Abstract
Abstract
Media lini atas (above the line) merupakan media periklanan tidak langsung yang berbayar. Advertorial yang merupakan gabungan iklan dengan pemberitaan (editorial) adalah salah satu perangkat media lini atas. Ini merupakan iklan berbayar yang disusun dengan menggunakan bentuk pemberitaan. Singkat kata, ini adalah penyampaian pesan secara tidak langsung tentang produk dan merek tertentu kepada khalayak melalui media massa. Artikel ini mengkaji aspek estetik simbolik advertorial produk Madurasa yang diterbitkan media cetak nasional. Tiga sampel advertorial yang diteliti dimuat di tiga media cetak nasional yang berbeda, yakni tabloid Ind-Jamu, tabloid Aura, dan majalah Ummat. Dimensi estetik simbolik advertorial tersebut disajikan lewat isi berita, tipografi, gambar, dan tata letak perwajahan. Hal tersebut merupakan media komunikasi verbal dan visual sebagai kegiatan aktifitas promosi merek dan produk agar dapat diterima konsumen. Setelah data dikumpulkan lewat observasi, wawancara, dan dokumen, penelitian ini menemukan bahwa advertorial tersebut menggunakan pendekatan estetik simbolik yang ditunjukkan dengan menghubungkan serta mendekatkan produk dan merek Madurasa dengan aspek sosio kultural khalayak sebagai calon pengguna. Dengan demikian, advertorial media lini atas (above the line) merupakan karya komunikasi visual yang estetik melalui simbol-simbol sebagai ramuan citra produk dan merek agar dapat diterima khalayak.
Keywords: Estetika Desain, Simbol, Above The Line, Madurasa
DOI : https://doi.org/10.26905/nomosleca.v2i1.342
Keywords
Estetika Desain, Simbol, Above The Line, Madurasa