Faktor-Faktor Pembentuk Identitas Suatu Tempat

Authors

  • Jenny Ernawati Fakultas Teknik Universitas Brawijaya

DOI:

https://doi.org/10.26905/lw.v3i2.1391

Keywords:

identitas tempat, identitas urban, perencanaan dan perancangan kota, psikologilingkungan

Abstract

Dalam dua puluh lima tahun belakangan ini identitas suatu tempat (place identity) telah menjadi issue yang penting dalam perencanaan dan perancangan kota (Wikipedia, 2009). Sejalan dengan gerakan global untuk melindungi tempat-tempat yang memiliki warisan budaya yang signifikan, maka keprihatinan terhadap hilangnya individualitas dan distinctiveness antara satu tempat dengan tempat yang lain sebagai dampak dari globalisasi budayapun meningkat. Tulisan ini dimaksudkan untuk menyajikan hasil penelitian yang dimaksudkan untuk menggali dimensi yang mendasarievaluasimasyarakat terhadap identitas suatu tempat (place identity). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menerapkan metode survei, dan Kota Malang sebagai lokus penelitian. Instrumen penelitian yang digunakan adalah self administered questionnaire denganmenggunakan skala Likert. Responden sejumlah 240 orang dipilih secara random dari daftar nama pada buku telepon terbaru. Konsep place identity dievaluasi berdasarkan 5 aspek: continuity, familiarity, attachment, commitment, dan external evaluation. Selanjutnya faktor-faktor pembentuk identitas suatu tempat (place identity) berdasarkan evaluasi masyarakat terhadap identitas kota tempat tinggalnya diungkap melalui analisis faktor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada tiga dimensi yang mendasarievaluasimasyarakat terhadap place identity, yaitu Faktor Hubungan Personal, Faktor Lingkungan Fisik dan Faktor Komitmen.

Downloads

How to Cite

Ernawati, J. (2017). Faktor-Faktor Pembentuk Identitas Suatu Tempat. Local Wisdom : Jurnal Ilmiah Kajian Kearifan Lokal, 3(2), 01–09. https://doi.org/10.26905/lw.v3i2.1391

Issue

Section

Articles