Hubungan regulasi emosi dan efikasi diri pada guru pendamping di sekolah Inklusif Padang

Rozi Sastra Purna, Weno Pratama, Yoszya Silawati, Fitri Angraini

Abstract


ABSTRACT Inclusive education is a form of innovative and strategical education to extend educational access for every child with special needs, especially for children with disabilities. The aim of this research is to know the relationship between emotion regulation and self-efficacy on shadow teachers at the inclusive school, Padang. The method that is used in this research is quantitative method which is kind of correlational research. The instrument research is using a questionnaire which form of Likert scale based on the indicator each variable. The research participants are special caregiver needs teachers at inclusive school in Padang which amounts to 50 people. They are consisting of 6 males and 44 females. The method for obtaining the sample is using the total population technic sampling. The result of research is pointing out there is a relationship between emotion regulation and self-efficacy on special caregiver needs teachers at inclusive school in Padang, with the coefficient values about 0.421.

ABSTRACT

Pendidikan inklusi adalah salah satu bentuk pendidikan yang inovatif dan strategis untuk memperluas akses pendidikan bagi seluruh anak dengan kebutuhan khusus, terlebih untuk anak dengan disabilitas.. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui hubungan antara regulasi emosi dengan efikasi diri pada guru pendamping khusus di sekolah inklusi Kota Padang. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif yang termasuk pada penelitian korelasional. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa kuesioner dalam bentuk skala likert yang berdasarkan pada indikator masingmasing variabel. Partisipan dari penelitian ini adalah para guru pendamping berkebutuhan khusus di sekolah inklusi Kota Padang dengan jumlah 50 orang yang terdiri atas 6 laki-laki dan 44 perempuan. Metode yang digunakan untuk memperoleh sampel penelitian adalah dengan teknik sampling total populasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara regulasi emosi dengan efikasi diri pada guru pendamping berkebutuhan khusus di sekolah inklusi Kota Padang dengan nilai koefisien sebesar 0.421.


Keywords


Emotion regulation, self-efficacy, shadow teacher

Full Text:

PDF

References


Ariani, N. W. T. (2021). Peran efikasi guru dalam pendidikan anak usia dini. Jurnal pendidikan anak usia dini, 6(1).

Bandura, A. (1977). Self eficacy: toward a unifying of behavioral change. Psychological Review, 84(2), 191–215.

Bandura, A., Caprara, G. V., Barbaranelli, C., Gerbino, M., & Pastorelli, C. (2003). Role of affective selfregulatory. Child Dev.74(3):769-82.

Bandura, A. 1997. Self efficacy the exercise of control. New York: W.H Freeman and Company.

Bandura, A. 1994. Self efficacy. New York: Academic Press. Diakses

http://www.des.emory.edu/mfp/BAndura1994EHB.pdf

Chang, M. L., & Taxer, J. (2020). Teacher emotion regulation strategies in response to classroom misbehavior, Teachers and Teaching, DOI: 10.1080/13540602.2020.1740198

Depdiknas. (2007). Pedoman khusus penyelenggaraan pendidikan inklusif tentang pengadaan dan pembinaan tenaga pendidik. Direktorat Pembinaan Luar Biasa.

Erianti, E. S. (2017). Hubungan antara regulasi emosi dan motivasi mengajar pada guru sekolah luar biasa (SLB)di Kota Malang. Universitas Negeri Malang.

Fahriyani, A., Sitasari, N. W., & Safitri, S. (2020)“Hubungan Regulasi Emosi Dengan Self Efficacy Pada Guru SLB Negeri Pemalang.” JCA of Psychology1. https://jca.esaunggul.ac.id/index.php/jpsy/article/view/44

Gross, J. J. (Ed.). (2007). Handbook of emotion regulation. New York: Guilford Gross, J. J., & John, O. P. (2003). Individual differences in two emotion regulation processes: implications for affect, relationships, and well-being. Journal of personality and social psychology, 85(2), 348.

Gross, J. J., & Thompson, R. A. (2007). Emotion regulation: Conceptual foundations. In J. J. Gross (Ed.), Handbook of emotion regulation (pp. 3–24). New York: Guilford Press.

Gross, J. J., Richards, J. M., & John, O. P. (2006). Emotion regulation in everyday life. In D. K. Snyder, J. A. Simpson, & J. N. Hughes (Eds.), Emotion regulation in families: Pathways to dysfunction and health (pp. 13–35). Washington DC: American Psychological Association.

Gross, J. J., Richards, J. M., & John, O. P. (2006). Emotion regulation in everyday life. In D. K. Snyder, J. A. Simpson, & J. N. Hughes (Eds.), Emotion regulation in families: Pathways to dysfunction and health (pp. 13–35). Washington, DC: American Psychological Association.

Gross, J.J. & Thompson, R,A (2006). Emotion Regulation: Conceptual Foundations. In J. J. Gross (Ed.), Handbook of emotion regulation. New York: Guilford Press

Hakim, L., & Sholichah, I. F. (2022). Pengaruh regulasi emosi terhadap efikasi diri karyawan. Jurnal pendidikan dan konseling, 4(5), 3609–3615.

Iswandia., D. A. (2017). Peran shadow teacher dalam layanan khusus kelas inklusi di SDN Percobaan I kota Malang, Program Studi PGSD. Universitas Negeri Malang

Karaben, G. A., & Kustanti, E. R. (2020). Hubungan antara regulasi emosi dengan perilaku prososial guru di SLB negeri Semarang. Jurnal Empati 9(4). 294– 99

Khaerunnisa, S. H., Hakim, L., & Erliana, Y. D .(2019). Regulasi emosi guru pendamping anak berkebutuhan khusus. No. 1: 7–14. http://Jurnal.Uts.Ac.Id/Index.Php/PSIMAWA2

Khairiyah, R. M. (2014). Perbedaan Efikasi Diri Guru Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Pendidikan Inklusi Ditinjau Dari Lama Mengajar dan Latar Belakang Pendidikan Di Kecamatan Grabag. UIN Semarang.

Mayangsari, E., & Ranakusuma, O. I. (2014). Hubungan regulasi emosi dan kecemasan pada petugas penyidik Polri dan penyidik PNS. Jurnal Psikogenesis, 3(1), 18.

Muyasarotun, S. (2014). Hubungan Antara Kecerdasan Emosi Dan Pengetahuan Tentang ABK Dengan Kompetensi Guru Di Sekolah Inklusif. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Purwanto, N. (2004). Psikologi Pendidikan. Rosda Karya.

Rachmawaty, F. (2015). Konseling kelompok untuk mengurangi simptom stres pada guru pendamping anak berkebutuhan. Jurnal Psikologi Tabularasa, 10(2), 129–144

Rahayu, D. P., & Fauziah, N. (2019). Hubungan antara regulasi emosi dengan burnout pada perawat rawat inap Rumah Sakit Daerah (RSJD) Dr Amino Ghondohutomo Semarang. Jurnal Empati, 8(2), 19–25.

Restina, A. Z., & Mardiawan, O. (2017). Studi deskriptif mengenai regulasi emosi pada guru slb abcd x kota bandung. Prosiding psikologi, 1(4), 48–52.

Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2008). Essentials of organizational behavior (9th ed). Pearson Prentice Hall.

Skjorten, M. D., & Johnsen, B. H. , (2003). Tugas dan Peranan Guru Pendamping atau Shadow Teacher

Surtika, D. R. (2017). Pengaruh Pelatihan Efikasi Diri Sebagai Pendidik Terhadap Penurunan Burnout Pada Guru Di Sekolah Inklusi. Jurnal Kajian Penelitian dan Pendidikan dan Pembelajaran, 1(2).

Sutanti, S. (2011). Hubungan antara kompetensi guru dan kemampuan regulasi emosi dengan perilaku agresi guru di SMK Karya Nugraha Boyolali. Universitas Sebelas Maret.

Thompson, R. A. (1994). Emotional Regulation: A theme in search of definition. Mograps of the society for research in child development, 59(2).

Widiasworo, E. (2018). Cerdas pengelolaan kelas. Diva Press.

Valente, S., & Lourenço A. A. (2020) Conflict in the Classroom: How Teachers’ Emotional Intelligence Influences Conflict Management. Front. Educ. 5:5. doi: 10.3389/feduc.2020.00005

Wulan, D. K., & Sari, N. (2015). Regulasi emosi dan burnout pada guru honorer sekolah dasar swasta menengah ke bawah. Jurnal Penelitian dan Pengukuran Psikologi: JPPP, 4(2), 74-82.

Yusuf, M. (2014). Manajemen Sekolah Berbasis Pendidikan Inklusif. Tiga Serangkai.

Zakia, D. L. (2015). Guru pendamping khusus (GPK): Pilar pendidikan inklusi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan “Meretas Sukses Publikasi Ilmiah Bidang Pendidikan Jurnal Bereputasi,” 110–116




DOI: https://doi.org/10.26905/jpt.v19i1.12931

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Psikologi Tabularasa has been indexing:


Journal Psikologi Tabularasa has been tools:



Jurnal Psikologi Tabularasa

Faculty of Psychology

Mailing Address:

Address: Jl. Terusan Raya Dieng No. 62-64, Malang, Indonesia, 65146
Phone/Fax: +62341-568395 ext. 821
Email: tabularasa.psikologi@unmer.ac.id