Accountability and Transparency of Village Fund Management in Wonosalam Village

Aditya Chisabul Amali

Abstract


Penelitian ini membahas tentang akuntabilitas dan transparansi pengelolaan dana desa di Desa Wonosalam Kabupaten Jombang. Desa Wonosalam memiliki potensi alam dan infrastruktur yang mendukung pembangunan, dengan penekanan pada akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan desa. Infografis digunakan untuk memperlihatkan pendapatan, pengeluaran, dan pembiayaan desa secara terbuka guna meningkatkan transparansi. Meskipun telah diupayakan dengan baik, masih terdapat ruang untuk peningkatan transparansi dan partisipasi masyarakat dalam pengelolaan keuangan desa. Metode studi pustaka digunakan sebagai pendekatan utama dalam penelitian ini. Daftar pustaka mencakup berbagai penelitian terkait pengembangan potensi desa, pengelolaan keuangan gereja, peran pengelolaan dana desa, dan pengelolaan BUM Desa. Referensi juga mencakup tata kelola, administrasi, akuntansi sektor publik, Undang-Undang Desa, dan Peraturan Menteri Dalam Negeri tentang pengelolaan keuangan desa. Dana desa merupakan bantuan dari pemerintah pusat untuk mendukung pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa. Pengelolaan dana desa harus mematuhi asas transparansi, akuntabilitas, partisipasi, dan keberlanjutan. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam peningkatan akuntabilitas dan transparansi pengelolaan dana desa di Kabupaten Jombang, sekaligus memberikan masukan yang bermanfaat bagi pembangunan desa secara keseluruhan.

Keywords


Accountability, Transparency, Village Fund Management.

Full Text:

PDF

References


Aini, Siti Nor (2020) PENGEMBANGAN POTENSI DESA MELALUI BADAN USAHA MILIK DESA (BUM DESA) LOHJINAWI DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DESA GALENGDOWO KECAMATAN WONOSALAM KABUPATEN JOMBANG. Undergraduate thesis, STIE PGRI Dewantara Jombang.

Azizah, Wahidatul Azizah. (2022). Akuntabilitas dan Transparansi Pengelolaan Dana Desa. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi (JIRA), 11 (10).

Badan Pemeriksa Keuangan. (2021). Laporan Hasil Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Desa.

Dwiningwarni, S. S., & Amrulloh, A. Z. (2020). Peranan Pengelolaan Dana Desa untuk Meningkatkan Pendapatan Masyarakat di Jombang Jawa Timur. Ekuitas: Jurnal Ekonomi dan Keuangan, 4(1), 1-20.

Hidayat, M. T., & Mulyoko, T. A. N. (2022). Pengaruh Pengendalian Internal, Transparansi, Akuntabilitas, Dan Religiusitas Terhadap Pengelolaan Keuangan (Studi Kasus Pada Gereja Di Kecamatan Wonosalam Kabupaten Jombang). Jurnal Akuntansi, Keuangan dan Auditing, 3(2), 196-213.

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi. (2020). Laporan Tahunan Dana Desa 2020.

Kholmi, M. (2016). Akuntabilitas pengelolaan alokasi dana desa (studi di desa kedungbetik kecamatan kesamben kabupaten jombang). Journal of Innovation in Business and Economics, 7(2), 143-152.

Mardiasmo. 2018. Akuntansi Sektor Publik. Yogyakarta:Andi.

Nafidah, L. N., & Anisa, N. (2017). Akuntabilitas pengelolaan keuangan desa di kabupaten Jombang. Jurnal Ilmu Akuntansi, 10(2), 273-288.

Ningrum, M. F. (2023). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) Sebagai Bentuk Transparansi Dan Akuntabilitas Laporan Keuangan Desa Ngoro Kecamatan Ngoro Kabupaten Jombang.

Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 113 Tahun 2014 Tentang

Pedoman Pengelolaan Keuangan Desa, http://www.bpkp.go.id, diakses pada tanggal 26 Oktober 2022.

Sari, I. Y., & Tukiman. (2022). Pengelolaan BUM Desa Loh Jinawi Dalam Optimalisasi Potensi Desa Galengdowo Kecamatan Wonosalam Kabupaten Jombang. JSEH (Jurnal Sosial Ekonomi dan Humaniora), 8(2), 231-238.

Suharyo, E. (2018). Peningkatan Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa. Jurnal Akuntansi dan Keuangan Daerah.

Turner, Mark and Hulme, David ,1997. Governance, Administrasi, and Development: Making The State Work. London: MacMillan Press Ltd.

Undang–Undang Republik Indonesia No. 6 Tahun 2014 Tentang Desa.

Wijaya, T. (2019). Transparansi Pengelolaan Dana Desa: Studi Empiris di Kabupaten Jombang. Jurnal Manajemen Pemerintahan Desa.

Yalti M. E. 2020. Transparansi Pengelolaan Dana Desa Kampung Arul Putih Kecamatan Silih Nara Kabupaten Aceh Tengah. Skripsi. Universitas Islam Negeri A-Raniry Banda Aceh. Aceh.




DOI: https://doi.org/10.26905/j-tragos.v2i2.13559

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Journal of Transformative Governance and Social Justice

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


Journal of Transformative Governance and Social Justice
 
Department of Public Administration, Faculty of Social and Political Science
University of Merdeka Malang
 
Mailing Address:
Address: Jl. Terusan Raya Dieng No. 62-64, Malang, Indonesia, 65146
Phone/Fax: +62341-568395

Email: j-tragos@unmer.ac.id


Indexing:

   

Tools:

         

Supported By:

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.