Integrated Marketing Communication Munching Queen dalam Meningkatkan Penjualan Produk Kids Friendly Snack

Rifqi Muslim Khilmi

Abstract


Di era persaingan berbagai macam produk makanan ringan bagi anak-anak telah semakin meningkat dan beraneka ragam dibutuhkan strategi pemasaran yang baik dan tepat sasaran. Melakukan pemasaran bukan hanya personal menjual atau membeli produk, tetapi komunikasi kepada pelanggan baik secara langsung maupun tidak langsung harus menjadi salah satu kunci berhasilnya sebuah strategi pemasaram. The Munching Queen merupakan salah satu UMKM yang dikatakan berhasil menjual produknya dan terus meningkat selama 2 tahun terakhir. Keberhasilan ini tentu tidak lepas dari strategi pemasaran dalam berbagai bentuk, salah satunya adalah Integrated Marketing Communication (IMC). Hasil penelitian menunjukkan bahwa The Munching Queen telah berhasil melakukan IMC, dimulai dari elemen direct marketing sampai pada penggunaan media sosial guna meningkatkan penjualan produknya. Pada elemen iklan, The Munching Queen melakukan periklanan melalui media sosial, pada sales promotion The Munching rutin mengadakan promo dan diskon pembelian setiap bulannya. Kemudian pada direct marketing dengan mengikuti acara sekolah dan melakukan penjualan secara langsung kepada konsumen, selain itu pada kegiatan online marketing The Munching Queen memanfaatkan e-commerce Shopee dan Tokopedia dan bekerjasama dengan playground serta sekolah-sekolah dan komunitas untuk meningkatkan awareness dan penjualan.

Keywords


IMC, Marketing Communication, Social Media, Communication Strategic.

Full Text:

PDF

References


BPS. (2023). Profil Industri Mikro Dan Kecil 2022. In BPS-RI (Vol. 13).

Endang, S. (2021). Strategies to Target Market Segments for Traditional Food Products in Surabaya Based on Coworking Space. RJOAS, 1(109), January 2021, 1(January), 36–42. https://doi.org/https://doi.org/10.18551/rjoas.2021-01.04

Khairani, A., & Irwansyah. (2018). Pemanfaatan Big Data Untuk Percepatan Proses Underwriting Sebagai Strategi Komunikasi Marketing Terpadu Perusahaan Asuransi Jiwa. Jurnal Nomosleca, 4(2). https://doi.org/https://doi.org/10.26905/nomosleca.v4i2.2546

Kushwaha, B. P., Singh, R. K., Varghese, N., & Singh, V. N. (2020). Integrating social media and digital media as new elements of integrated marketing communication for creating. Journal of Content, Community and Communication, 10(6), 52–64. https://doi.org/http://doi.org/10.31620/JCCC.06.20/05

Megananda, F., & Sanaji, S. (2021). Pengaruh Gaya Hidup Sehat Dan Citra Merek Terhadap Preferensi Konsumen Minuman Ready To Drink (Rtd). Jurnal Ilmu Manajemen, 9(4), 1613–1622. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jim.v9n4.p1613-1622

Miles, M. B., & H. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (3rd ed.). SAGE Publications.

Moleong, L. J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif: Vol. xiv (Edisi revi). PT Remaja Rosdakarya, 2018.

Noveriyanto, B., & Adawiyah, S. El. (2021). Digital Integrated Marketing Communications (DIMC) Activities of Digital Products Financial Technology (Fintech) “Alami.” Profetik: Jurnal Komunikasi, 14(1), 60. https://doi.org/https://doi.org/10.14421/pjk.v14i1.2017

Pratchett, L. (2007). Qualitative Inquiry & Research Design. In Sage Publications. SAGE Publications. https://doi.org/10.1111/1467-9299.00177

Rokhim, A. (2022). Sidak Pasar, Dinas Blora Temukan Kerupuk Mengandung Pewarna Tekstil. Radar Kudus, Jawa Pos. https://radarkudus.jawapos.com/blora/691645332/sidak-pasar-dinas-blora-temukan-kerupuk-mengandung-pewarna-tekstil

Sarah J.Tracy. (2020). Qualitative Research Methods. In John Wiley & Sons (Ed.), John Wiley & Sons (Second Edi). John Wiley & Sons, Inc.

Yin, R. K. (2018). Case study research and applications: Design and methods. In G. Dickens (Ed.), Sage Publications (Sixth, Vol. 53, Issue 5). SAGE Publications. https://doi.org/10.1177/109634809702100108




DOI: https://doi.org/10.26905/nomosleca.v10i2.13584

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Editorial Office

Jurnal Nomosleca
Faculty of Social and Political Science University of Merdeka Malang


Information:
Image result for logo icon png
Jalan Terusan Raya Dieng No.62-64 Malang, 65146, Jawa TImur, Indonesia
Image result for icon png
Phone (0341) 580537
Image result for icon png[email protected]
Image result for icon pnghttp://jurnal.unmer.ac.id/index.php/n/
Image result for icon png
+6281333498586

Statistics:

Indexing:

Google Scholar        DOAJ        Garuda      ICI Copernicus


Tools:

Turnitin     Crossref     Mendeley     Grammarly


Supported By:

Universitas Merdeka Malang Hasil gambar untuk apjiki

© 2020 {Jurnal Nomosleca}, All rights reserved. This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Licensed under Creative Commons License a Creative Commons Attribution 4.0 International License