ANALISIS PENINGKATAN KUALITAS PEMBAKARAN BRIKET BLOTONG BERDASARKAN VARIASI KOMPOSISI BAHAN BRIKET

Rudi Hariyanto

Abstract


Saat ini aktif digiatkan penggunaan bahan bakar alternatif. Salah satu jenis bahan bakar alternatif adalahpemanfaatan blotong menjadi briket. Blotong merupakan limbah pabrik gula yang tak termanfaatkansebelumnya dan lebih dianggap sebagai sampah. Berdasar pengujian awal, menunjukkan energi panas yangdihasilkan oleh briket blotong sangat rendah dan cepat sekali habis terbakar. Oleh karenanya, dalampenelitian ini dilakukan usaha untuk memperbaiki kelemahan briket blotong tersebut melalui caramencampur blotong dengan serbuk batu bara. Penelitian ini merupakan penelitian lanjutan yang pernahdilakukan oleh Daniel (2007). Adapun perbedaannya adalah pada perbandingan komposisi campuran briketyang dibuat lebih bervariasi. Komposisi campuran yang diuji antara lain 90:10, 80:20, 70:30, 60:40 dan50:50 sebagai perbandingan blotong dengan serbuk batu bara. Setelah diuji coba melalui proses pembakarandan dianalisa berdasar pengolahan data-data temperaturnya, maka didapatkan briket campuran blotong danserbuk batu bara yang terbaik adalah yang mempunyai komposisi 60 : 40.

Keywords


Kualitas Pembakaran; Komposisi Briket; Blotong; Serbuk Batu Bara

Full Text:

PDF

References


Hadi, Daniel Insetyo, 2007, Pengaruh Variasi Komposisi Briket Blotong Terhadap Energi Yang Dihasilkan, Skripsi, Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Merdeka Malang.

Holman, J.P., 1991, Perpindahan Kalor, Edisi Keenam, Cetakan kedua, Erlangga, Jakarta.

Incropera, F.P., 1981, Fundamentals of Heat Transfer, John Wiley & Sons, Inc. United States of America.

Rifai, Mochamad, dan Ma’ruf, H.M., 2006, Seminar Briket Batubara Sebagai Energi Alternatif Pengganti BBM Yang Efisien “Perpindahan Panas Pada Tungku Batubara Briket”, Universitas Merdeka Malang.

Rifai, Mochamad, 2008, Analisa Energi Yang Dapat Dibangkitkan Briket Batubara Dengan Variasi Komposisi Campuran Bahan Dasar, Laporan Dosen Muda, Universitas Merdeka Malang.

Rumidi, Sukandar, 1995, Batubara dan Gambut, Gadjah Mada University Press. Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.26905/jtmt.v5i2.4510

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TRANSMISI

Universitas Merdeka Malang

Mailing Address:

Jalan Terusan Dieng 62-64 Malang, 65146, East Java, Indonesia
Phone: 081333961913 Fax: (0341) 560836
Email: jm.transmisi@unmer.ac.id