ANALISIS PENINGKATAN TEKNOLOGI PROSES DAN MANAJEMEN PRODUKSI BAGI WIRAUSAHA BENGKEL LAS TEKNIK

Sufiyanto Sufiyanto, Darto Darto, Rudi Hariyanto

Abstract


Keterbatasan penguasaan teknologi dalam proses pengerjaan material dapat menghambat perkembanganusaha dan peningkatan kualitas produk yang dihasilkan oleh sebuah bengkel las teknik. Teknologi yangdigunakan oleh bengkel las teknik secara umum masih sangat sederhana dan dilakukan berdasarkanpengalaman praktis yang diperoleh secara otodidak oleh pelaku usaha tersebut. Kendala yang dihadapi adalahproses pembentukan pipa menjadi frame/kerangka lengkung dan proses pemotongan ujung pipa untukdibentuk menjadi sebuah kontur yang dapat disambungkan dengan pipa lain. Selain itu manajemen prosesyang baik belum diterapkan dalam upaya untuk meningkatkan mutu dan daya saing yang dimiliki olehbengkel las teknik tersebut. Metode yang digunakan dalam menyelesaikan permasalahan tersebut diatasadalah melalui peningkatan teknologi pembentukan dengan mesin roll mekanik untuk membentuk pipamenjadi frame lengkung dan teknologi pemotongan logam menggunakan mesin potong pipa untuk membuatkontur pada ujung pipa. Sedangkan peningkatan mutu dan daya saing bengkel las teknik dilakukan denganmemberikan pelatihan manajemen proses dan desain produk yang inovatif. Hasil yang diperoleh daripeningkatan teknologi pembentukan dan pemotongan logam adalah penurunan waktu proses produksi yangdibutuhkan melalui penggunaan mesin roll mekanik dan mesin potong pipa. Sedangkan dari pelatihanmanajemen proses dan desain produk dapat diperoleh efisiensi dan efektivitas untuk menekan biaya produksidan meningkatkan kualitas serta daya saing bengkel las teknik melalui pengendalian proses, pengendalianmutu, dan pengendalian biaya.

Keywords


Peningkatan Teknologi Proses; Manajemen Produksi; Kualitas dan Produktivitas

Full Text:

PDF

References


Aaron D. Deutsman, Walter J. Michels and Charles E. Wilson, 1975, Machine and Design, Theory and Practice, Maemilan Publishey. Co. Inc. New York.

Aapold, Felier, Reinhard, Schmidt, 1982, Tehnology of The Metal Trade, Deutsche Gesellschaft-fur Technische Zuz sammenarbeit (GTZ) Gmbh, Federal Republic of Germany.

Niemen G, 1982, Elemen Mesin, edisi ke II, Erlangga, Jakarta.

Smith, Bill and Mark King, 2002, Bending Square and Rectangular Tubing, The Tube & Pipe Journal.

Sufiyanto, 2011, Peningkatan Kualitas Pengerolan Pipa Untuk Pembuatan Frame Lengkung Dengan Roll Bending Process, Teknik Mesin- Universitas Merdeka Malang.

Sufiyanto, 2011, Analisis Proses Pengerolan Pipa Dengan Roll Bending, Jurnal Transmisi Vol-VII Edisi-1 Hal. 639 - 648

Sufiyanto, dkk., 2012, IbM Bagi Wirausaha Bengkel Las Teknik Dalam Upaya Peningkatan Teknologi Proses Dan Manajemen Produksi, Teknik Mesin- Universitas Merdeka Malang.

Sularso, 1987, Dasar Perencanaan Mesin dan Pemilihan Elemen Mesin, cetakan ke enam, Pradnya Paramitha, Jakarta.

Takeshi Sato, 1987, Menggambar Mesin, cetakan ke delapan, Pradnya Paramitha, Jakarta.

www.hinesbending.com, Basic Tube Bending Guide, September 29th, 2010




DOI: https://doi.org/10.26905/jtmt.v8i2.4568

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TRANSMISI

University of Merdeka Malang

Mailing Address:

Jalan Terusan Dieng 62-64 Malang, 65146, East Java, Indonesia
Phone: 085107636279 Fax: (0341) 560836
Email: jm.transmisi@unmer.ac.id