PENGARUH VARIASI KOMPOSISI DEGREASING DAN WAKTU ANODIZING TERHADAP LAJU KEAUSAN DAN KETAHANAN AUS

Agus Suprapto, Agus Suyatno

Abstract


Banyak komponen otomotif maupun industri yang bekerjanya bergesekan antara komponen yang satu dengan lainnya sehingga terjadi keausan. Hal ini berdampak pada : biaya maintenance menjadi membengkak, Pengujian yang dilakukan dalam hal ini uji aushasil anodizing dengan variasi waktu pencelupan dengan berbagai komposisi cairan pembakar (degreasing), sedangkan spesimen yang digunakan adalah Al 6082.Hasil anodizing, Ketahanan aus terendah sebesar 22, 542 % berbanding terbalik dengan laju keausan tertinggi sebesar 0,00026 g/s pada komposisi degreasing: Phosphor : 75 % ; H2SO4 : 20 %; HNO3 : 5 % dengan waktu anodizing 10 menit. Laju keausan (rate wear) semakin rendah maka ketahanan aus semakin tinggi, dan waktu anodizing semakin lama maka ketahanan ausnyasemakin meningkat.

Keywords


Anodizing; degreasing; laju keausan; ketahanan aus

Full Text:

PDF

References


Bal seal engineering Co, Inc., (2001), hard anodizing of aluminum alloys and its effect on bal™ seal performance,Technical Report TR-17 (48-7-3), Rev. C; 03-22-01,

http://www.balseal.com/node/334. Diakses tahun 2011

Dougherty, Patrick S.M. , Randyka Pudjoprawoto, C. Fred Higgs III, (2011), An investigation of the wear mechanism leading to self-replenishing transfer films, Wear,http://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0043164811005461. Diakses tahun 2012

Hendrawan, Heru, (2010), ”Variasi waktu pencelupan dan persentase cairan pembakar pada proses anodizing terhadap laju korosi lapisan oksida aluminium”, Tugas Akhir, Universitas Merdeka Malang

Kopeliovich, Dmitri, (2012), Mechanism of wear, http://www.substech.com/dokuwiki/doku.php?id=mechanisms_of_wear. Diakses tahun 2012

Jude MR., and Aaron JP., (2006), Understanding aluminum anodic oxide film formation: improving engineering properties through microstructural modification, Presented at the XII Ebrats Brasilian Surface Treatment Meeting and II Latin – American Interfinish Sao Paulo, May 10, 2006,

http://www.compcote.com/_papers/download/Anodic_Oxide_Film_Formation-EBRATS.pdf. Diakses tahun 2012

Newman, Ron, (2011), Anodizing Aluminium, http://www.focuser.com/atm/anodize/anodize.html. Diakses tahun 2012

Ryan LB., (2009), The Effect of Anodizing to Minimize Friction and Wear of Aluminum Surfaces, Rensselaer Polytechnic Institute MANE - 6960 Friction and Wear of Materials, December 15, 2009, http://www.ewp.rpi.edu/hartford/~leblar2/FWM/Project/FWM%20Final%20Project.pdf. Diakses tahun 2012

Society of Tribologists and Lubrication Engineers (STLE), (2008), Basic Wear, http://www.stle.org/resources/lubelearn/wear/. Diakses tahun 2012

Toruan, Manahan L, (2011), Anodizing. (13702026). Materials Engineering Study Program. Bandung Institute of Technology, https://www.google.com/search?q=manahan+L+toruan+ITB.pdf&ie=utf-8&oe=utf-8&aq=t&rls=org.mozilla:en-US:official&client=firefox-beta#bav=on.2,or.r_qf.&fp=23fb2a1e433bfd45&q=anodizing+aluminium+pdf&rls=org.mozilla:en-US%3Aofficial, di akses 20 oktober 2011




DOI: https://doi.org/10.26905/jtmt.v9i1.4592

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TRANSMISI

University of Merdeka Malang

Mailing Address:

Jalan Terusan Dieng 62-64 Malang, 65146, East Java, Indonesia
Phone: 085107636279 Fax: (0341) 560836
Email: jm.transmisi@unmer.ac.id