PENGARUH KONDISI OPERASIONAL TERHADAP UMUR PAKAI MECHANICAL SEAL PADA POMPA SENTRIFUGALPENGARUH KONDISI OPERASIONAL TERHADAP UMUR PAKAI MECHANICAL SEAL PADA POMPA SENTRIFUGAL

Budha Maryanti

Abstract


Kebocoran mechanical seal dapat terjadi karena adanya aus pada carbon seal face. Mechanical seal bekerjaseperti bearing, maka kondisi operasi yang menyebabkan kerusakan bearing juga dapat merusak mechanicalseal sehingga umur pakainya dapat menurun secara signifikan jika masalah tersebut tidak ditangani secaratepat. Penelitian dilakukan dengan pengamatan langsung ke obyek dan bertujuan untuk menganalisa kondisioperasi dan mengetahui umur pakai mechanical seal pada pompa sentifugal yang digunakan untuk memompaair baku dari kolam penampungan ke tangki pengolahan dan penjernihan air Water Treatment Processing(WTP). Hasil penelitian menunjukkan penyebab utama kerusakan mechanical seal disebabkan oleh fluidaproduk (air kolam) yang dipompa mengandung pasir, lumpur dan kotoran sisa daun-daun (NTU>4000),yang menyumbat saluran pelumas dan pendingin sealfaces mechanical seal, sehingga menyebabkantimbulnya panas akibatnya carbon sealface cepat mengalami aus ketika beroperasi pada kondisi kering (dryrunning). Saat pompa sentrifugal beroperasi pada musim hujan yang cukup tinggi intensitasnya dapatmeningkatkan perbedaan tekanan (ΔP) antara sisi hisap dengan sisi tekan pompa, yang ikut meningkatkantekanan sealface (Psf), gaya tekan mechanical seal (Fp), dan gaya total mechanical seal, yang menyebabkanumur pakai mechanical seal menurun, hanya mencapai 856 jam (± 17%), tidak sesuai perhitungan estimasiumur nominal (Lms) yang mencapai 5052 jam.

Keywords


Kondisi Operasi; Mechanical Seal; Pompa Sentrifugal; Umur Pakai

Full Text:

PDF

References


Crane, John, 2013, Mechanical Seal Performance And Related Calculation, John Crane Inc.

Huebner, Michael, 2013, Material Selection for Mechanical Seal, Flowserve Corporation.

Neale, M.J., 1994, Drives & Seals, Trilogy Handbook, Ed. Oxford, Butterwoith-Heinemannn Ltd.

Sularso dan Kyokatsu Suga, 1997, Dasar Perencanaan dan Pemilihan Elemen Mesin, edisi Kesembilan, PT. Pradya Paramita, Jakarta.

Sularso dan Haruo Tahara, 1983, Pompa dan Kompresor, PT. Pradnya Paramita, Jakarta.

Wahyuni, Ami, 2006, Penentuan Interval Penggantian Komponen Mechanical Seal : (Stationary Face) dan Bearing pada Pompa G-2-01 dengan Analisa Keandalan (Study Kasus di PT Pertamina Persero UP V Balikpapan), Department of Industrial Engineering Journal, Universitas Muhammadiyah Malang.




DOI: https://doi.org/10.26905/jtmt.v10i1.4603

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TRANSMISI

Universitas Merdeka Malang

Mailing Address:

Jalan Terusan Dieng 62-64 Malang, 65146, East Java, Indonesia
Phone: 081333961913 Fax: (0341) 560836
Email: jm.transmisi@unmer.ac.id