Dinamika Dukungan Sosial pada Prestasi Siswa Sekolah Dasar Berbasis Pendekatan Indigenous Psychology

Authors

  • Moersito Wimbo Wibowo Fakultas Ilmu Sosial dan Budaya, Universitas Gajayana Malang
  • Dwi Yulis Susanto Fakultas Ilmu Sosial dan Budaya, Universitas Gajayana Malang

DOI:

https://doi.org/10.26905/jpt.v9i1.230

Keywords:

indigenous psychology, dukungan sosial, prestasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan eksplorasi kontribusi dukungan sosial terhadap prestasi siswa Sekolah Dasar (SD). Penelitian ini menggunakan pendekatan indigenous psychology dengan metode survey kualitatif. Teknik pengambilan data menggunakan open ended questionnaire. Total responden 250 partisipan siswa SD, rentang usia antara 10-12 tahun. Data hasil penelitian diolah dengan proses kategorisasi content analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kontribusi dukungan sosial dari keluarga lebih berperan terhadap pencapaian prestasi pada subjek SD (86,4%), dibandingkan kontribusi dukungan sosial yang diterima dari guru (6,4%) dan teman (4%). Besarnya kontribusi dukungan sosial secara langsung terhadap pencapaian prestasi tidak terlepas dari bentuk dukungan yang diterima oleh subjek. Bentuk dukungan emosional (44,4%) merupakan frekuensi bentuk dukungan sosial yang paling tinggi diterima subjek siswa SD dari sumber dukungan sosial yang mereka miliki yang diikuti bentuk dukungan spiritual (18,8%), dukungan relasional (16,0%), dukungan informasional (12,4%), dukungan material (5,2%) dan dukungan temporal (3,2%).

Downloads