Analisis Kapasitas Saluran Drainase Calung Dalam Penanganan Banjir Di Kota Pasuruan

Suyanto Suyanto, Afrikhatul Maulidiyah

Abstract


Kinerja drainase Calung yang belum optimal, serta perubahan pola hujan yang sulit diprediksi, telah menyebabkan air hujan berlebih sulit disalurkan dengan efisien, memperburuk risiko banjir di Kota Pasuruan. Penelitian ini bertujuan untuk menilai kapasitas saluran drainase Calung terhadap debit banjir yang terjadi di Kota Pasuruan. Metode yang digunakan untuk mengetahui intensitas curah hujan dan debit banjir yang direncanakan. Hasil penelitian menunjukkan perbandingan antara kapasitas eksisting saluran drainase dengan debit rencana. Terlihat bahwa kapasitas saluran yang sudah ada tidak mencukupi, yang mengakibatkan air hujan meluap dan genangan air saat terjadi banjir. Evaluasi dimensi saluran menunjukkan bahwa peningkatan kapasitas akan mampu menangani debit aliran yang terjadi dalam 10 tahun ke depan.

Keywords


Drainase Calung; Debit Banjir; Kapasitas Saluran

Full Text:

PDF

References


Arifin, A. R. (2019). Revitalisasi Saluran Drainase Desa Kacongan Kecamatan Kota Kabupaten Sumenep. (skripsi tidak diterbitkan). Fakultas Teknik Universitas Wiraraja, Sumenep.

De Paola, F., Giugni, M., Topa, M. E., & Bucchignani, E. (2014). Intensity-Duration-Frequency (IDF) Rainfall Curves, For Data Series and Climate Projection In African Cities. SpringerPlus, 3(1), 1-18.

Fachrizal, F., & Wesli, W. (2021). Analisa Kapasitas Saluran Primer Terhadap Pengendalian Banjir (Studi Kasus Sistem Drainase Kota Langsa). Teras Jurnal: Jurnal Teknik Sipil, 5(1).

Findayani, A. (2018). Kesiap Siagaan Masyarakat dalam Penanggulangan Banjir di Kota Semarang. Jurnal Geografi: Media Informasi Pengembangan dan Profesi Kegeografian, 12(1), 102-114.

Irawan, A. (2019). Perencanaan Saluran Drainase dengan Metode Rasional (Studi Kasus Desa Kasang Kecamatan Kuantan Mudik). Jurnal Planologi dan Sipil (JPS), 1(2), 148-156.

Lindawati, A. E. (2021). Analisis Kemampuan Penampang Saluran Drainase Akibat Debit Banjir Tahunan (Studi Kasus: Pada Kali Asinan di Dusun Padek-kelurahan Blimbin-kecamatan Paciran-kabupaten Lamongan-provinsi Jawa Timur). (disertasi tidak diterbitkan). Fakultas Teknik Universitas 17 Agustus 1945, Surabaya.

Makbul, R. (2020). Sistem Drainase Tertutup Untuk Pencegahan Banjir Di Wilayah Perkotaan Kabupaten Pinrang. Prosiding SEMSINA, 17-24.

Musa, R., & Ashad, H. (2022). Sistem Informasi Geografis (SIG) pada Jaringan Drainase Kota Watampone. Jurnal Konstruksi: Teknik, Infrastruktur dan Sains, 1(7), 40-48.

Suripin. (2003). Sistem Drainase Perkotaan yang Berkelanjutan. ANDI: Yogyakarta.

Syarifudin, A. (2017). Drainase Perkotaan Berwawasan Lingkungan. Penerbit Andi.

Syukur, A. (2021). Buku Pintar Penanggulangan Banjir. DIVA PRESS.

Tambak, N. H. (2018). Analisis Pengaruh Penggunaan Lahan Terhadap Koefisien Aliran Permukaan Di Sub Das Deli Provinsi Sumatera Utara. (disertasi tidak diterbitkan). Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, Medan.

Taryana, A., El Mahmudi, M. R., & Bekti, H. (2022). Analisis Kesiapsiagaan Bencana Banjir di Jakarta. JANE-Jurnal Administrasi Negara, 13(2), 302-311.

Yulianto, E. (2020). Uji Konsistensi Data Hujan Dari Stasiun Hujan yang Berpengaruh diwilayah Kota Pontianak. JeLAST: Jurnal PWK, Laut, Sipil, Tambang, 7(3).

Zubaidi, Z. (2018). Perencanaan Komunikasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Dalam Mengurangi Risiko Bencana Di Kota Medan. (disertasi diterbitkan). Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.




DOI: https://doi.org/10.26905/jtsc.v2i2.10925

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.