PENINGKATAN KAPASITAS PELEPASAN LOGAM PEMBUBUTAN PADA PAHAT YANG DIPERLAKUKAN HEAT TREATMENT

Agus Wibowo

Abstract


Kapasitas pelepasan logam dan umur pahat sangat mempengaruhi biaya yang dikeluarkan untuk untukproduksi dalam proses pembubutan. Pada penelitian ini akan dikaji seberapa besar peningkatan kapasitaspembubutan logam rata-rata dari mata pahat terbaik yang telah dikenai heat treament dibanding denganpahat biasa dan proses heat treatment dengan lama pemanasan yang bagaimana yang menghasilkanpeningkatan kapasitas pembubutan logam rata-rata yang paling maksimal.Tujuan dari penelitian adalah mendapatkan peningkatan kapasitas pembubutan logam rata-rata dari matapahat yang telah dikenai heat treament dan memperoleh waktu terbaik dari proses heat treatment yangmenghasilkan peningkatan kapasitas pembubutan logam rata-rata yang paling maksimal.Dari hasil penelitian didapat besar peningkatan kapasitas pembubutan logam rata-rata dari mata pahatterbaik pada pahat dengan kode pahat A5. Proses heat treatment yang menghasilkan peningkatankapasitas pembubutan logam rata-rata yang paling maksimal adalah flame hardening statis dengan caralama pemanasan 60 detik jeda waktu pencelupan 5 detik dan lama pencelupan dengan air 600 detik.

Keywords


Kapasitas Pelepasan Logam; Umur Pahat; Heat Treatment

Full Text:

PDF

References


Agus Sunarmanto, Bunasir, 1989, Teknologi Mekanik, IKIP Semarang Press, Semarang.

Bambang Priambodo, 1993, Teknik Mekanik, Erlangga, Jakarta.

Bambang Sucahyo, 1995, Ilmu Logam, Pustaka Mandiri, Surakarta.

Bibit Sugito, 2005, Pengaruh Annealing Terhadap Sifat Fisik dan Mekanis Pahat HSS dengan Unsur Panduan Utama Crom, Jurnal Media Mesin UMS Vol. 6 , Surakarta.

Endang K., 1985, Perlakuan Panas, Politeknik Mekanik Swiss, Bandung.

Hendri Budiman, Richard, 2007, Analisis Umur dan Keausan Pahat Karbida untuk Membubut Baja Paduan (ASSAB 760) dengan Metode Variable Speed Machining Test, Jurnal Teknik Mesin Universitas Kristen Petra Volume 9, Yogyakarta.

Ninuk Jonoadji, Joni Dewanto, 1999, Pengaruh Parameter Potong dan Geometri Pahat terhadap Kekasaran Permukaan pada Proses Bubut, Jurnal Teknik Mesin Universitas Kristen Petra Volume 1, Yogyakarta..




DOI: https://doi.org/10.26905/jtmt.v4i1.4476

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TRANSMISI

University of Merdeka Malang

Mailing Address:

Jalan Terusan Dieng 62-64 Malang, 65146, East Java, Indonesia
Phone: 085107636279 Fax: (0341) 560836
Email: jm.transmisi@unmer.ac.id