Studi Inventarisasi Jembatan Menggunakan Metode Bridge Management System dan Bridge Condition Rating

Ryandi Nurwijaya Dwi Saputra Budiarso, Ninik Catur Endah Yuliati, Hery Susanto

Abstract


Abstrak

Salah satu upaya untuk meningkatkan perekonomian dilakukan melalui percepatan pembangunan infrastruktur khususnya jembatan. Tidak hanya terfokus pada jembatan baru tetapi juga terhadap jembatan yang telah terbangun. Inventarisasi dilakukan pada jembatan yang sudah terbangun untuk mengantisipasi kerusakan. Penelitian dilakukan pada jembatan di wilayah Kota Malang dengan tujuan mengetahui kondisi jembatan dan merekomendasikan penanganan yang tepat. Metode yang digunakan adalah metode Bridge Management System (BMS) dan Bridge Condition Rating (BCR). Hasil inventarisasi dengan metode BMS menunjukkan  bahwa 21% jembatan memiliki nilai 3 (jembatan membutuhkan rehabilitasi) dan 79% jembatan memiliki nilai  0-2 (memerlukan pemeliharaan rutin). Pada metode BCR, 79% jembatan bernilai 5-6 (memerlukan pemeliharaan rutin) dan 21% jembatan bernilai 3,001-4,999 (memerlukan rehabilitasi). Secara keseluruhan menunjukkan kondisi jembatan di wilayah Kota Malang memerlukan pemeliharaan rutin dan rehabilitasi.

Keywords


Inventarisasi Jembatan; Bridge Management System; Bridge Condition Rating

Full Text:

PDF

References


Alamsyah, D. F. (2021). Analisis Kondisi Jembatan Untuk Menentukan Prioritas Penanganan Dengan Metode Bridge Management System (BMS) (Studi Kasus Jembatan Wilayah Kabupaten Jombang) (Doctoral dissertation, Universitas Narotama).

Elliandra, R. (2020). Inventarisasi Dan Survei Pemetaan Jembatan di Kabupaten Kuantan Singingi. Jurnal Perencanaan, Sains Dan Teknologi (JUPERSATEK), 3(1), 247-283.

Fahmi, S. (2015). Alternatif Perencanaan Bangunan Bawah Overpass Sememi I Surabaya Dengan Variasi Tipe Pilar (Doctoral Dissertation, Institut Teknologi Sepuluh Nopember).

Harywijaya, W., Afifuddin, M., & Isya, M. (2020). Penilaian Kondisi Jembatan Menggunakan Bridge Management System (BMS) Dan Bridge Condition Rating (BCR). Jurnal Arsip Rekayasa Sipil dan Perencanaan, 3(1), 80-88.

Hawk, H., & Small, E. P. (1998). The Bridgit Bridge Management System. Structural Engineering International, 8(4), 309-314.

Nasrollahi, M., & Washer, G. (2015). Estimating Inspection Intervals For Bridges Based On Statistical Analysis Of National Bridge Inventory Data. Journal Of Bridge Engineering, 20(9), 04014104.

Pramana, W. E. (2015). Pembuatan Sistem Informasi Jembatan Berbasis Web Mapping Untuk Inventarisasi Aset Jembatan Dengan Memanfaatkan OpenGeo (Studi Kasus: Jembatan Jalan Kabupaten Tulang Bawang Provinsi Lampung) (Doctoral Dissertation, ITN Malang).

Puls, E., Hueste, M. B. D., Hurlebaus, S., & Damnjanovic, I. (2018). Prioritization of a Bridge Inventory For Historic Preservation: A Case Study For Tarrant County, Texas. Public Works Management & Policy, 23(3), 205-220.

Rakhmatika, R., Setiadji, B. H., & Riyanto, B. Penentuan Urutan Prioritas Penanganan Pemeliharaan Jembatan Ruas Jalan Nasional di Pulau Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Media Komunikasi Teknik Sipil, 23(1), 38-47.

Sudradjat, H., Djakfar, L., & Zaika, Y. (2016). Penentuan Prioritas Penanganan Jembatan Pada Jaringan Jalan Provinsi Jawa Timur (Wilayah UPT Surabaya: Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo dan Kabupaten Gresik). Rekayasa Sipil, 9(3), 219-228.

WARDOYO, P. (2007). Studi Perencanaan Pondasi Tiang Bor (Bored Pile) Pada Pilar Jembatan Kaliurang Sisi Kedungsalam Kabupaten Malang (Doctoral Dissertation, ITN Malang).

Daftar Pustaka dari Situs Internet (Web Site):

Inventarisasi Dan Survei Pemetaan Jembatan Di Kabupaten Kuantan Singingi, data diperoleh melalui situs internet : https://ejournal.uniks.ac.id/index.php/JUPERSATEK/article/view/880/554. Diunduh pada tanggal 27 November 2022.

Penentuan Urutan Prioritas PenangananPemeliharaan Jembatan Ruas Jalan Nasional di Pulau Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, data diperoleh melalui situs internet : https://ejournal.undip.ac.id/index.php/mkts/article/view/12870/11796. Diunduh pada tanggal 03 Februari 2023.




DOI: https://doi.org/10.26905/jtsc.v2i2.11040

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.