ANALISIS PENERAPAN MESIN PEMISAH BERAS, BEKATUL DAN MENIR PADA INDUSTRI RUMAH TANGGA PENGEMAS BERAS

Agus Iswantoko, Darto Darto

Abstract


Penerapan mesin pemisah beras ini dilakukan pada pengusaha/pengrajin kemasan beras pada skalarumah tangga di kota Malang. Tujuan penelitian ini untuk menggunakan, memperkenalkan danmengintroduksikan mesin pemisah beras, bekatul dan menir kepada pengrajin beras kemasan yangberskala kecil yang pada umumnya masih menggunakan cara manual, sehingga diharapkan mampumeningkatkan kapasitas produksi maupun pendapatan pengrajin tersebut. Penelitian inidilaksanakan dengan metode sosialisasi, pelatihan dan penerapan mesin, kemudian hasilnyadibandingkan dengan yang menggunakan mesin pemisah beras manual. Adapun materi yangdiberikan adalah : teknik penggunaan mesin pemisah beras serta uji coba mesin pemisah beras,menghitung kapasitas produksi, penerapan manajemen dan menganjurkan adanya pembukuankeuangan. Dengan menggunakan mesin pemisah beras ini didapatkan hasil produksi yang jauhlebih banyak yaitu enam kali lipat dengan kualitas yang lebih baik dari pada menggunakan carabiasa atau manual. Dari segi kapasitas produksi yang dihasilkan setiap jamnya mesin pemisahberas, bekatul dan menir ini juga jauh lebih baik yaitu sampai 600%. Pemakaian energi dan tempatkerja yang relatif kecil dan masih terjangkau untuk skala rumah tangga.

Keywords


Pemisah; Beras; Menir; Bekatul; Kapasitas Produksi

Full Text:

PDF

References


BH. Amsted, 1993, Engineering Manufacturing Process, Mc Graw Hill, New York

Dieter G.E.,1986, Metalurgi Mekanik, Edisi Tiga, Jilid II, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Fritz Dietzel, 1992, Turbin, Pompa Dan Kompresor, Erlangga, Jakarta.

M. Taib Sutan Sa’ti, 1982, Buku Politeknik, Sumur Bandung, Bandung.

Myer Kutz, 2006, Mechanical Engineers’ Handbook Manufacturing and Management, Third Edition, John Wiley & Sons, Inc., Hoboken, New Jersey.

Rochim, Taufiq, 1995, Teori Dan Teknologi Proses Pemesinan, HEDC-JICA, Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknologi Industri ITB, Bandung.

Sularso, Kiyokatsuga, 1994, Dasar-Dasar Perancangan Dan Pemilihan Elemen Mesin, Pradnya Paramitha, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.26905/jtmt.v6i2.4547

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TRANSMISI

Universitas Merdeka Malang

Mailing Address:

Jalan Terusan Dieng 62-64 Malang, 65146, East Java, Indonesia
Phone: 081333961913 Fax: (0341) 560836
Email: jm.transmisi@unmer.ac.id