UNJUK KERJA TURBIN JENIS PELTON BERDASARKAN VARIASI BUKAAN KATUP UNTUK MENGATUR KELUARAN DEBIT ALIRAN DAN HEAD

Mohammad Ma'ruf

Abstract


Instalasi turbin air jenis pelton ini disimulasi menggunakan pompa sentrifugal sebagai penggerak aliran(pengganti ketinggian air jatuh). Energi tekan yang dimiliki oleh air kemudian diubah menjadi energikecepatan pada nosel, sehingga air yang keluar dari nosel dipancarkan dengan kecepatan yang tinggi. Airtersebut kemudian menumbuk sudu-sudu (buckets) yang terpasang pada roda turbin (runner), dimana runnertersebut terpasang pada poros turbin, sehingga poros turbin ikut berputar, air tersebut akan jatuh ke bakV-notch weir yang berfungsi untuk mengukur berapa besar debit air yang dialirkan. Dari bak V-notch weirair akan jatuh lagi ke bak penampung air, dan dari bak penampung ini air akan dihisap lagi oleh pompa untukmelakukan proses yang sama sehingga akan terjadi sirkulasi. Berdasarkan hasil pengujian dan pengolahandata, dapat disimpulan, bahwa karakteristik daya output (EHP) yang dihasilkan turbin yang terbaik sebesar8,873 watt dan efisiensi turbin (ηt) sebesar 58,24 % pada bukaan katup nosel 720o, debit air (Q) sebesar0,000058 m3/s dan head manometrik 27,01 m. Dengan demikian, turbin air jenis pelton ini dianjurkanberoperasi pada kondisi tersebut.

Keywords


Bukaan Katup; Efisiensi; Turbin Pelton

Full Text:

PDF

References


Banga, T. R. Sharma, S. C, 1984, Hydraulic Machine With Fluid Power Engineering, Khanna Publisher, Nai Sarak, Delhi.

Frank M, White, Mekanika Fluida, Edisi kedua jilid 1, Jakarta, Erlangga

Fritz Dietzel, 1993, Turbin, Pompa dan Kompresor, Jakarta, Erlangga

J. P. Holman, 1994, Perpindahan Kalor, Jakarta, Erlangga

R. S. Khurmi, 1981, A Textbook of Hydrauilics Fluid Mechanics and Hydraulic Machine, New Delhi. S Chand & Company Ltd

Sunyoto, Karnowo, S. M. Bondan Respati, 2008, Teknik Mesin Industri Jilid 3 untuk SMK, Jakarta, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional.

W Robert Fox,W. T McDonald Alan, J Phillip, Pritchard, 2003, Introduction to Fluid Mechanic, John Willey and Sons, New York.




DOI: https://doi.org/10.26905/jtmt.v10i1.4606

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TRANSMISI

University of Merdeka Malang

Mailing Address:

Jalan Terusan Dieng 62-64 Malang, 65146, East Java, Indonesia
Phone: 085107636279 Fax: (0341) 560836
Email: jm.transmisi@unmer.ac.id