ANALISA SIKLUS IDEAL DAN AKTUAL PADA MOBILE AIR CONDITIONING DENGAN MENGGUNAKAN R-134a DAN HIDROKARBONMC-134

Puji Saksono

Abstract


Siklus refrigerasi adalah siklus kerja yang mentransfer kalor dari media bertemperatur tinggi ke media yangbertemperatur rendah dengan menggunakan kerja dari luar sistem. Idealnya siklus refrigerasi tersebut dapatberoperasi tanpa adanya gangguan perpindahan panas, sehingga hasil yang didapatkan untuk siklus tersebutlebih baik. Namun aktualnya siklus refrigerasi tersebut sangat sulit untuk dipisahkan dengan perpindahankalor dari lingkungan sekitar. Dalam penelitian ini dirakit satu unit Mobile Air Conditioning (MAC) yangmeliputi komponen kompresor, kondensor, evaporator, katup ekspansi, filter drier dan peralatan kontrol,Pengujian yang dilakukan menggunakan dua jenis refrigeran yaitu R-134a yang merupakan refrigeran sintetisdan MC-134 jenis hidrokarbon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai koefisien performansi dari siklusideal lebih besar dari siklus aktual. Aplikasi R-134a pada siklus aktual kehilangan (losses) performansisebesar +29% dari nilai COP (coeffcient of performance) siklus ideal. Sedangkan aplikasi MC-134kehilangan (losses) performansi sebesar + 18% dari COP siklus ideal. Dengan demikian temperatur darisuperheat dan subcooling sistem refrigerasi akan berpengaruh terhadap nilai COP siklus aktual.

Keywords


Jenis Refrigeran; Siklus Ideal; Siklus Aktual; COP

Full Text:

PDF

References


Arismunandar, W dan Saito, H, 2002, Penyegaran Udara, Cetakan ke-6, PT. Pradnya, Paramita, Jakarta.

Dincer, I., 2003, Refrigeration System and Application, Wiley, England.

Holman, J.P. Alih bahasa Jasjfy, E. Ir. Msc, 1988, Perpindahan Kalor. Penerbit Erlangga, Jakarta.

Herlianika, H, 2005, Eksperimen Dengan Alat Peraga Refrigerasi Dasar, Butterworth-Heinemann, Oxford.

Moran J. Michael & Shapiro, N, Howard, Fundamentals of Engineering Thermodinamics. John Wiley & Son Ltd. England, 5th Edition.

Pasek, A.D., 2007, Retrofit Sistim Refrigerasi Dan Pengkondisian Udara Ramah Lingkungan, Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Lingkungan Hidup, Jakarta.

Stocker, W.F., 1996, Refrigerasi dan Pengkondisian Udara, Erlangga, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.26905/jtmt.v9i2.4593

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TRANSMISI

University of Merdeka Malang

Mailing Address:

Jalan Terusan Dieng 62-64 Malang, 65146, East Java, Indonesia
Phone: 085107636279 Fax: (0341) 560836
Email: jm.transmisi@unmer.ac.id