ANALISA PENGARUH KOMPOSISI PROPERTIES NATURAL GAS TERHADAP ENGINE PERFORMANCE GAS TURBINE
DOI:
https://doi.org/10.26905/jtmt.v11i1.4538Keywords:
Natural gas, EfisiensiAbstract
Turbin gas adalah suatu penggerak mula yang memanfaatkan gas sebagai fluida kerja. Salah satu faktor yang menyebabkan menurunnya performa turbin gas adalah terjadi perubahan properties bahan bakar yang digunakan, seperti yang terjadi di Gas Turbine Rolls Royce RB211-24G di offshore Platform Belanak-FPSO ConocoPhillips Indonesia. Hal ini mengakibatkan unit mengalami beberapa kali shotdown dan membutuhkan troubleshooting yang cukup lama. Sehingga berdampak pada tingkat produktivitas ekspor gas alam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meneliti properties bahan bakar yang digunakan untuk dibandingkan terhadap effisiensi turbin pada saaat dioperasikan. Penelitian dilakukan dengan cara melakukan monitoring dan trending selama periode bulan Mei 2013 terhadap properties bahan bakar (variable terikat), yang meliputi nilai Heating Value, CO2 content dan C1 content. Kemudian dibandingkan dengan parameter operasional gas turbin (variabel bebas), yang terdiri dari nilai: tekanan, temperatur, putaran pada bagian kompresor dan power turbine (P1, P2, T1, T2, P4, P5, T4, T5, N1, N2). Setiap properties dalam suplai bahan bakar memiliki pengaruh yang berbeda-beda terhadap performa gas turbin. Semakin tinggi heating value (maksikum 1.044,6 BTU), akan menghasilkan efisiensi turbin yang optimum (maksimum 73,29%). Kadar gas CO2 terendah sebesar 3,19%, mampu menghasilkan effisiensi turbin paling besar dengan nilai 77,90%. Sedangkan nilai kadar gas C1 dengan nilai tertinggi sebesar 88,72%, dapat menhasilkan nilai effisiensi turbine paling optimum sebesar 73,90%.References
Arismunandar, Wiranto, 2002, Pengantar Turbin Gas dan Motor Propulsi, ITB, Bandung.
El-Wakil, M., 1992, Instalasi Pembangkit Daya. Alih Bahasa Ir. E. Jasfi, MSc Jilid 1, Jakarta. Erlangga
Maherwan P, Boyce, Gas Turbine Engineering Handbook, Second edition
Anonimous, 1982, Rolls Royce Industrial & Marine Gas Turbine Limited, Rolls Royce Servie Bulletin, England
Anonimous, Rolls Royce Industrial & Marine Gas Turbine Limited, RR RB211- DLE GT Training Manual.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work, is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License. that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges and earlier and greater citation of published work.