MEKANISME KEGAGALAN RODA GIGI

Authors

  • Agus Suprapto Universitas Merdeka Malang
  • Rudi Ismanto Universitas Merdeka Malang

DOI:

https://doi.org/10.26905/jtmt.v6i1.4516

Keywords:

Kegagalan, Keausan, Kelelahan, Pitting

Abstract

Kegagalan/kerusakan pada komponen mesin kendaraan banyak sekali menimbulkan berbagai akibat, sepertikehilangan waktu dalam melakukan aktivitas, biaya perbaikan menjadi tinggi.Pengujian yang dilakukan dalam dalam hal ini meliputi uji kekerasan, struktur mikro dan analisa permukaan,sedangkan spesimen yang digunakan adalah roda gigi transmisi.Setiap pengujian hasilnya bervariasi, penyebab dari kegagalan ini sendiri diakibatkan oleh adanya kelelahan,pitting, keausan dan adanya beban kejut, dampak dari penyebab tersebut terjadilah kegagalan pada roda gigitransmisi.

Author Biographies

Agus Suprapto, Universitas Merdeka Malang

Jurusan Teknik Mesin

Rudi Ismanto, Universitas Merdeka Malang

Jurusan Teknik Mesin

References

American Society for Metals (ed.)., 2002, Failure Analysis and Prevention, Metal Handbook, new Ed, vol 11, ASM, Ohio, USA: Metal Park.

Ashoka Group, 2008, Gear Failure, diakses pada tanggal 20 Maret 2010, dari http://www.gearshub.com/gearfailure.html

Bradley, W.L., 1985, Failure Investigation: Principles and Practice. Tait, R. B. and Garret, G.G. (Eds), Fracture & Fracture Mechanics, New York: Pergamon Press Ltd. 3-16

Gopinath K.and Mayuram M.M., 2008, Machine Design II, Indian Institute of Technology Madras. dari http://www.bing.com/search?q=module+gears%2C+lecture+6+gear+failure&FORM=MSNH65&mkt=en-id, diakses pada tanggal 20 Maret 2010.

Gopinath K., 2008, http://www.elecon.com/gearworld/dat-gw-failure.html, diakses pada tanggal 20 Maret 2010.

Rudi Ismanto, 2010, Analisa Kegagalan Pada Roda Gigi Transmisi dan Poros Roda Penggerak, Skripsi, Jurusan Teknik Mesin Fakultas

Teknik Universitas Merdeka Malang.

http://pt.rexnord.com/products/ecatalog/catalog/CachedImages/0000001/t004_r00171_v0.pdf, diakses pada tanggal 20 Maret 2010

Downloads

Published

2010-02-15