Pengembangan Ekonomi Desa Dengan Instrumen Badan Usaha Milik Desa (BUMDESa)

Mohammad Wahed, Kiki Asmara, Riko Steya Wijaya

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pembangunan pedesaan, mengetahuikondisi actual dari pengelolaan BUMDesa, permasalahan yang dihadapi BUMDesa, danmengetahui peran BUMDesa dalam pengembangan ekonomi pedesaan. Penelitian ini merupakankajian literatur dari berbagai jurnal yang relevan dengan pengembangan ekonomi lokal (pedesaan)melalui peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa). Hasil penilitian ini menyimpulkan bahwapengelolaan Bumdesa harus dijadikan sebagai landasan utama untuk membangun ekonomipedesaan. Keberadaannya harus membawa perubahan yang signifikan dibidang ekonomi dan jugasosial, oleh karena itu, Bumdesa yang dikembangkan di desa sangat dibutuhkan tenagaSumberdaya Manusia yang professional sebagai motor penggerak untuk pengembangan danpengelolaan Bumdesa tersebut. Namun, pengalaman dari wilayah madura bahwa BUMDesa yangproduktif angkanya sangat kecil. Hal ini disebabkan oleh: 1) tidak tahu cara pengelolaannya; 2)Sumber Daya Manusia (SDM) ditingkat desa yang masih tergolong rendah; dan 3) sulitnyamencari potensi di masing-masing desa.

Keywords


Ekonomi Pedesaan, BUMDESa, Potensi Desa.

Full Text:

PDF

References


Fadil, 2019. “Peran cafe sawah dalam pengembangan ekonomi desa pujon kidul, kecamatan pujon, kabupaten malang.” Desa, Ekonomi, Pujon Kidul, Kabupaten Malang, dan Jurnal Ilmiah.

Fitriyani, Yuli et al. 2019. “Menggerakkan Ekonomi Desa Melalui Badan Usaha Milik Desa.” (May).

Hulu, Rokan. 2013. “Peranan Badan Usaha Milik Desa ( BUMDES ) Dalam Peningkatan Ekonomi Masyarakat ( Studi Pada Bumdes Desa Pekan Tebih Kecamatan Kepenuhan Hulu Kabupaten Rokan Hulu).”

Arief Maulana. 2019. “Persepsi Persepsi Petani Terhadap Peran Bumdes Dalam Penyediaan Pupuk Organik Pada Tanaman Manggis Di Desa Somongari Kecamatan Kaligesing Kabupaten Purworejo 48.” 8(September): 48–57.

Prasetyo, Ratna Azis. 2017. “Peranan Bumdes Dalam Pembangunan Dan Pemberdayaan.” (May).

Prawitno, Ashar, 2019. “Analisis Peranan Badan Usaha Milik Desa (Bum Desa) Dalam Peningkatan Pendapatan Asli Desa Di Kabupaten Gowa Desa” Departemen Politik, Pemerintahan Fisip, dan Universitas Hasanuddin. Vol. 5, No. 2, pp. 50–60.

Rahayuningsih, Yunia et al. 2019. “Peran Bumdes Dalam Penguatan Ekonomi Desa Sukaratu Kabupaten Serang , Banten The Role Of Village Owned Enterprise In Strenghtening The Economic Of Sukaratu Village , Serang Regency , Banten Province.” (2).

Wibowo, Hendro. 2014. “Pengembangan ekonomi kreatif desa melalui badan usaha milik desa (bumdes) menuju koperasi berbasis it hendro wibowo, pp. 17–30.

Zulkarnaen, Reza M, Fakultas Ekonomi, dan Universitas Padjadjaran. 2016. “Kondisi Masyarakat Sebelum BUMDES Pendirian BUMDES sebagai lembaga ekonomi guna mengelola aset , jasa kesejahteraan masyarakat Desa. Vol. 5, No. 1, pp. 1–4.

Maryunani. (2008). Pembangunan Bumdes dan Pemberdayaan Pemerintah Desa. Bandung: CV Pustaka Setia.




DOI: https://doi.org/10.26905/jrei.v1i2.5438

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal of Regional Economics Indonesia has been indexing:



Journal of Regional Economics Indonesia has been tools:






Journal of Regional Economics Indonesia

Faculty of Economics & Business, University of Merdeka Malang

MAILING ADDRESS
Terusan Dieng Street 62-64, Sukun, Malang City, East Java, 65146, Indonesia
Phone: 081331350416
Email: jrei@unmer.ac.id


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.