Dampak Pembangunan Jalan Tol Pekanbaru-Dumai Terhadap Sosial Ekonomi Masyarakat Di Kecamatan Pinggir Kabupaten Bengkalis
DOI:
https://doi.org/10.26905/jrei.v4i2.11006Keywords:
Toll Road, Impact Economic, Impact SocialAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak pembangunan jalan tol Pekanbaru-Dumai terhadap sosial ekonomi masyarakat di Kecamatan pinggir, untuk mengetahui dampak pembangunan jalan tol Pekanbaru-Dumai terhadap pendapatan, pengeluaran dan harga lahan di Kecamatan Pinggir, serta untuk mengetahui dampak pembangunan jalan tol Pekanbaru-Dumai terhadap kondisi sosial masyarakat di Kecamatan Pinggir. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan menggunakan data primer sebagai sumber data yang diperoleh dari wawancara dan kuesioner sebagai Teknik pengumpulan data. Adapun populasi dari penelitian ini mencakup masyarakat yang memiliki yang terdampak baik masyarakat yang memiliki usaha maupun masyarakat yang memiliki pekerjaan lainnya dan sampel yang digunakan yaitu sebanyak 50 responden. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa antara terdapat perbedaan pendapatan masyarakat sebelum adanya pembangunan jalan tol dengan sesudah pembangunan jalan tol. Pada pengeluaran tidak terdapat perbedaan yang signifikan terhadap pengeluaran masyarakat sebelum adanya pembangunan jalan tol dengan sesudah pembangunan jalan tol. Dan terdapat harga lahan sebelum adanya pembangunan jalan tol dengan sesudah pembangunan jalan tolReferences
Afifah, N. F. (2016). Kajian Dampak Pembangunan Ruas Tol Mojokerto-Kertosono Terhadap Keberlangsungan Mata Pencaharian dan Pendapatan Masyarakat Kecamatan Gedeg Kabupaten Mojokerto. Jurnal Swara Bhumi, IV, 81–86.
Arrosyid, F., Geografi, P. S., Geografi, F., & Muhammadiyah, U. (2021). Kabupaten Pemalang ( Studi Kasus Jalan Pantura Kecamatan Petarukan ).
Harum, M., & Sutriani, S. (2017). Pengaruh Pembangunan Jalan Tol Sutami Terhadap Nilai Lahan Disekitarnya. Nature : National Academic Journal of Architecture, 4(1), 66–73. https://doi.org/10.24252/nature.v4i1a8
Noor, T. R., Hamdan, A., Saifuddin, & Fanan, M. A. (2017). Analisis Dampak Sosial Ekonomi Pembangunan Jalan Tol Surabaya - Mojokerto ( Studi Kasus Kondisi Sosial Ekonomi Masyarakat di Kec . Wringinanom , Kec . Kedamean , Kec . Driyorejo Kabupaten Gresik). Prosiding Seminar Nasional & Temu Ilmiah Jaringan Peneliti, 1(3), 268–280. http://ejournal.iaida.ac.id/index.php/proceeding/article/view/154
Pemerintah Republik Indonesia. (2022). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2022 Tentang Perubahan Kedua atas Undang-Undang Nomor 38 Tahun 2004 Tentang Jalan. Pemerintah Indonesia, 134229, 77.
Prasetyo, S. A., & Djunaedi, A. (2019). Perubahan Perkembangan Wilayah Sebelum Dan Sesudah Pembangunan Jalan Tol. Jurnal Litbang Sukowati : Media Penelitian dan Pengembangan, 3(1), 14. https://doi.org/10.32630/sukowati.v3i1.98
Siddiq, M. I., & Zain, I. M. (2016). Dampak Pembangunan Jalan Tol Gempol-Pandaan Terhadap Masyarakat Petani yang Lahannya Dibebaskan di Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan. Jurnal Swara Bhumi, 1(2), 143–151. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/swara-bhumi/article/view/15213
Siswoyo, M. (2016). The Impact Of Toll Road Development: An Analysis Based On Public Administration Ecology. 32(3), 255–272. https://doi.org/10.35741/issn.0258-2724.55.3.53
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan RAD. Alfabeta, 2014.
Tampubolon, D. (2019). Tol Pekanbaru Dumai, Masa Depan dan Masalah ke Depan. kompasiana.com. https://www.kompasiana.com/bangdahlan/5dfec251097f36564f234b12/tol-pekanbaru-dumai-masa-depan-masalah-ke-depan
Tjahjani, A. R. I., Tinumbia, N., & Jonbi. (2021). Persepsi Masyarakat Terdampak Pembangunan Jalan Tol ( Studi Kasus : Kabupaten Sragen ). Konferensi Nasional Teknik Sipil 15, 1, 1–8.
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
License JREI: Journal of Regional Economics Indonesia, University of Merdeka Malang is licensed under Creative Commons Attribution Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Copyright
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges and earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).