The impact of social stigma and adaptation strategies on adolescents with intellectual disabilities at Kinasih Inclusive Disability House
DOI:
https://doi.org/10.26905/jpt.v19i2.13055Keywords:
Inclusion house, intellectual disability, impact, social stigma, strategyAbstract
ABSTRACT
The impact of a significantly low level of intelligence causes a person with an intellectual disability to be socially stigmatized. This social stigma causes the accessibility of people with intellectual disabilities to be limited. This difficulty in accessing various things makes people with disabilities even more helpless. Therefore, our research has an in-depth focus on the social stigma attached to people with intellectual disabilities and the impacts caused as well as strategies to deal with existing social stigma. This research uses a qualitative approach with a case study method. The location of this research is located at Rumah Difabel Inklusi MT Haryono, Semarang. The informants in this study are 2 parents of 3 children with intellectual disabilities and administrators from the Inclusive Disability House. The social stigma obtained by adolescents with intellectual disabilities in the form of labeling, separation, and discrimination that has a negative impact on adolescents with intellectual disabilities. the impact encourages adaptive behavior by using various adaptation strategies. the main is the creation of an inclusive community. Adolescents with intellectual disabilities get social stigma in various forms, social stigma has an impact on the lives of adolescents with intellectual disabilities and their parents who are also affected by existing social stigma. This impact encourages them to carry out adaptation strategies that begin with self-acceptance, education, and forming inclusive communities. These efforts have a positive influence on the development of adolescents with intellectual disabilities.
ABSTRACT
Dampak dari tingkat intelegensi yang rendah secara signifikan menyebabkan seseorang dengan disabilitas intelektual mendapatkan stigma sosial. Stigma sosial tersebut menyebabkan aksesibilitas penyandang disabilitas intelektual menjadi terbatas. Kesulitan dalam mengakses berbagai hal ini yang menjadikan penyandang disabilitas semakin tidak berdaya. Maka dari itu, penelitian kami memiliki fokus mendalam pada stigma sosial yang melekat pada penyandang disabilitas intelektual dan dampak yang ditimbulkan serta strategi menghadapi stigma sosial yang ada. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Lokasi penelitian ini terletak di Rumah Difabel Inklusi MT Haryono, Semarang. Informan dalam penelitian kali ini adalah 2 orang tua dari 3 anak disabilitas intelektual dan pengurus dari Rumah Difabel Inklusi. Stigma sosial yang didapatkan remaja disabilitas intelektual berupa pelabelan, pemisahan, dan diskriminasi yang memberikan dampak negatif pada remaja disabilitas intelektual. Dampak tersebut mendorong perilaku adaptif dengan menggunakan berbagai strategi adaptasi. Utamanya adalah diciptakannya komunitas inklusi Remaja penyandang disabilitas intelektual mendapatkan stigma sosial dalam berbagai bentuk, stigma sosial memberi dampak pada kehidupan anak remaja disabilitas intelektual beserta orangtua mereka yang ikut serta terkena dampak stigma sosial yang ada. Dampak tersebut mendorong mereka melakukan strategi adaptasi yang diawali dengan penerimaan diri, edukasi, dan membentuk komunitas inklusi. Upaya-upaya tersebut memberikan pengaruh positif pada perkembangan remaja disabilitas intelektual.
References
Ambarwati, D. (2020). Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (Disabilitas Intelektual) Di Kelas Iii Sd Qaryah Thayyibah Purwokerto Skripsi.
Badan Pusat Statistik. (2022). Jumlah Penduduk Berumur 5 Tahun ke Atas menurut Kelompok Umur, Daerah Perkotaan/Perdesaan, Jenis Kelamin, dan Tingkat Kesulitan Berpikir/Belajar, INDONESIA, 2022.
Cahyani, R. A. (2015). Penerimaan Diri Ibu Dengan Anak Berkebutuhan Khusus Di Mojokerto.
Diannita, A., Salsabela, F., Wijiati, L., Margaretha, A., & Putri, S. (2023). Pengaruh Bullying terhadap Pelajar pada Tingkat Sekolah Menengah Pertama. Journal of Education Research, 4(1). https://doi.org/10.37985/jer.v4i1.117
Dinas Kesehatan Daerah Istimewa Yogyakarta. (2019). Yuk Mengenal Penyandang Disabilitas Lebih Dekat (bagian 1).
Handayani, P., & Pratami, E. V. (2020). Gambaran Proses Penerimaan Diri Ibu Dengan Anak Down Sindrome. Jurnal Perkotaan, 12(1), 67–85.
Idhartono, A. R., & Hidayati, N. (2024). Dinamika Subjective Well-Being dan Resiliensi Orang Tua Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1). https://jurnaldidaktika.org
Jauhari, A. (2017). PENDIDIKAN INKLUSI SEBAGAI ALTERNATIF SOLUSI MENGATASI PERMASALAHAN SOSIAL ANAK PENYANDANG DISABILITAS. Jurnal IJTIMAIYA, 1(1), 23–39.
Katuruni, I. R., Praptiwi, R. N., Untari, S. I., Rahmi, I., & Ariyanti, T. D. (2022). Entrepreneurial assistance for down syndrome children and caregivers in the DSI community. Community Empowerment, 7(12), 2168–2174. https://doi.org/10.31603/ce.8138
Kristiyanti, E. (2019). Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif bagi Penyandang Disabilitas Intelektual: Studi Kasus di DKI Jakarta. Indonesian Journal of Religion and Society, 01(01), 66–79. www.journal.lasigo.org/index.php/IJRS
Kurniawati, D. K. (2022). Perjuangan Perempuan Kepala Keluarga dalam Menghadapi Stigma Sosial: Studi Kasus Perempuan Penjual Ikan Bakar. Jurnal Wanita Dan Keluarga, 3(2), 77–89. https://doi.org/10.22146/jwk.5811
Mediani, H. S., Hendrawati, S., & Fatimah, S. (2022). Kualitas Hidup Anak dengan Retardasi Mental. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2626–2641. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2286
Munauwarah, R., Zahra, A., Supandi, M., Restiany, R. A., & Afrizal, D. (2021). Pendidikan Inklusi Solusi Utama Untuk Anak Penyandang Disabilitas. YASIN/ : Jurnal Pendidikan Dan Sosial Budaya, 1(1), 121–133. https://ejournal.yasin-alsys.org/index.php/yasin
Munggono. (2017). Eksistensi Disabilitas Intelektual dalam Produktivitas Ekonomi Kampung Tunagrahita (Studi Kasus Pada Kampung Tunagrahita Di Dusun Tanggungrejo, Desa Karangpatihan, Kecamatan Balong, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur). JIKE, 1(1), 37–49.
Nasir, S. A., & Jayadi, A. (2021). Penerapan Hak Aksesibilitas bagi Penyandang Disabilitas Perspektif Hukum Positif dan Hukum Islam di Kota Makassar.
Nisa, U. (2018). Stigma Disabilitas Dalam Perspektif Orang Tua Anak Difabel Di Yogyakarta. https://doi.org/10.14421/ijds.080106
Nugraha, D. A., & Subroto, M. (2023). Pemenuhan Hak bagi Narapidana Kelompok Rentan Khusus Disabilitas. Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial, Dan Sains, 12(02), 103–105.
Pahleviannur, M. R., Saputra, D. N., Sinthania, D., Bano, V. O., Susanto, E. E., Amruddin, Lisya, M., Grave, A. De, Mardiano, D., Hafrida, L., Mahardhani, A. J., Alam, M. D. S., & Ahyar, D. B. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif (F. Sukmawati, Ed.; 1st ed.).
Pradana, I., & Widiyahseno, B. (2022). Potret Masyarakat Miskin Penyandang Disabilitas Di PonorogO: Penyebab Dan Solusi Kebijakan Pemerintah. Jurnal Ilmu Pemerintahan Suara Khatulistiwa (JIPSK), 7(01), 72–82.
Rakhmania, A. (2019). ORANGTUA ANAK TUNAGRAHITA DALAM MEMAKNAI STIGMA MASYARAKAT KEPADA ANAK (Studi Mengenai Pemaknaan Orangtua Anak Tunagrahita Dalam Memaknai Stigma Masyarakat yang Diberikan Pada Anak).
Ramadhani, A. F., & Rahmandani, A. (2019). Pengalaman Pengasuhan Single Mother Yang Memiliki Anak Disabilitas Intelektual (Studi Interpretative Phenomenological Analysis). Jurnal Empati, 8(1), 151–160.
Resnawaty, R., Darwis, R. S., & Riana, A. W. (2019). Pengetahuan Dan Kesadaran Masyarakat Mengenai Pemenuhan Hak Anak Dengan Disabilitas Di Kabupaten Bandung Barat. Share: Social Work Jurnal, 9(1), 66–74. https://doi.org/10.24198/share.v9i1.20213
Sari, N. N., Abida, F. N., Azizah, N., & Ananda, K. S. (2022). Eksklusi sosial penyandang disabilitas terhadap mata pencaharian di Kecamatan Wlingi (studi kasus pada penyandang disabilitas di Kecamatan Wlingi). Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial (JIHI3S), 2(10), 972–982. https://doi.org/10.17977/um063v2i102022p972-982
Siregar, P. C. A. Z., & Sahrul, M. (2023). Upaya Psbg Belaian Kasih Dalam Menumbuhkan Kemandirian Anak Disabilitas Intelektual Melalui Pelatihan Activity Daily Living (ADL).
Supanji, T. H. (2023). Pemerintah Penuhi Hak Penyandang Disabilitas di Indonesia. KEMENKO PMK. https://www.kemenkopmk.go.id/pemerintah-penuhi-hak penyandangdisabilitas-di indonesia#:~:text=Saat%20ini%2C%20jumlah%20penyandang%20disabilitas,disabilitas%20terbanyak%20pada%20usia%20lanju
Widhiati, R. S. A., Malihah, E., & Sardin, S. (2022). Dukungan Sosial dan Strategi Menghadapi Stigma Negatif Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Pendidikan. 2 Jurnal Paedagogy, 9(4), 846. https://doi.org/10.33394/jp.v9i4.561
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.