Perencanaan Tebal Perkerasan Kaku Jalan Ki Ageng Gribig Malang

Authors

  • Muhammad Agus Hilmi UPN "Veteran" Jawa Timur
  • Yanna Lutfiana UPN "Veteran" Jawa Timur
  • Achmad Dzulfiqar Alfiansyah UPN "Veteran" Jawa Timur
  • Zetta Rasullia Kamandang UPN "Veteran" Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.26905/jtsc.v2i2.9491

Keywords:

Perkerasan Kaku, MDP 2017

Abstract

Kualitas infrastruktur jalan merupakan faktor krusial lancarnya mobilitas masyarakat. Hal tersebut di buktikan oleh banyaknya peralihan penggunaan tipe perkerasan lentur  dengan perkerasan kaku pada sejumlah jalan di Indonesia. Jalan Ki Ageng Gribig Malang adalah jalan yang sempat dirombak akibat tingkat kecelakaan dan kemancetan lalu lintas yang tinggi tetap menggunakan tipe perkerasan lentur pada metode pelaksanaanya. Pada penelitian ini dilakukan perencanaan tebal perkerasan kaku pada jalan Ki Ageng Gribig Malang menggunakan metode MDP 2017. Berdasarkan analisis dan perhitungan perencanaan menggunakan Manual Desain Perkerasan metode Bina Marga tahun 2017, didapatkan tebal perkerasan kaku 295 mm, lapis pondasi (LMC) setebal 100 mm, lapis drainage (LFA kls A) setebal 150 mm, menggunakan bahu jalan dan sambungan dowel dan strukur pondasi berupa stabiltas semen setebal 300 mm.

References

Adit, A. (2021) ‘Akademisi UGM: Perkerasan Jalan Aspal atau Beton Perlu Pertimbangan Matang’, Kompas.com.

Affandhie, R.B.A. (2012) Perencanaan Jalan Lingkar Barat Kepanjen Sta 0+000 – 4+232 Kabupaten Malang Dengan Menggunakan Perkerasan Lentur. Institut Teknologi 10 Nopember.

Direktorat Jendral Bina Marga, K.P.U. (2017) ‘Manual Perkerasan Jalan (Revisi Juni 2017)’, Jurnal Infrastruktur PUPR, 1(01), pp. 261–266.

Georgius Jeri Satrio Mikael Lede (2019) Analisa Daya Dukung Tanah Terhadap Kerusakan Jalan Pada Ruas Jalan Megamendung, Kelurahan Pisang Candi, Kecamatan Sukun, Kota Malang. Universitas Tribhuwana Tunggadew.

Jesus, A.D.S. De, Arifianto, A.K. and ... (2018) ‘Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur Pada Ruas Jalan Ki Ageng Gribig Kelurahan Kedungkandang Kecamatan Kedungkandang Kota Malang’, Jurnal Penelitian Teknik, 2(1), pp. 175–184. Available at: https://publikasi.unitri.ac.id/index.php/teknik/article/view/1172.

Kementerian-PUPR (2003) ‘Perencanaan Perkerasan Jalan Beton Semen (Pd T-14-2003)’, Book, p. 51.

Prayogo, A., Suprayitno, H. and Budianto, H. (2018) ‘Penentuan Kriteria Dalam Pemilihan Jenis Perkerasan Pada Dataran Tinggi Di Kabupaten Trenggalek’, Journal of Civil Engineering, 33(1), p. 27. Available at: https://doi.org/10.12962/j20861206.v33i1.4565.

Downloads

Published

29-12-2023