Hubungan antara grit dengan goal setting pada siswa kelas XII

Shofi Royani, Nawang Warsi Wulandari, Dellawaty Supraba

Abstract


Completing education at school for class XII students is a transition to maturity to form the desired integrity, where at this time students are required to determine what goals they want. This study aims to determine the relationship between grit and goal setting in class XII students. The results showed that there was a positive relationship between grit and goal setting in class XII students. The correlation coefficient value obtained is 0.818 with a significant value of 0.000 (p <0.05). The higher the grit that students have, the higher the goal setting ability will be. The lower the grit that students have, the lower the goal setting ability will be. The population in this study were all class XII students in Lamongan Regency. The sampling technique used is the cluster random sampling technique. The research sample involved 111 class XII students in Lamongan Regency. The research method uses a correlational quantitative approach. The measuring instrument used is a grit scale and a goal setting scale.

Menamatkan pendidikan di sekolah bagi siswa kelas XII merupakan suatu transisi menuju kedewasaan untuk membentuk integritas yang didambakannya, dimana pada masa ini siswa dituntut untuk menentukan goal apa yang dikehendakinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara grit dengan goal setting pada siswa kelas XII. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh siswa kelas XII di Kabupaten Lamongan. Teknik sampling yang digunakan yakni teknik cluster random sampling. Sampel penelitian melibatkan 111 siswa kelas XII di Kabupaten Lamongan. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional. Alat ukur yang digunakan menggunakan skala grit dan skala goal setting. Hasil penelitian menunjukkan bahwasannya terdapat hubungan positif antara grit dengan goal setting pada siswa kelas XII. Nilai koefisien korelasi yang didapatkan sebesar 0,818 dengan nilai signifikan 0,000 (p<0,05). Semakin tinggi grit yang dimiliki siswa, maka akan semakin tinggi kemampuan goal setting. Semakin rendah grit yang dimiliki siswa, maka akan semakin rendah kemampuan goal setting.



Keywords


Grit; Goal Setting; Class XII students

Full Text:

PDF

References


Ardis, Nurfaidah., & Mira Aliza. (2021). Grit as a solution for academic stress in students during the covid-19 pandemic: grit sebagai solusi stres akademik pada pelajar di masa pandemik covid-19. Prosiding. Universitas Islam Indonesia Diakses pada tanggal 5 Agustus 2022 dari https://press.umsida.ac.id/

Blanchard, Valerie. (2018). Doctoral program completion: grit, goal-setting, social support. Disertasi. Seton Hall University. Diakses pada tanggal 14 Oktober 2021, dari https://scholarship.shu.edu/dissertations/2552/ .

Duckworth, A.L., Peterson, C., Matthews, M.D., & Kelly, D.R. (2007). Grit: perseverance and passion for long-term goals. Journal of Personality and Social Psychology, 92(6), 1087–1101. Diakses pada tanggal 10 Oktober 2021 dari https://doi.org/10.1037/0022-3514.92.6.1087.

Fadilah, Rizqi. (2017). Hubungan antara efikasi diri dengan orientasi masa depan pada siswa SMA kelas XII di SMAN 1 Comal. Skripsi. Universitas Islam Sultan Agung. Diakses pada tanggal 3 November 2021 dari http://repository.unissula.ac.id/.

Ghozali, Imam. (2013). Aplikasi analisis multivariat dengan program IBM spss. Edisi 7. Semarang: Penerbit Universitas Diponegoro.

Hidayatullah, M.S., M. Abdan Shadiqi. (2020). Diktat konstruksi alat ukur psikologi. Banjarmasin: Universitas Lambung Mangkurat. Diakses pada tanggal 18 April 2022 dari http://ppak.ulm.ac.id/.

Hill, dkk. (2016). Persevering with positivity and purpose: an examination of purpose commitment and positive affect as predictors of grit. Journal Happiness Studies, 17(1), 257-269. Diakses pada tanggal 5 Agustus 2022 dari https://www.semanticscholar.org/.

Intani, F.S., & Endang R.S. (2010). Coping strategy pada mahasiswa salah jurusan. Jurnal Insan, 12(2), 119-126. Diakses pada tanggal 11 Oktober 2021 dari https://www.e-jurnal.com/2013/09/coping-strategy-pada-mahasiswa-salah.html.

Latipah, Eva. (2014). Metode penelitian psikologi. Yogyakarta: Deepublish.

Locke, E.A., & Latham, G.P. (2013). New developments in goal setting and task performance. New York. Diakses pada tanggal 17 Desember 2021 dari https://psycnet.apa.org/record/2013-00428-000.

Lutfianawati, D., Nugraha, R.S.P., & Rachmahana, R.S. (2013). Pengaruh pelatihan goal setting terhadap motivasi belajar bahasa inggris siswa. Jurnal Intervensi Psikologi (JIP), 5(2), 125–138. Diakses pada tanggal 5 November 2021 dari https://journal.uii.ac.id/.

Maghfiroh, N., & Akbar, Z.Y. (2021). The effect of grit and learning motivation on academic procrastination through online learning on students of MTS N 1 Banyumas. Journal Psimphoni, 2(1), 39–47. Diakses pada tanggal 13 Oktober 2021 dari http://dx.doi.org/10.30595/psimphoni.v2i1.11396.

Mamahit, H. C. (2014). Hubungan antara determinasi diri dan kemampuan pengambilan keputusan karir siswa SMA. Journal Psiko-Edukasi, 12(2), 1-11. Diakses pada tanggal 9 Oktober 2021 dari http://ojs.atmajaya.ac.id/.

Mamlu’atuzzakiyah. (2021). Hubungan antara harapan dengan grit (ketangguhan) mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya yang sedang menyelesaikan skripsi di masa pandemi Covid-19. Skripsi. UIN Sunan Ampel. Diakses pada tanggal 26 Mei 2022 dari http://digilib.uinsby.ac.id/.

Masriah, Z. (2018). Persepsi mahasiswa terhadap jurusan di perguruan tinggi dan konsep diri dengan kesesuaian minat memilih jurusan. Anfusina: Journal of Psychology, 1(1), 61-76. Diakses pada tanggal 11 Oktober 2021 dari https://doi.org/10.24042/AJP.V1I1.3639.

Mitchell, Price M. (2018). Goal-setting is linked to higher achievement. Psychology Today. Retrieved October 10, 2021, dari https://www.psychologytoday.com/.

Nuryadi, dkk. (2017). Dasar-dasar statistik penelitian. Yogyakarta: Sibuku Media.

Prabowo, W. (2018). Hubungan student self-efficacy dan persepsi terhadap harapan orang tua dengan pengambilan keputusan menentukan jurusan kuliah pada siswa SMAN 3 Magelang. Skripsi. Diakses pada tanggal 11 Oktober 2021 dari https://digilib.uns.ac.id/.

Putri, Rosalina. (2015). Studi deskriptif mengenai grit pada mahasiswa psikologi. Skripsi. Universitas Islam Bandung. Diakses pada tanggal 14 November 2021 dari http://repository.unisba.ac.id/handle/123456789/4624.

Sanjaya, A. (2019). Hubungan antara goal setting dengan motivasi belajar siswa. Skripsi. UIN Raden Intan Lampung. Bandar Lampung. Diakses pada tanggal 15 Oktober 2021 dari http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/8071.

Santrock, John W. (2012). Life-span development, perkembangan masa-hidup. Jakarta: Erlangga.

Sari, A.A., & Lucia R.M.R. (2019). Nilai Prestasi sebagai Moderator Hubungan Kegigihan dengan Prestasi Akademik. Jurnal Psikologi Teori dan Terapan, 9(2), 91-100. Diakses pada tanggal 15 Maret 2022 dari https://journal.unesa.ac.id/.

Septania, S., & Khairani, K. (2019). Pengaruh grit dan gender dalam pengambilan keputusan karir mahasiswa. TAJDID: Jurnal Ilmu Keislaman dan Ushuluddin, 22(1), 19–27. Diakses pada tanggal 10 Oktober 2021 dari https://doi.org/10.15548/TAJDID.V22I1.279.

Wardana, Amika. (2007). Modul metode penelitian sosial budaya: menggunakan spss dalam penelitian sosial. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. Diakses pada tanggal 18 April 2022 dari http://staffnew.uny.ac.id/.

Widhiarso, Wahyu. (2010). Uji linieritas hubungan. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada. Diakses pada tanggal 5 Agustus 2020 dari https://www.researchgate.net/.

Yunita, I., & Rahayu, A. (2021). Internal locus of control dan konsep diri hubungannya dengan kematangan karir siswa SMA X Bekasi. Ikra-Ith Humaniora : Jurnal Sosial dan Humaniora, 5(1), 1–9. Diakses pada tanggal 15 September 2021 dari https://journals.upi-yai.ac.id/.

Zuldha, Rahma Dina. & Veronica, Anastasia M.K. (2020). Pelatihan daring goal setting dan pengaruhnya terhadap motivasi mahasiswa. Prosiding. Seminar Nasional ADPI Mengabdi Untuk Negeri, 1(1), 204–209. Diakses pada tanggal 15 Oktober 2021 dari https://doi.org/10.47841/ADPI.V1I1.53.




DOI: https://doi.org/10.26905/jpt.v17i2.8661

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Psikologi Tabularasa has been indexing:


Journal Psikologi Tabularasa has been tools:



Jurnal Psikologi Tabularasa

Faculty of Psychology

Mailing Address:

Address: Jl. Terusan Raya Dieng No. 62-64, Malang, Indonesia, 65146
Phone/Fax: +62341-568395 ext. 821
Email: tabularasa.psikologi@unmer.ac.id