ANALISIS PROSES PENGEROLAN PIPA DENGAN ROLL BENDING

Sufiyanto Sufiyanto

Abstract


Penggunaan teknologi pengerolan dengan sistem roll bending, sangat dibutuhkan untuk meningkatkanefisiensi dan efektivitas proses produksi dengan berkurangnya waktu proses serta peningkatan kualitasproduk dengan berkurangnya resiko cacat produk. Proses pembentukan pipa frame lengkung di bengkelteknik menggunakan sistem manual menghasilkan cacat produk berupa pengkerutan pada sisi dalam danperubahan bentuk penampang. Selain itu proses pengerolan manual menghasilkan tingkat produktivitas danefektivitasnya yang kurang. Metode yang digunakan untuk menyelesaikan permasalahan diatas adalahdengan melakukan peningkatan kualitas proses pengerolan pipa untuk pembuatan frame lengkungmenggunakan proses roll bending dengan mesin roll mekanik. Dengan konsep desain dan perencanaan alatyang sesuai dengan kebutuhan dan tepat sasaran, maka akan diperoleh proses pengerolan yang efisiensi,efektivitas dan kualitas yang baik. Hasil yang diperoleh menyatakan bahwa efisiensi dan efektivitas prosespengerolan ditentukan oleh tahapan proses pengerolan yang efektif berdasarkan radius kelengkungan yangdirencanakan dan jenis serta dimensi pipa yang akan dilengkungkan. Selain itu cacat produk dankeseragaman hasil produk dapat dicapai dengan mengontrol tahapan proses pengerolan yang tepat danefektif. Manfaat yang diperoleh adalah penggunaan teknologi roll bending pada proses pengerolan pipa untukmeningkatkan produktivitas dan kualitas produk pipa frame lengkung.

Keywords


Roll Bending; Produktivitas; Tahapan Proses

Full Text:

PDF

References


Aaron D. Deutsman, Walter J. Michels and Charles E. Wilson, 1975, Machine and Design, Theory and Practice, Maemilan Publishey. Co. Inc. New York.

Aapold, Felier, Reinhard, Schmidt, 1982, Tehnology of The Metal Trade, Deutsche Gesellschaft-fur Technische Zuz sammenarbeit (GTZ) Gmbh, Federal Republic of Germany.

Niemen G, 1982, Elemen Mesin, edisi ke II, Erlangga, Jakarta.

Sufiyanto, 2011, Peningkatan Kualitas Pengerolan Pipa Untuk Pembuatan Frame Lengkung Dengan Roll Bending Process, Jurusan Mesin – Fakultas Teknik, Universitas Merdeka Malang

Sularso, 1987, Dasar Perencanaan Mesin dan Pemilihan Elemen Mesin, cetakan ke enam, Pradnya Paramitha, Jakarta.

Smith, Bill and Mark King, 2002, Bending Square and Rectangular Tubing, The Tube & Pipe Journal.

Takeshi Sato, 1987, Menggambar Mesin, cetakan ke delapan, Pradnya Paramitha, Jakarta.

www.hinesbending.com, Basic Tube Bending Guide, September 29th, 2010




DOI: https://doi.org/10.26905/jtmt.v7i1.4562

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TRANSMISI

University of Merdeka Malang

Mailing Address:

Jalan Terusan Dieng 62-64 Malang, 65146, East Java, Indonesia
Phone: 085107636279 Fax: (0341) 560836
Email: jm.transmisi@unmer.ac.id