Dinamika Dukungan Sosial pada Prestasi Siswa Sekolah Dasar Berbasis Pendekatan Indigenous Psychology
DOI:
https://doi.org/10.26905/jpt.v9i1.230Keywords:
indigenous psychology, dukungan sosial, prestasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk melakukan eksplorasi kontribusi dukungan sosial terhadap prestasi siswa Sekolah Dasar (SD). Penelitian ini menggunakan pendekatan indigenous psychology dengan metode survey kualitatif. Teknik pengambilan data menggunakan open ended questionnaire. Total responden 250 partisipan siswa SD, rentang usia antara 10-12 tahun. Data hasil penelitian diolah dengan proses kategorisasi content analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kontribusi dukungan sosial dari keluarga lebih berperan terhadap pencapaian prestasi pada subjek SD (86,4%), dibandingkan kontribusi dukungan sosial yang diterima dari guru (6,4%) dan teman (4%). Besarnya kontribusi dukungan sosial secara langsung terhadap pencapaian prestasi tidak terlepas dari bentuk dukungan yang diterima oleh subjek. Bentuk dukungan emosional (44,4%) merupakan frekuensi bentuk dukungan sosial yang paling tinggi diterima subjek siswa SD dari sumber dukungan sosial yang mereka miliki yang diikuti bentuk dukungan spiritual (18,8%), dukungan relasional (16,0%), dukungan informasional (12,4%), dukungan material (5,2%) dan dukungan temporal (3,2%).
Downloads
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.