Pengaruh kejenuhan dalam pembelajaran e-learning terhadap prokrastinasi akademik pada siswa kelas tinggi SD Tunas Harapan Malang di era new normal

Vena Puspita Maharani

Abstract


During the pandemic, people entered thye new normal era. This affects the learning process that is transferred online or e-learning. In the application of online learning, high-grade students at SD Tunas Harapan Malang, which are classified as 3T schools (Lagging, Frontier, and Outermost), are prone to experiencing academic procrastination which can be caused by boredom in learning. The purpose of this study was to determine the effect of learning saturation on academic procrastination by using quantitative methods and psychological scales, namely questionnaires. The sample of this research is the high-grade students of SD Tunas Harapan Malang. The sampling technique used  is the saturation sampling technique and the research hypothesis analysis, namely simple linear regression correlation using the SPSS 20 program. The results showed the there was an effect of 31,5% learning saturation on academic procrastination and another 68,5% influenced by other factors. The influence between the variables X and Y is positive. This indicates that the higher students learning saturation, the higher occurrence of academic procrastination.

 

Masa pandemi membuat masyarakat memasuki era new normal. Hal ini mempengaruhi proses pembelajaran yang dialihkan secara online atau e-learning. Pada penerapan pembelajaran online, siswa kelas tinggi di SD Tunas Harapan Malang yang tergolong sekolah 3T (Tertinggal, Terdepan dan Terluar),  rentan mengalami prokrastinasi akademik yang dapat disebabkan oleh kejenuhan belajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kejenuhan belajar terhadap prokrastinasi akademik dengan menggunakan metode kuantitatif dan skala psikologi yaitu kuosioner. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas tinggi SD Tunas Harapan Malang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yakni teknik sampling jenuh dan analisis hipotesis penelitian yaitu korelasi regresi linier sederhana dengan menggunakan program SPSS 20. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh sebesar 31,5% kejenuhan belajar terhadap prokrastinasi akademik dan 68,5% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain. Pengaruh antara variabel X dan Y bersifat positif. Hal ini mengindikasikan bahwa semakin tinggi kejenuhan belajar siswa maka semakin tinggi terjadinya prokrastinasi akademik.


Keywords


E-learning; 3T elementary school; Learning saturation; Academic procrastination

Full Text:

PDF

References


A.A.A. Dewi, Tience. (2013). Hubungan Kelekatan Orangtua-Remaja dengan Kemandirian pada Remaja di SMKN 1 Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana, I, 181-189.

Aklima, Yuni. Agus. S. Ustadi. A. (n,d). Upaya Mengurangi Prokrastinasi Akademik Melalui Layanan Bimbingan Kelompok (Pada Masa Pandemi Covid-19 di SMA Negeri 1 Muara Batu). Prosiding Pendidikan Profesi Guru, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ahmad Dahlan.

Anesa, dkk. (2018). Finding Host –Based Mathematical Learning in Elementary School Students. SHEs: Conference Series 1 (1) (2018) 30-37.

Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi Edisi 2. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Azwar, S. (2015). Sikap Manusia: teori dan pengukurannya. Yogyakarta:pustaka pelajar.

Balkis, M. (2013). "Academic Procrastination, Academic Life Satisfaction And Academic Achievement: The Mediation Role Of Rational Beliefs About Studying." Journal of Cognitive and Behavioral Psychotherapies 13(1): 57-74.

Cahyani, I Gusti Ayu Regita.M. (2019). Pengaruh Pendidikan Kesehatan dengan media Flip Chart terhadap Kesiapsiagaan Ibu dalam Menghadapi Kegawatdaruratan Kejadian Luar Biasa (KLB) Keracunan Pangan do Banjar Mudita desa Sukawati. Skripsi. Denpasar: Jurusan Keperawatan. Denpasar.

Carsel, H. S. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan dan Pendidikan. Yogyakarta: Penebar Media Pustaka.

Ferrari dan McCown. 1995. Procrastination and Task Avoidance: Theory, Research and Treatment. Plenum Press. New York.

Ibrahim, A. A. (2018). Metodologi Penelitian. (M. M. Dr. H. Ilyas Ismail, Ed.) Makassar: Gunadarma Ilmu.

Khaira. (2018). Penerapan Teknik Self Instruction untuk Mengurangi Kejenuhan Belajar Siswa Kelas II pada Mas Darul Ulum Banda Aceh. Skripsi. Prodi Bimbingan dan Konseling, Universitas Islam Negeri Ar-raniry Banda Aceh.

Kim, K. R., & Seo, E. H. (2015). The relationship between procrastination and academic performance: A meta-analysis. Personality and Individual Differences, 82, 26–33. http://dx.doi.org/10.1016/j.paid.2015.02.038

Moore, J., L, Dickson-Deane, C., & Galyen, K. 2011. E-Learning, online learning, and distance learning environments: Are they same? Internet and higher education. https://doi.org/10.1016/jiheduc.2010.10.001.

Rozzaqyah, Fadhlina. (2021). Hubungan Kejenuhan Belajar dalam Jaringan dengan Prokrastinasi Akademik. Jurnal Konseling Komprehensif: Kajian Teori dan Praktik Bimbingan dan Konseling, 8, 8-17.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.26905/jpt.v17i1.8076

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Psikologi Tabularasa has been indexing:


Journal Psikologi Tabularasa has been tools:



Jurnal Psikologi Tabularasa

Faculty of Psychology

Mailing Address:

Address: Jl. Terusan Raya Dieng No. 62-64, Malang, Indonesia, 65146
Phone/Fax: +62341-568395 ext. 821
Email: tabularasa.psikologi@unmer.ac.id