PENGARUH VARIASI CAMPURAN BAHAN BAKAR TERHADAP EMISI GAS BUANG PADA MESIN DIESEL

Authors

  • M. Agus Sahbana Universitas Widyagama Malang

DOI:

https://doi.org/10.26905/jtmt.v5i2.4509

Keywords:

Krisis Energi, Energi Alternatif, Daya, Torsi, Gas Buang

Abstract

Krisis energi telah membawa dunia pada kenyataan bahwa bahan bakar yang berasal dari minyak fosil (fossilfuel) tidak akan bertahan lama karena bersifat non renewable (tidak dapat diperbarui). Kenyataan inimenunjukkan bahwa kita butuh energi alternatif sebagai pengganti fossil fuel. Energi alternatif tersebutbanyak sekali macam dan jenisnya. Minyak nabati salah satu sumber energi alternatif yang bisa dipergunakanuntuk menggantikan fossil fuel di kemudian hari, cara sederhana yaitu mencampur minyak nabati denganfossil fuel agar diketahui seberapa jauh pengaruhnya terhadap kinerja mesin. Penelitian ini menggunakanmesin diesel dengan bahan bakar solar yang di variasi pencampurannya dengan minyak tanah dan minyakgoreng. Hasil yang didapat dari variasi pertama dengan minyak tanah adalah daya dan torsi meningkat namunkonsumsi bahan bakar serta kepekatan gas buang juga meningkat. Variasi kedua menunjukkan daya dan torsimenurun namun dibarengi juga dengan penurunan konsumsi bahan bakar dan kepekatan gas buang.

Author Biography

M. Agus Sahbana, Universitas Widyagama Malang

Jurusan Teknik Mesin

References

Arismunandar, Wiranto, 1973, Motor Bakar Torak, ITB Bandung.

Crouse, William. H. 1984, Automative Mechanics, 8th Edition, Tata Mc Graw Hill, Inc, New York.

K. Iynkaran and David J. Tavidi, 1992, Basic Thermodinamics Application And Pollution Control, Singapore.

R. P. Sharma dan M. L. Mathur, 1980, A Course In Internal Combution Engines, Dhampat Rai & Sons, Delhi.

Sonntag dan Van Meylen, 1976, Introduction To Thermodinamics Classical And Statistical Third Edition, United States of America.

Tjokrowisastro, E. 1986, Motor Bakar, Erlangga, Jakarta.

Downloads

Published

2010-09-15