PENINGKATAN KUALITAS LAYANAN MAHASISWA DENGAN PENDEKATAN SERVQUAL DAN LEAN SIX SIGMA (STUDY KASUS PADA PROGRAM STUDI TEKNIK MESIN UNIVERSITAS BALIKPAPAN)

Authors

  • Sadat NS Sidabutar Universitas Balikpapan

DOI:

https://doi.org/10.26905/jtmt.v12i1.4490

Keywords:

Kualitas Layanan, Servqual, Lean Six Sigma

Abstract

Universitas Balikpapan (Uniba) Balikpapan merupakan salah satu organisasi atau intansi yang menyelenggarakan dan mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan atau kesenian, sebagai suatu masyarakat ilmiah yang penuh citra luhur dan mencerdaskan kehidupan bangsa.Program Studi Teknik Mesin merupakan salah satu jurusan di Fakultas Teknologi Industri Uniba. Kondisi nyata yang dihadapi oleh Program Studi Teknik Mesin Uniba saat ini di dalam memberikan layanan kepada mahasiswa terutama pada staff pengajar maupun staff akademis belum optimal. Sejumlah atribut layanan yang di harapkan dapat mengupayakan dalam peningkatan kualitas layanan mahasiswa. Dalam hal ini sebaiknya pihak Program Studi Teknik Mesin meningkatkan kualitas layanan, baik dari segi status akreditas, sarana prasarana dan kinerja staff pengajar, agar proses belajar mengajar dapat berjalan dengan baik dan materi dapat diserap/dipahami mahasiswa, demikian juga hubungan staff administrasi lainnya ditingkatkan.

References

Gaspersz, Vincent, 2011, Lean Six Sigma For Manufacturing and Service Industries, Penerbit Vinchristo Publication. Bogor

Krajewski, L, Ritzman, L, Malhotra, M, 2010, Operations Management Processes And Supply Chains, Pearson Education International, New Jersey, 07458

Moses L Singgih, Rahmayanti, 2008, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Pendidikan Pada Perguruan Tinggi. Prosiding Seminar Nasional Teknoin, Bidang Teknik Industri

Parasuraman, A, LL Berry, and VA Zeithaml.1991, Refinement and Reassessment of the Servqual Scale, Journal of Retailing, Vol. 67 No. 4, pp. 420-450.

Suparno, EW, 2011, Manajemen Mutu Pendidikan, Penerbit Ardadizya Jaya, Jakarta.

Wijaya, Toni, 2011, Manajemen Kualitas, Penerbit PT. Indeks, Jakarta

Pyzdek, T, 2002, The Six Sigma Handbook, Penerbit, Salemba Empat, Jakarta.

Downloads

Published

2016-02-15