PENGGUNAAN POLYVINIL ALCOHOL (PVA) SEBAGAI MEDIA QUENCH TERHADAP BAJA AISI 1045

A. Ali Alhamidi, Dewananta S

Abstract


Penggunaan polimer sebagai media quench dalam perlakuan panas baja adalah alternatif untukmeningkatkan kekerasan tanpa menyebabkan terjadinya distorsi dimensi / tegangan sisa yang berlebihpada baja AISI 1045. Penelitian bertujuan untuk mengetahui konsentrasi polimer dan agitasi terhadapkarakteristik pendinginan baja AISI 1045 dalam larutan polivinil alcohol (PVA) dengan konsentrasi10% dan 40% dengan mengunakan sistem pendinginan tabung agitasi vertical selama 10 menit dan 20menit. Hasil percobaan menunjukan bahwa tingkat konsentrasi polimer akan menurunkan lajupendinginan sedangkan agitasi hanya meningkatkan laju pendinginan rata-rata pada konsentrasi yangrendah.Dari pengujian kekerasan dan strukturmikro menunjukan terjadinya penurunan kekerasandengan semakin meningkatnya konsentrasi polimer. Hal ini disebabkan proses pelepasan panas daripolimer dengan tingkat konsentrasi (viskositas) yang tinggi semakin menurun sehingga lajupendinginan kritis untuk mendapatkan struktur martensit terhambat akibat cepatnya terbentuknyalapisan pelindung.Sedang lamanya agitasi tidk memberi pengaruh yang nyata terhadap pemecahanlapisan pelindung (insulating film) dari polimer terhadap spesimen.

Keywords


Konsentrasi Polimer; Quenching; AISI 1045; Agitasi

Full Text:

PDF

References


Agrawal, BK, 1989, Introduction to Engineering Materials, Tata McGraw-Hill Publisshing Company Limiterd New Delhi.

Ma Shuhui, Maniruzzaman dan D.Sisson R. Jr, 2006, The effect of Polymer Concentration and Agitation on the quench performance of Polimenr quenchant Aqua-Quench 260, Desertasi pada Worcester Polytechnic Institute.

Thelning, K.E., 1984, Steel and Its Heattreatment – Second Edition, Butterworths & Co.

Totten, G.E., 1998, Advances in Polymer Quenching Technology. In the 1st International Automotive heattreating Conference, P.37-44. Puerto Vallarta,Mexico.

Zhao, H., and T.Yi, 1985, A Study of Polymer Quenching on Gears.In the second International Conference on Quenching and the Control of Distortion, Cleveland, Ohio.




DOI: https://doi.org/10.26905/jtmt.v4i2.4481

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TRANSMISI

Universitas Merdeka Malang

Mailing Address:

Jalan Terusan Dieng 62-64 Malang, 65146, East Java, Indonesia
Phone: 081333961913 Fax: (0341) 560836
Email: jm.transmisi@unmer.ac.id