. Students who struggle to adapt may experience stress, and high levels of stress can lead to academic burnout, characterized by a lack of motivation for learning. Objective: This study aims to investigate the correlation between academic stress and academic burnout among first-year students in 2022 at the Faculty of Medicine, Pattimura University Ambon. Methodology: The research employed a cross-sectional approach using a simple random sampling method, involving 108 students as respondents. This study used a questionnaire with an academic stress scale adapted from the Depression, Anxiety, and Stress Scales-42 (DASS-42) and an academic burnout scale using the Maslach Burnout Inventory-Student Survey (MBI-SS) which has been tested for reliability and validity. Results: The study’s results reveal a positive correlation between academic stress and academic burnout, with a p-value of 0.002. Conclusion: In conclusion, it can be inferred that as the level of stress increases, so does the level of academic burnout among first-year students in 2022 at the Faculty of Medicine, Pattimura University.
ABSTRACT
Latar Belakang: Mahasiswa semester pertama harus mampu beradaptasi dengan lingkungan baru dan metode pembelajaran yang berbeda dari SMA yaitu teacher-centered ke metode pembelajaran yang berbasis student-centered. Mahasiswa yang tidak dapat beradaptasi dengan baik dapat mengakibatkan stres. Tingkat stres yang tinggi dapat mengakibatkan mahasiswa mengalami academic burnout yaitu kurang memiliki motivasi dalam melakukan pembelajaran. Tujuan : Untuk mengetahui hubungan stres akademik dengan academic burnout pada mahasiswa semester pertama tahun 2022 di Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura Ambon. Metode : Penelitian berikut menerapkan pendekatan cross sectional menggunakan metode simple random sampling kemudian terdapat 108 mahasiswa yang menjadi responden. Penelitian ini menggunakan kuesioner dengan skala stres akademik yang diadaptasi dari Depression, Anxiety, and Stress Scales42 (DASS-42) dan skala academic burnout menggunakan Maslach Burnout Inventory-Student Survey (MBI-SS) yang telah teruji reliabilitas dan validitasnya. Hasil : Hasil penelitian berikut memperlihatkan bahwasanya ada hubungan yang positif antara stres akademik dengan academic burnout dengan nilai p value = 0,002. Kesimpulan : Dapat disimpulkan bahwasanya makin tingginya tingkat stres menjadikan makin tinggi juga tingkat academic burnout pada mahasiswa semester pertama tahun 2022 di Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura
Bart, S. (1994). Psikologi Kesehatan. PT. Gramedia Widiasarna Indonesia.
Budiwan, J. (2018). Pendidikan Orang Dewasa (Andragogy). Qalamuna-Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 10(02). https://doi.org/10.5281/zenodo.3559265
Dinda, R. F., Yulianti, A. B., & Lantika, U. A. (2023). Hubungan Tingkat Stress dan Kualitas Tidur pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Tahap Akademik Universitas Islam Bandung. Bandung Conference Series: Medical Science, 3(1).
Ellis, R. (2021). Gambaran Stres Akademik Mahasiswa Jurusan Ilmu Pendidikan Fkip Universitas Pattimura. Pedagogika: Jurnal Pedagogik Dan Dinamika Pendidikan, 9(2). https://doi.org/10.30598/pedagogikavol9issue2page60-67
Handayani, N., Latuconsina, S. H., & Sakinah, N. (2020). Tindak tutur imperatif dosen dan mahasiswa IAIN Ambon. Jurnal Lingue Bahasa, Budaya, Dan Sastra, 2(1).
Indonesia, K. K. (2012). Standar pendidikan profesi dokter indonesia.
Kajjimu, J., Kaggwa, M. M., & Bongomin, F. (2021). Burnout and Associated Factors Among Medical Students in a Public University in Uganda: A Cross-Sectional Study. Advances in Medical Education and Practice. http://doi.org/10.2147/AMEP.S287928
Khatami, R. A. (2018). Hubungan Stres Terhadap Burnout Pada Mahasiswa Preklinik Fakultas Kedokteran UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Tahun Ajaran 2018/2019 [Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta]. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/
bitstream/123456789/53739/1/RISA AZZAHRA KHATAMI - FK.pdf
Lubis, H., Ramadhani, A., & Rasyid, M. (2021). Stres Akademik Mahasiswa dalam Melaksanakan Kuliah Daring Selama Masa Pandemi Covid 19. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 10(1). http://dx.doi.org/10.30872/psikostudia.v10i1.5454
Mahliatussikah, H., Silvia, E. E., Putri, A. Y., & Pratiwi, A. E. (2022). Penerapan metode pembelajaran Student Centered Learning (SCL) dalam pembelajaran di SDN Kedungpeluk 2 Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2).
Malmia, W., Makatita, S. H., Lisaholit, S., Azwan, A., Magfirah, I., Tinggapi, H., Chairul, M., & Umanailo, B. (2019). Problem-Based Learning As An Effort To Improve Student Learning Outcomes. Problem-Based Learning As An Effort To Improve Student
Learning Outcomes, 8(9).
Matthew, C. K., & Widjaja, Y. (2022). Hubungan Antara Burnout dengan Academic Procrastination pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Tahap Akademik. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6). https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9515
Maulina, B., & Sari, R. D. (2018). Derajat Stres Mahasiswa Baru Fakultas Kedokteran Ditinjau Dari Tingkat Penyesuaian Diri Terhadap Tuntutan Akademik. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling, 4(1). https://doi.org/10.26858/jpkk.v4i1.4753
Muhlisa, N., & Nur’aeni. (2021). Hubungan Antara Strategi Coping Dengan Resiliensi Akademik Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran. Psimphoni, 1(2).
Noviyanti, W. D. (2021). Strategi Coping Stress Pada Mahasiswa Baru Fakultas Kedokteran Dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Medika Hutama, 3(1). https://jurnalmedikahutama.com/index.php/JMH/article/view/341
Nugroho, R. A. (2020). Hubungan Stres dengan Burnout Mahasiswa yang Sedang Mehadapi Tugas Skripsi Online Pada Mahasiswa di Universitas Islam Riau Pekanbaru. Universitas Islam Riau Pekanbaru.
Rahayu, M. N. M., & Arianti, R. (2020). Penyesuaian Mahasiswa Tahun Pertama Di Perguruan Tinggi: Studi Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Uksw. Jurnal Psikologi Sains & Profesi, 4(2). https://doi.org/10.24198/jpsp.v4i2.26681
Rahmayani, R. D., Liza, R. G., & Syah, N. A. (2019). Gambaran Tingkat Stres Berdasarkan Stressor pada Mahasiswa Kedokteran Tahun Pertama Program Studi Profesi Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Angkatan 2017. Jurnal Kesehatan Andalas, 8(1). https://doi.org/10.25077/jka.v8i1.977
Redityani, N. L. P. A., & Susilawati, L. K. P. A. (2021). Peran resiliensi dan dukungan sosial terhadap burnout pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Jurnal Psikologi Udayana, 8(1). https://doi.org/10.24843/JPU.2021.v08.i01.p09
Sekh, H. H., Novitasari, A., & Romadhoni. (2022). Gambaran Stres Pada Mahasiswa Tahun Pertama Di Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Semarang. Universitas Muhamadiyah Semarang.
Wijanarko, E., & Syafiq, M. (2013). Studi Fenomenologi Pengalaman Penyesuaian Diri Mahasiswa Papua Di Surabaya. Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan, 3(2). https://doi.org/10.26740/jptt.v3n2.p79-92
Winata, B. (2022). Hubungan stres akademik dengan kejenuhan akademik pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Pelita Harapan selama pandemic covid-19.
Wistarini, N. N. I. P., & Marheni, A. (2018). Peran dukungan sosial keluarga dan efikasi diri terhadap stres akademik mahasiswa baru Fakultas Kedokteran Universitas Udayana angkatan 2018. Jurnal Harian Regional.
Yusriyyah, S. (2020). Hubungan Stres Akademik Dengan Academic Burnout Pada Mahasiswa Program Studi Sarjana Keperawatan Universitas Bhakti Kencana. Bhakti Kencana University
Journal Psikologi Tabularasa has been indexing:
Journal Psikologi Tabularasa has been tools:
Jurnal Psikologi Tabularasa Faculty of Psychology Mailing Address: Address: Jl. Terusan Raya Dieng No. 62-64, Malang, Indonesia, 65146 Phone/Fax: +62341-568395 ext. 821 Email: [email protected]
|