Local Wisdom “Tabot and Batik Besurek” in Supporting City Branding Planning in Bengkulu Indonesia Province
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adinugraha, H. H., Maisaroh, A., & Hidayatullah, R. (2021). Analisis Steategi Pemasaran Melalui Digital Marketing Dalam Meningkatkan Omzet Penjualan Batik (Studi Kasus Buaran Batik Center Pekalongan). Teknik: Jurnal Ilmu Teknik dan Informatika, 1(2), 74-82.
Afrilia, A. M. (2018). CITY BRANDING BERBASIS LOCAL WISDOM DALAM KAMPANYE “BETTER BANYUMAS”. Metacommunication; Journal of Communication Studies, 3(2).
Berkah, H., Brata, Y. R., & Budiman, A. (2022). Nilai-Nilai Kearifan Lokal Tradisi Merlawu bagi Masyarakat Desa Kertabumi Kabupaten Ciamis. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 3(1), 123-130. doi: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v3i1.6014
Dewi, F. A & Fatmariza. (2020). Reaktualisasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Dalam Pembangunan Nagari: (Studi Kasus di Nagari Canduang Koto Laweh. Journal of Civic Education Vol. 3, No.3, hal. 243–249.
Erdiana, S. P., & Yurisma, D. Y. (2022). A Karakter Maskot Sebagai Alat Pendukung City Branding Berbasis Budaya Kota: Studi Kasus Kota Ponorogo. Journal of Computer Science and Visual Communication Design, 7(2), 112-122.
Ferianda, A., & Herwan, H. (2022). Kearifan Lokal melalui Makna Nganggung Sepintu Sedulang sebagai City Branding Kabupaten Bangka. Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis, 7(2), 163-176.
Firmansyah, M., & Masrun, M. (2021). Esensi Perbedaan Metode Kualitatif Dan Kuantitatif. Elastisitas-Jurnal Ekonomi Pembangunan, 3(2), 156-159.
Hartanto, A. F. A., Wijayanti, Y., & Nurholis, E. (2022). Nilai-Nilai Filosofis Tradisi Among-Among Desa Purwadadi Kabupaten Ciamis. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 3(1), 143-154. doi: http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v3i1.6673
Haryati, T., & Wahid, J. (2018). Pengaruh City Branding “Beautiful Malang”, Citra Kota, Terhadap Minat Berkunjung, dan Keputusan Berkunjung. Sketsa Bisnis, 5(2), 123-132.
Hidayatloh, S. (2019). Nilai-nilai kearifan lokal upacara adat Ngikis di situs Karangkamulyan kabupaten Ciamis. Patanjala, 11(1), 97-113.
Lestari, S. P., & Agustiningsih, G. (2020). Strategi City Branding Melalui Gelaran Budaya Tari Sparkling Sebagai Komunikasi Pariwisata Kota Surabaya. Jurnal Komunikasi dan Bisnis, 8(1), 20-29.
Lubis, M. A. (2020). Revitalisasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Masyarakat Hukum Adat Batak Toba Dalam Melindungi Eksistensi Danau Toba Di Mata Dunia (Kajian Hukum Progresif). Jurnal Darma Agung, 27(3), 1234-1244.
Megantari, K. (2018). Model City Branding Sebagai Strategi Penguatan Pariwisata Lokal Provinsi Jawa Timur. Jurnal Komunikasi Dan Kajian Media, 2(2), 22-34.
Nugroho, S. R. A. (2022). INISIASI DESA WISATA BERBASIS PLACE BRANDING (Lokasi Studi: Desa Ngrawan, Kecamatan Getasan, Kab. Semarang) (Doctoral dissertation, Universitas Islam Sultan Agung Semarang).
Prasetya, A. B., & Pujarama, W. (2019). KIPRAH HERITAGE SEBAGAI SIMBOLISASI CITY BRANDING DAN GOOD GOVERNANCE (Studi Semiotika Komunikasi Publik pada Kampoeng Heritage Kajoetangan sebagai Bagian City Branding Kota Malang). Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial, 3(2), 234-244.
Rahmatih, A. N., Maulyda, M. A., & Syazali, M. (2020). Refleksi nilai kearifan lokal (local wisdom) dalam pembelajaran sains sekolah dasar: Literature review. Jurnal Pijar Mipa, 15(2), 151-156.
Rosyada, M., & Wigiawati, A. (2020). Strategi Survival UMKM Batik Tulis Pekalongan di Tengah Pandemi Covid-19 (Studi Kasus pada “Batik Pesisir” Pekalongan). Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi Manajemen, 4(2).
Salam, N. E., & Nurjanah, N. (2019). Komunikasi pariwisata budaya dalam mempromosikan city branding “Siak the truly Malay”. PRofesi Humas, 4(1), 134-154.
Sanjaya, F. O., & Rahardi, R. K. (2021). Kajian Ekolinguistik Metaforis Nilai-Nilai Kearifan Lokal Upacara Pernikahan Adat Manggarai, Flores, Nusa Tenggara Timur. Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(2), 12-28.
SARI, F. R. (2021). STRATEGI PENGEMBANGAN PARIWISATA KOTA MAKASSAR SEBAGAI PENDUKUNG PENINGKATAN CITY BRANDING (Doctoral dissertation, Universitas Hasanuddin).
Sudarto, S. (2021). Peningkatan Apresiasi Siswa Terhadap Nilai-Nilai Kearifan Lokal Dalam Pembelajaran Sejarah Dengan Media Tradisi Sedekah Laut Cilacap. Jurnal Artefak, 8(2), 203-212. doi: http://dx.doi.org/10.25157/ja.v8i2.6713
Sudjatnika, T. (2018). Filosofi Hidup Komunitas Masyarakat Adat Sunda Kampung Naga Ditinjau dari Pranata Keagamaan. Al-Tsaqafa: Jurnal Ilmiah Peradaban Islam, 15(1), 69-76.
Wahyuni, S. (2018). Placemaking Sebagai Strategi Revitalisasi Kawasan Studi Kasus: Kawasan Pecinan Kota Makassar. Jurnal Linears, 1(2), 103-111.
Widanita, W., Sinaga, R. M., & Adha, M. M. (2021). Tabot Culture: Local Wisdom of the Bengkulu Community and Effort to Preserve it. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding (IJMMU), 8(9), 272-279.
Widodo, A. (2020). Nilai budaya ritual perang topat sebagai sumber pembelajaran ips berbasis kearifan lokal di sekolah dasar. Gulawentah: Jurnal Studi Sosial, 5(1), 1-16.
DOI: https://doi.org/10.26905/lw.v16i2.10789
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by:
Index Copernicus International (ICI)
Tools:
In collaboration with:
|
Local Wisdom Scientific Online Journal (LWSOJ) Center for Local Wisdom Studies of University of Merdeka Malang (Pusat Studi Kearifan Lokal Universitas Merdeka Malang) Department of Architecture Mailing Address: Address: Jl. Puncak Jaya No. 36, Malang, Indonesia, 65146 Email: [email protected]This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License. |