Faktor-Faktor Pembentuk Identitas Suatu Tempat
DOI:
https://doi.org/10.26905/lw.v3i2.1391Keywords:
identitas tempat, identitas urban, perencanaan dan perancangan kota, psikologilingkunganAbstract
Dalam dua puluh lima tahun belakangan ini identitas suatu tempat (place identity) telah menjadi issue yang penting dalam perencanaan dan perancangan kota (Wikipedia, 2009). Sejalan dengan gerakan global untuk melindungi tempat-tempat yang memiliki warisan budaya yang signifikan, maka keprihatinan terhadap hilangnya individualitas dan distinctiveness antara satu tempat dengan tempat yang lain sebagai dampak dari globalisasi budayapun meningkat. Tulisan ini dimaksudkan untuk menyajikan hasil penelitian yang dimaksudkan untuk menggali dimensi yang mendasarievaluasimasyarakat terhadap identitas suatu tempat (place identity). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menerapkan metode survei, dan Kota Malang sebagai lokus penelitian. Instrumen penelitian yang digunakan adalah self administered questionnaire denganmenggunakan skala Likert. Responden sejumlah 240 orang dipilih secara random dari daftar nama pada buku telepon terbaru. Konsep place identity dievaluasi berdasarkan 5 aspek: continuity, familiarity, attachment, commitment, dan external evaluation. Selanjutnya faktor-faktor pembentuk identitas suatu tempat (place identity) berdasarkan evaluasi masyarakat terhadap identitas kota tempat tinggalnya diungkap melalui analisis faktor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada tiga dimensi yang mendasarievaluasimasyarakat terhadap place identity, yaitu Faktor Hubungan Personal, Faktor Lingkungan Fisik dan Faktor Komitmen.Downloads
How to Cite
Ernawati, J. (2017). Faktor-Faktor Pembentuk Identitas Suatu Tempat. Local Wisdom : Jurnal Ilmiah Kajian Kearifan Lokal, 3(2), 01–09. https://doi.org/10.26905/lw.v3i2.1391
Issue
Section
Articles
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.