KEKUATAN TEKAN MEDIUM CARBON STEEL 0,588% C SEBAGAI MATERIAL HELICAL SPRING SUSPENSI DEPAN TIPE DOUBLE WISHBONE KENDARAAN DINAS TNI AD ¾ TON

Rokhim Fajri Fadlillah, Djoko Andrijono, Adi Novijanto

Abstract


Kenyamanan dan keamanan kendaraan sangat erat hubungannya dengan sistem suspensi kendaraan, khususnya pada kendaraan Dinas TNI AD ¾ ton. Sistem suspensi kendaraan harus mampu meredam atau mengurangi getaran yang terjadi pada body kendaraan akibat ketidakrataan dari permukaan jalan. Pegas ulir digunakan sebagai suspensi kendaraan merupakan salah satu komponen utama yang berfungsi untuk meredam kejut body kendaraan, apabila komponen suspensi ini tidak dirancang dengan baik, maka akan menimbulkan kecelakaan bagi pengguna (personil). Pegas ulir merupakan kawat spiral yang memiliki bentuk menyerupai ulir (helix) atau tangga spiral. Material pegas ulir harus memiliki sifat elastis yang tinggi dan diimbangi dengan kekuatan tekan yang tinggi, hal ini disebabkan adanya beban tekan yang diterima oleh pegas tersebut. Penelitian ini menggunakan variasi beban tekan, untuk mengetahui pengaruh yang terjadi. Hasil penelitian pegas ulir diantaranya pegas ulir yang digunakan kendaraan dinas TNI AD ¾ ton menggunakan bahan tipe SUP 9 dengan katagori baja karbon menengah. Variasi beban tekan yang mampu diberikan oleh alat uji yaitu 142,711 kg dengan tegangan geser maksimum (tegangan hanya mempertimbangkan pembebanan langsung) (τmax1) 37,354 kg/mm2 dan tegangan geser maksimum (tegangan dengan mempertimbangkan efek lengkungan dan pembebanan) (τmax2) 12,517 kg/mm2.

Keywords


Suspensi, Double Wishbone, Pegas Ulir

Full Text:

PDF

References


Black, HP, 1955, Machine Design, Third Edition, Tokyo, McGraw-Hill Kogakusha, LTD.

Deutschman, DA, 1975, Machine Design Theory and Practice, New York: Macmillan Publishing Co. Inc.

Dieter, EG, 1988, Mechanical Metallurgy, SI Metric Edition, London: McGraw-Hill Book Company.

Dobrovolsky, V, Machine Elements, A Text Book, Moscow: Foreign Languages Publishing House.

http://www.science-technology.ga/2013/04/diagram-fe-fe3c.html, diakses tanggal 5 April 2016.

https://agungsevi.wordpress.com/2011/01/28/beberapa-jenis-suspensi-kendaraan.

Janoko, Bayu, 2014, Mekanika Volume 12 nomor 2, Analisa Kegagalan Pegas Ulir pada Bogie Tipe Nt 11 (K5) Untuk Gerbong Kereta Ekonomi (K3)Pdf. MitsubishiTritonMLSpecs.

R.S. Khurmi & J.K. Gupta, 2005, A text Book Of Machine Design, Eurasia Publishing House (Pvt) LTD, Ran Nagar, New Delhi.

Shigley, J, 1983, Mechanical Engineering Design, McGraw-Hill Book Company.

Spotts, MF, 1985, Design Of Machine Elements, 6th Edition, USA: Prentice-Hall, Inc, Englewood Cliffs, N.J.

Sularso, MSME, 1987, Dasar Perencanaan dan Pemilihan Elemen Mesin. PT Pradnya Paramita, Jakarta




DOI: https://doi.org/10.26905/jtmt.v12i1.4358

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TRANSMISI

Universitas Merdeka Malang

Mailing Address:

Jalan Terusan Dieng 62-64 Malang, 65146, East Java, Indonesia
Phone: 081333961913 Fax: (0341) 560836
Email: [email protected]