Abstract
The success of e-learning is also influenced by the psychological side of students, namely the perception of the e-learning itself. So this study aims to determine the effect of perceptions of e-learning on learning interest in the final students. This research method uses quantitative with the dependent variable (Y) in the form of learning interest and the independent variable (X) namely the perception of e-learning. The sample used is 404 final year students and they are from 2017, data collection using a questionnaire distributed online, the data analysis technique used is simple linear regression analysis. The results of the analysis in this study concluded that the coefficient of determination or effective contribution of the variable perception of e-learning was 17.3% on learning interest. Then it was concluded that there was a significant effect of perception of E-learning on learning interest on final students which indicated that if the perception of e-learning is getting better or higher, it will have an impact on increasing learning interest in final year students.
Keberhasilan pembelajaran e-learning juga dipengaruhi oleh sisi psikologis mahasiswa yaitu persepsi terhadap pembelajaran e-learning tersebut. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi pembelajaran e-learning terhadap minat belajar pada mahasiswa akhir. Metode penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan variabel terikat (Y) berupa minat belajar dan variabel bebas (X) yaitu persepsi pada pembelajaran e-learning. Sampel yang digunakan yaitu 404 orang mahasiswa tingkat akhir dan merupakan angkatan 2017, pengumpulan data menggunakan angket yang disebar secara online, teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linear sederhana. Hasil analisis dalam penelitian ini disimpulkan bahwa nilai koefisien determinasi atau sumbangan efektif dari variabel persepsi pembelajaran e-learning sebesar 17,3% terhadap minat belajar, selanjutnya disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan persepsi pembelajaran E-learning terhadap minat belajar pada mahasiswa akhir yang menandakan bahwa jika persepsi pembelajaran e-learning semakin baik atau semakin tinggi maka akan berdampak pada peningkatan minat belajar mahasiswa tingkat akhir.
Achru, A. P. (2019). Pengembangan minat belajar dalam pembelajaran. Jurnal Idaarah, 3(2), 205–215.
Djaali. (2012). Psikologi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Elyas, A. H. (2018). Penggunaan model pembelajaran e-learning dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Jurnal Warta, 5(6), 1–11.
Gamayanti, W., & Mahardianisa, S. I. (2018). Self disclosure dan tingkat stres pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi psympathic. Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(1), 115–130.
Gerungan, W. (2000). Psikologi sosial. Bandung: Refika Aditama.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi analisis multivariate dengan program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Kompri. (2017). Belajar: Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Yogyakarta: Media Akademi.
Nugraheni, A. R. E., & Dina. (2017). Pengaruh penerapan pembelajaran e-learning terhadap kemandirian dan minat belajar mahasiswa pada mata kuliah wawasan dan kajian MIPA. Edusains, 9(1), 111–116.
PDDikti Kemenristekdikti. (2018). Statistik pendidikan tinggi tahun 2017. Pusdatin Iptek Dikti.
Prayogi, R., Suryatna, U., & Kusumadinata, A. A. (2015). Hubungan komunikasi pembelajaran sistem e-learning dengan motivasi belajar mahasiswa (Kasus Pada SMK Wikrama Kota Bogor). Jurnal Komunikation, 1(2), 99–113.
Rohani, M., & Zulfah. (2021). Persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran e-learning melalui media Google Classroom untuk meningkatkan minat belajar siswa SMP Negeri 1 Kuok. Mathema Journal, 3(1), 44–55.
Rosdianasari, D., Sadeli, D., & Herdhiana, R. (2017). Pengaruh persepsi pada fasilitas belajar terhadap minat belajar mahasiswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ekonomi Akuntansi, 3(2), 195–210.
Sirait, E. D. (2016). Pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar matematika. Jurnal Formatif, 6(1), 35–43.
Solimun, Fernandes, A. A. R., & Nurjannah. (2017). Metode statistika multivariat : Pemodelan Persamaan Struktural (SEM) Pendekatan WarpPLS. UB Press.
Sudiksa, I. M., Divayana, D. G. H., & Warpala, I. W. S. (2015). Pengaruh E-learning dan lingkungan kampus terhadap minat belajar mahasiswa dengan motivasi belajar sebagai variabel mediasi. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 10(2), 86–97.
Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syardiansah. (2016). Hubungan motivasi belajar dan minat belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa mata kuliah pengantar manajemen (Studi kasus mahasiswa tingkat I EKM A semester II). Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 5(1), 440–448.
Wahab, R., & Tjhin, P. (2021). Program remedial dan angka putus studi mahasiswa kedokteran. Jurnal Biomedika dan Kesehatan, 4(2), 50–56.
Walgito, B. (2014). Pengantar psikologi umum. Yogyakarta: Andi Offset.
Journal Psikologi Tabularasa has been indexing:
Journal Psikologi Tabularasa has been tools:
Jurnal Psikologi Tabularasa Faculty of Psychology Mailing Address: Address: Jl. Terusan Raya Dieng No. 62-64, Malang, Indonesia, 65146 Phone/Fax: +62341-568395 ext. 821 Email: [email protected]
|