Analisis Operation Failure Ditinjau dari Platina dan Sedimenter pada Suzuki Forsa dan Isuzu Panther

Nurhadi Saputro, Febriansyah Febriansyah, Johan Wayan Dika, Yeni Ratih Pratiwi

Abstract


Jenis kerusakan yang paling banyak ditangani adalah mobil mogok. Faktor yang mengakibatkan mobil mogok tidak selalu dikarenakan kerusakan pada system penggerak, dapat pula diakibatkan oleh komponen pada system kelistrikan dan system pembakaran. Platina merupakan salah satu komponen penting pada system pembakaran konvensional pada mesin bensin, dan sedimenter merupakan  komponen pada system fuel pump pada mesin diesel. Tujuan dari penelitian ini adalah menganlisis operation failure yang terdapat pada Suzuki Forsa dan Isuzu Panther. Berdasarkan hasil analisis, kerusakan pada platina dan sedimenter dapat dikategorikan sebagai kerusakan ringan, dengan pengecekan rutin dan penggantian terhadap komponen yang rawan kerusakan dapat menghindari mogok pada kendaraan.


Keywords


mobil mogok, platina, sedimenter, Suzuki Forsa, dan Isuzu Panther

Full Text:

PDF

References


Agusra, D. Brand Image Terhadap Minat Konsumen Mobil Isuzu Panther. COSTING: Journal of Economic, Business and Accounting, 2(2), 335-344, (2019)

https://otosite.net/kelebihan-dan-kekurangan-suzuki-forsa/

Pujiono, A. Modifikasi Sistem Pengapian Konvensional Platina Menjadi Sistem Pengapian Cdi Pada Motor Honda CB Tahun 1977. Surya Teknika: Jurnal Ilmiah Teknik Mesin, 3(1), 36-44, (2018)

Syahrizal, M. . Sistem Pakar Untuk Mengidentifikasi Kerusakan Pada Mobil Toyota Dengan Best First Search Berbasis Wap. Maj. Ilm. INTI, 1(1), 53-57, (2013)

Reynaldy, R. Sistem Pakar Identifikasi Kerusakan Pada Mobil Daihatsu Ayla Menggunakan Metode Forward Chaining Di Optimalkan Dengan Metode Tsukamoto (Doctoral dissertation, Universitas Buddhi Dharma), 2018

Yudatama, U. Sistem Pakar untuk Diagnosis Kerusakan Mesin Mobil Panther Berbasis Mobile. Jurnal Teknologi, 1(2), 212-218, (2008)

Riyadi, T. Cara Kerja dan Troubleshooting Sistem Bahan Bakar Isuzu Panther 4JA1-L (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang), (2011)

Tim Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta. Modul Pemeliharaan / Servis Sistem Bahan Bakar Diesel. Yogyakarta, 2004

Mulyanto, S. Analisa Hubungan Celah Platina Dengan Tegangan Induksi Yang Timbul Untuk Pengapian Mobil. Prosiding SNST Fakultas Teknik, 1(1), (2011)

Falah, F. A. Modifikasi Mesin Sistem Konvensional Menjadi Sistem Injeksi Kontrol Elektronik pada Toyota Kijang 5k (Sistem Pengapian Elektronik dan Kepala Silinder) Program Diploma Tiga Teknik Mesin Otomotif, Universitas Sebelas Maret, (2012)

Amir, D. Perbandingan Kinerja Mesin Datsun 120 Y Dengan Sistem Pengapian Konvensional Dan Transistor Control Ignition (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang), (2017)

https://showroommobil.co.id/info-mobil/cara-menyetel-platina-mobil/




DOI: https://doi.org/10.26905/jtmt.v17i2.5687

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TRANSMISI

Universitas Merdeka Malang

Mailing Address:

Jalan Terusan Dieng 62-64 Malang, 65146, East Java, Indonesia
Phone: 081333961913 Fax: (0341) 560836
Email: jm.transmisi@unmer.ac.id