PENINGKATAN KUALITAS LAYANAN MAHASISWA DENGAN PENDEKATAN SERVQUAL DAN LEAN SIX SIGMA (STUDY KASUS PADA PROGRAM STUDI TEKNIK MESIN UNIVERSITAS BALIKPAPAN)
DOI:
https://doi.org/10.26905/jtmt.v12i1.4490Keywords:
Kualitas Layanan, Servqual, Lean Six SigmaAbstract
Universitas Balikpapan (Uniba) Balikpapan merupakan salah satu organisasi atau intansi yang menyelenggarakan dan mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan atau kesenian, sebagai suatu masyarakat ilmiah yang penuh citra luhur dan mencerdaskan kehidupan bangsa.Program Studi Teknik Mesin merupakan salah satu jurusan di Fakultas Teknologi Industri Uniba. Kondisi nyata yang dihadapi oleh Program Studi Teknik Mesin Uniba saat ini di dalam memberikan layanan kepada mahasiswa terutama pada staff pengajar maupun staff akademis belum optimal. Sejumlah atribut layanan yang di harapkan dapat mengupayakan dalam peningkatan kualitas layanan mahasiswa. Dalam hal ini sebaiknya pihak Program Studi Teknik Mesin meningkatkan kualitas layanan, baik dari segi status akreditas, sarana prasarana dan kinerja staff pengajar, agar proses belajar mengajar dapat berjalan dengan baik dan materi dapat diserap/dipahami mahasiswa, demikian juga hubungan staff administrasi lainnya ditingkatkan.References
Gaspersz, Vincent, 2011, Lean Six Sigma For Manufacturing and Service Industries, Penerbit Vinchristo Publication. Bogor
Krajewski, L, Ritzman, L, Malhotra, M, 2010, Operations Management Processes And Supply Chains, Pearson Education International, New Jersey, 07458
Moses L Singgih, Rahmayanti, 2008, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Pendidikan Pada Perguruan Tinggi. Prosiding Seminar Nasional Teknoin, Bidang Teknik Industri
Parasuraman, A, LL Berry, and VA Zeithaml.1991, Refinement and Reassessment of the Servqual Scale, Journal of Retailing, Vol. 67 No. 4, pp. 420-450.
Suparno, EW, 2011, Manajemen Mutu Pendidikan, Penerbit Ardadizya Jaya, Jakarta.
Wijaya, Toni, 2011, Manajemen Kualitas, Penerbit PT. Indeks, Jakarta
Pyzdek, T, 2002, The Six Sigma Handbook, Penerbit, Salemba Empat, Jakarta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work, is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Â
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges and earlier and greater citation of published work.