Hubungan efikasi diri (self efficacy) dengan prokrastinasi akademik dalam penyelesaian skripsi pada mahasiswa

Yana Anggita Venanda

Abstract


The covid 19 pandemic conditions have had a lot of impacts on the world of education, one of which has caused a delay in the final thesis hearing and led to a setback in graduation time. In psychology, deliberately delaying the completion of a task is called procrastination. Self-efficacy is viewed as one of the factors able to predict the tendency of academic procrastination. This reseacher has to understand corelation of self-efficacy and academic procrastination in the completion of thesis in students. The sample was 99 students of the Faculty of Psychology, in a private University Malang who are active in the odd semester thesis program for the academic year 2020/2021. The measuring instrument used in this study was the academic procrastination (validity of 0.308-0.638) and the self-efficacy scale (validity of 0.311-0.697). A hypothetical processed with the product moment technique and results coefficients of correlation of -0.367, p value of 0.000 (p <0.05). It means that there is a significant negative corelation  between self-efficacy and academic procrastination in the completion of thesis in students. It is interpreted that the higher the level of self-efficacy in students, the lower the tendency for the emergence of academic procrastination behavior in the completion of the thesis, and vice versa.

 

Covid 19 berdampak bagi dunia pendidikan, salah satunya penundaan pelaksaaan sidang akhir skripsi dan menyebabkan kemunduran waktu kelulusan. Dalam psikologi, sengaja menunda penyelesaian tugas akademik disebut prokrastinasi akademik. Efikasi diri dipandang sebagai salah satu faktor yang mampu memprediksi kecenderungan prokrastinasi akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara efikasi diri dengan prokrastinasi akademik dalam penyelesaian skripsi pada mahasiswa. Sampel penelitian 99 mahasiswa/i Fakultas Psikologi salah satu Universitas Swasta di Kota Malang aktif program skripsi semester ganjil tahun akademik 2020/2021. Alat ukur berupa skala prokrastinasi akademik (validitas 0,308 - 0,638) dan skala efikasi diri (validitas 0,311 - 0,697). Uji hipotesa rumus product moment menghasilkan koefisien korelasi -0,367 dengan p value 0,000 (p<0,05). Bermakna bahwa terdapat hubungan negatif secara signifikan antara efikasi diri dengan prokrastinasi akademik dalam penyelesaian skripsi pada mahasiswa. Diinterpretasikan semakin tinggi tingkat efikasi diri pada mahasiswa/i maka semakin rendah kecenderungan munculnya perilaku prokrastinasi akademik dalam penyelesaian skripsi, dan sebaliknya.


Keywords


Academic procrastination; Self efficacy; Student; Thesis

Full Text:

PDF

References


Aini., A., N., & Mahardayani., I., H. (2011). Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Prokrastinasi Dalam Penyelesaian Skripsi Pada Mahasiswa Universitas Muria Kudus. Jurnal Psikologi Pitutur, Vol 01, (02), 65-71.

Aji., R., H., S. (2020). Dampak Covid-19 Pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM (Jurnal Sosial & Budaya Syar-i), Vol. 07, (05), 395-402.

Asmawan., M. (2016). Analisis Kesulitan Mahasiswa Menyelesaikan Skripsi. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, Vol. 26, (02), 51-57.

Artaya., I., P. (2019). Metode Pengundian Simple Random Sampling. Diakses pada 15 April 2020, dari https://www.researchgate.net/publication/330349391_METODE_PENGUNDIAN_Simple_Random_Sampling

Ayu., E., D. (2020). Analisis Kesulitan Mahasiswa Program Pendidikan Biologi Fakultas FKIP UMS Dalam Penulisan Skripsi Selama Pandemi Covid-19 Tahun Akademik 2019/2020 (Skripsi). Surakarta: Prodi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta. Diakses pada 15 Desember 2020, dari http://eprints.ums.ac.id/84998/13/NASKAH%20PUBLIKASI.pdf

Azwar, S. (2017). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Catrunada., L. (2008). Perbedaan Kecenderungan Prokrastinasi Tugas Skripsi Berdasarkan Tipe Kepribadian Introvert dan Ekstrovert (skripsi). Depok: Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma. Diakses dari http://publication.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/1889/1/Artikel_10503104.pdf

Dayne., N., Hirabasyhi., K., Seli., H., & Reidobolt., W. (2016). The Examination of Academic Self Efficacy and Academic Help Seeking Taking an on Campus or Online General Education Course in Family and Consumser Sciences. Journal of Family and Consumer Sciences Education, Vol. 33, (02), 13-24.

Djalali., M., A & Sandra., K., I. (2013). Manajemen Waktu, Efikasi-Diri Dan Prokrastinasi. Persona (Jurnal Psikologi Indonesia), Vol.02, (03), 217-222.

Dyla, D. F. N., Afni, A., & Rahmi, A. R. (2020). Psychological Well Being Mahasiswa Dalam Menjalani Kuliah Daring Untuk Mencegah Penyebaran Virus Corona (Studi terhadap Mahasiswa Bimbingan Konseling Islam UIN Imam Bonjol Padang). Al Irsyad: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, Vol. 11, (01), 15–24.

Fajriyati., M. (2019). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, dan Struktur Modal Terhadap Nilai Peusahaan (Studi Kasus Perusahaan Food and Beverages yang terdaftar di BEI tahun 2014-2018). Semarang: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Walisongo.

Fibrianti, D. (2009). Hubungan Antara Dukungan Sosial Orangtua Dengan Prokrastinasi Akademik Dalam Menyelesaikan Skripsi pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro Semarang (Skripsi). Semarang: Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro. Diakses dari http://www.librarygunadarma.com.

Gunawinata., V., A., R., Nanik., & Lasmono., H., K. (2008). Perfeksionisme, Prokrastinasi Akademik, dan Penyelesaian Skripsi Mahasiswa. Anima Indonesian Psychological Journal, Vol. 23, (03), 256-276.

Halawa., A. (2020). Self Efiicacy Mahasiswa dalam Belajar Pada Masa Pandemi Covid 19 di Stikes William Booth. Jurnal Keperawatan, Vol. 09, (02), 26-32.

Julianda., B., N. (2012). Prokrastinasi Dan Self Efficacy Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Surabaya. Jurnal Calyptra, Vol.01, (01), 1-15.

Kelly, E. (2018). Psikometri (diktat). Malang: Fakultas Psikologi Universitas Merdeka Malang.

Khotimah., R., H., Radjah., C., L., & Handarini., D., M. (2016). Hubungan Antara Konsep Diri Akademik, Efikasi Diri Akademik, Harga Diri dan Prokrastinasi Akademik pada Siswa SMP. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, Vol.01, (02).

Kurniyawati., R. (2012). Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Motivasi Belajar Siswa (naskah publikasi). Surakarta: Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Diakses dari http://eprints.ums.ac.id/21434/11/NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Mona., N. (2020). Konsep Isolasi Dalam Jaringan Sosial Untuk Meminimalisasi Efek Contagious (Kasus Penyebaran Virus Corona DI Indonesia). Jurnal Sosial Humaniora Terapan, Vol. 02, (02).

Muhid., A. (2009). Hubungan Antara Self Control dan Self Efficacy dengan Kecenderungan Perilaku Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Fakultas Dakwah IAIN Sunan Ampel Surabaya. Jurnal Ilmu Dakwah, Vol. 14.

Mukaromah., R., S., Mawo., K., E., F., dan Jamiyanti., A. (2019). Hubungan Self Efiicacy Dengan Perilaku Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Keperawatan Ekstensi Yang Sedang Menyusun Skripsi di STIKes Bhakti Kencana Bandung. Jurnal Medika Cendikia, Vol. 06, (2), 126-136.

Mutar., Q., M., Mohammad., H., M., & Hmmud., S., H., (2020). Academic Achievement and its Relation with Self Efficacy And Academic Adjustment in EFL Class. Internasional Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, Vol. 07, (05), 1-13.

Permana., H., Harahap., F., & Astuti., B. (2016). Hubungan Antara Efikasi Diri dengan Kecemasan Dalam Menghadapi Ujian Pada Siswa Kelas IX Di MTS Al Hikmah Brebes. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam, Vol.13, (02).

Raharjo., S. (2017). Cara Uji Linearitas dengan SPSS Paling Mudah [youtube channel]. Diakses pada 16 Februari 2020, dari https://youtu.be/PKlUiSND9kc.

Rahayu., N. (2013). Hubungan Antara Self Efficacy Dengan Prokrastinasi Akademik Dalam Menyelesaikan Skripsi Pada Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling Angkatan 2008 Universitas Negeri Yogyakarta (Skripsi). Yogyakarta: Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Uiversitas Negeri Yogyakarta. Diakses dari https://core.ac.uk/download/pdf/33512817.pdf pada 8 Oktober 2020.

Rigianti., H., A. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar di Banjarnegara. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, Vol. 07, (02).

RuangSainsPsikologi. (2021). Hipotesa Hubungan Positif dan Negatif Dalam Penelitian Korelasi Psikologi (Part 2). Diakses pada 5 Maret 2021, dari https://www.youtube.com/watch?v=Qf9YG5AMfBI

Sejati., N. P. (2013). Hubungan Efikasi Diri dengan Perilaku Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Angkatan 2010 Universitas Negeri Yogyakarta (skrispi). Yogyakarta: Prodi BK Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidiakn Universitas Negeri Yogyakarta.

Sekaran., U. (2006). Metodelogi Penelitian Untuk Bisnis. Jakarta: Salemba Empat. Diakses pada 19 April 2020, dari http://teorionline.wordpress.com/

Setiawan., H., P., & Faradina., S. (2018). Perfeksionisme Dengan Prokrastinasi Akademik Dalam Penyelesaian Skripsi Pada Mahasiswa Universitas Syiah Kuala. Seurune, Jurnal Psikologi Unsyiah, Vol.01, (02), 20-36.

Seto., S., B., Suryani., L., & Bantas., M., G., D. (2020). Analisis Efikasi Diri dan Hasil Belajar Berbasis E-Learning Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Flores. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, Vol. 01, (02), 147-152 diakses pada 15 April 2021 melalui http://www.uniflor.ac.id/e-journal/index.php/JPM.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian (Kuantitatif, Kualitatif, R&D). Bandung: Alfabeta.

Supriyantini., S., & Nufus., K. (2018). Hubungan Self efficacy dengan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa USU yang Sedang Menyusun Skripsi. Local Wisdom Social Art Conference, Vol. 01, (01), 296-302.

Sutriyono, Riyani, & Prasetya., B., E., A. (2012). Pebedaan Prokrastinasi Akademik Dalam Menyelesaikan Skripsi Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi UKSW Berdasarkan Tipe Kepribadian A Dan B. Satya Widya, Vol 28, (02), 127-135.

Wulan., D., A., N., & Abdullah., S., M. (2014). Prokrastinasi Akademik Dalam Penyelesaian Skripsi. Jurnal Sosio-Humaniora, Vol. 05, (01), 55-74.

Yulianto., E., Cahyani., P., D., & Silvianita., S. (2020). Perbandingan Kehadiran Sosial dalam Pembelajaran Daring Menggunakan Whatsapp groupdan Webinar Zoom Berdasarkan Sudut Pandang Pembelajar Pada Masa Pandemic COVID-19. Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA), Vol. 03, (02), 331-341.

Yuwono., D. (2020). Perbedaan Statistik Parametik dan Statistik Non Parametik. Diakses pada 3 Maret 2021, dari https://statmat.id/statistik-parametrik-dan-statistik-non-parametrik/

Zusya., A., R., & Akmal., S., Z. (2016). Hubungan Self Efficacy Akademik Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Yang Sedang Menyelesaikan Skripsi. Psympathic Jurnal Ilmiah Psikologi, Vol. 3, (02), 191-200.




DOI: https://doi.org/10.26905/jpt.v17i1.8090

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Psikologi Tabularasa has been indexing:


Journal Psikologi Tabularasa has been tools:



Jurnal Psikologi Tabularasa

Faculty of Psychology

Mailing Address:

Address: Jl. Terusan Raya Dieng No. 62-64, Malang, Indonesia, 65146
Phone/Fax: +62341-568395 ext. 821
Email: tabularasa.psikologi@unmer.ac.id